Makin puas & hemat!

Menu barbeque adalah makanan yang banyak dihidangkan pada pesta perayaan tertentu, misalnya saat tahun baru atau sehabis Idul Adha. Selain itu, banyak restoran menyediakan aneka hidangan barbeque yang menggugah selera. Namun, ternyata berbagai menu ini cukup mudah dibuat sendiri di rumah lho. Selain lebih hemat, hidangan yang disajikan juga lebih bervariasi dan porsinya bisa disesuaikan oleh keinginan.

Berikut ini alat dan bahan barbeque di rumah yang bisa bikin nuansa persta barbeque jadi lebih nikmat dan menyenangkan, seperti di restoran.

1. Alat panggang arang bulat yang cocok untuk suasana outdoor

Alat & Bahan Barbeque di Rumah | Image Source: ProductNation

Kalau lebih suka barbequean dengan suasana outdoor kamu bisa memilih alat panggang yang satu ini.  Dibanding beberapa alat panggang lainnya, alat panggang arang mampu memuat makanan lebih banyak. Jadi, cocok banget digunakan kalo lagi ngumpul sama keluarga besar.

2.  Mau barbequan di dalam rumah? Panggangan eletrik aja!

Alat & Bahan Barbeque di Rumah | Image Source: Jakmall.com

Panggangan elektrik cocok banget kamu yang lebih suka memasak hidangan barbeque di dalam rumah. Salah satu kelebihan panggangan elektrik adalah bentuknya lebih ringkas dan mudah dipindahkan. Alat ini juga dinilai praktis karena kita hanya memerlukan tenaga listrik untuk menyalakannya.

3. Aneka daging yang bisa disesuaikan dengan selera

Alat & Bahan Barbeque di Rumah | Image Source: Happy Fresh

Pastikan daging yang dipilih adalah daging segar. Bagian daging sapi yang cocok dijadikan hidangan barbeque di antaranya brisket, shank, dan tetelan. Jika tak menyukai daging sapi, kamu dapat menggantinya dengan daging ayam, kambing, atau udang.

4.  Jangan lupa siapkan mentega atau sedikit minyak untuk olesannya ya!

Alat & Bahan Barbeque di Rumah | Image Source: Dictio Community

Agar tidak lengket, oleskan sedikit minyak ke panggangan atau teflon. Kamu juga bisa mencampur bumbu barbeque dan margarin sebagai bahan olesan daging untuk cita rasa yang lebih nikmat.

5.  Nge-grill ala Korea atau Jepang kurang lengkap kalau ga pakai sumpit

Alat & Bahan Barbeque di Rumah | Image Source: Unsplash/ Andraz Lazic

Sumpit identik dengan hidangan khas Asia Timur seperti Jepang dan Korea. Makanan yang dipotong kecil-kecil akan lebih mudah dikonsumsi menggunakan sumpit. Biar lebih ramah lingkungan, kamu bisa menggunakan sumpit berbahan stainless steel.

6. Kuas silikon untuk mengoles bumbu ke permukaan daging

Alat & Bahan Barbeque di Rumah | Image Source: Sipstarmall

Biar bumbu meresap dan merata dengan sempurna, gunakan kuas masak untuk mengoleskan bumbu ke permukaan daging. Pilihlah kuas dengan material anti panas, seperti silikon agar lebih mudah dan aman ketika digunakan.

7. Kipas barbeque elektrik anti pegal

Alat & Bahan Barbeque di Rumah | Image Source: Jakmall.com

Saat memasak menggunakan panggangan arang manual, biasanya kita menggunakan kipas  untuk menyalakan arangnya. Namun, untuk efisiensi waktu dan tenaga, kamu bisa menggunakan kipas barbeque elektrik. Kipas ini ditenagai oleh baterai dan dapat menghasilkan angin cukup kencang.

8. Selain bikin sendiri, kamu juga bisa menggunakan bumbu instan

Alat & Bahan Barbeque di Rumah | Image Source: food.detik.com

Setiap orang memiliki selera dan rasa favorit masing-masing, termasuk saat menyantap hidangan grill. Oleh karena itu, jangan lupa menyediakan lebih dari 1 saus ya. Ada banyak rasa yang bisa menjadi pilihanmu lho, mulai dari barbeque, teriyaki, keju, bulgogi, dan masih banyak lagi.

9. Biar lebih sehat, jangan lupa lengkapi dengan berbagai sayuran ya!

Alat & Bahan Barbeque di Rumah | Image Source: CNN Indonesia

Ada banyak jenis sayuran untuk barbeque yang bisa kamu pilih di antaranya, jagung, tomat ceri, paprika, wortel, hingga terong. Jika ingin memakannya dengan ala Korea yaitu Ssam (membungkus), pilihlah daun dengan bentuk lebar, seperti selada atau daun wijen. Sayuran juga kaya akan gizi dan vitamin yang baik untuk kesehatanmu.

10. Minuman penurun kolesterol segar dan nikmat

Alat & Bahan Barbeque di Rumah | Image Source: Forbes

Daging mengandung kolesterol yang tidak baik bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Setelah menyantap berbagai hidangan yang mengandung kolesterol, sebaiknya kita menetralisirnya dengan minuman yang dapat menurunkan kolesterol, seperti jus jeruk, jus alpukat, kunyit asam, atau teh hijau.

Itu dia 10 alat & bahan barbeque di rumah yang nikmat seperti di restoran. Semoga bisa bikin nuansa kumpul-kumpul semakin seru ya. Selamat mencoba Jakmallers!


Barbeque-an makin lengkap dengan cemilan kekinian!

Cek terus Jakmall Blog untuk Informasi terkini lainnya!

Baca juga: 6 Tips Menggunakan Air Fryer, Alat Masak yang Lebih Sehat