Rayakan Imlek tahun ini lebih seru dan penuh keberuntungan!

Hari raya Imlek dirayakan oleh 20% populasi dunia. Momen ini merupakan hari paling penting di negeri Cina sendiri dan orang-orang Cina di seluruh dunia. Namun, tahukah kamu ada banyak fakta menarik Imlek yang mungkin belum kamu ketahui. Jakmall sudah merangkumnya di 11 fakta menarik Imlek berikut ini!

1. Imlek juga dikenal sebagai Spring Festival

Fakta Menarik Imlek | Image source: Pexels

Di Cina, Imlek disebut chunjie, atau Festival Musim Semi. Meskipun cuaca di Cina masih terasa dingin, Imlek menandakan akhir dari musim dingin. Oleh karena itu, pada setiap perayaannya orang-orang akan mendekorasi rumah dengan tanaman dan buah-buahan yang menandakan awal baru dan kesejukan.

2. Sebenarnya, tidak ada tanggal tertentu untuk Imlek

Berdasarkan kalender Lunar, Imlek berlangsung pada awal Januari dan berakhir pada tanggal 15, yakni pada bulan purnama. Kalender Masehi yang menggunakan Gregorian, kamu akan menemukan tanggal bulan purnama lebih dari satu kali. Namun, pada kalender umum, Imlek dirayakan dari 21 Januari hingga 20 Februari.

3. Imlek adalah hari perayaan dewa tanaman

Sejarahnya Imlek merupakan hari dimana orang-orang berdoa dan merayakan hari dewa tanaman dan panen. Pada saat itu, orang-orang masih sering bercocok tanam dan Imlek sendiri dijadikan sebagai momen untuk bersyukur pada dewa-dewa yang telah menyuburkan tanaman. Kamu bisa melihat film Mulan sebagai referensi kenapa orang-orang Cina mengadakan Imlek.

Jangan lewatkan daftar film terbaru Januari 2022 di sini!

4. Merupakan simbol melawan monster

Fakta Menarik Imlek | Image source: Pexels

Pada momen Imlek, terselip mitos yang menarik. Berdasarkan legendanya, terdapat monster bernama Nian yang akan muncul di setiap tahun baru. Orang-orang akan selalu bersembunyi di dalam rumah karena ketakutan. Namun, muncul salah seorang pahlawan yang melawan dan mengalahkannya.

Kemudian, orang-orang merayakan keberhasilannya sebagai bentuk kemenangan diwarnai dengan kembang api. Oleh karena itu, perayaan dengan kembang api menjadi bagian penting dalam perayaan Imlek.

5. Kembang api Imlek menjadi tanda pengusiran monster

Mitos monster Nian menjadi salah satu alasan dirayakannya Imlek. Kembang api menjadi simbol perlawanan orang-orang pada monster tersebut. Diharapkan dengan suara dan cahaya dari kembang api tersebut bisa mengusir sang monster. Pada perayaan hari besar lain, kembang api juga menjadi simbol keberuntungan dan menyambut sesuatu yang baru.

6. Perayaan Imlek dengan kembang api ternyata ada yang illegal

Fakta Menarik Imlek | Image source: Pexels

Meskipun perayaan Imlek selalu diwarnai kembang api, namun beberapa wilayah di Cina melarang kegiatan tersebut. Hal ini didasarkan pada polusi yang ditimbulkan akibat asap kembang api. Namun, masih banyak kok orang-orang yang selalu menyalakan kembang api saat perayaan Imlek.

Cek koleksi alat pembasmi serangga di sini!

7. Menjadi hari libur terpanjang di Cina

Hari raya Imlek menjadi libur terpanjang di daratan Cina. Hari libur nasional untuk perayaan Imlek dilangsungkan selama 15 hari dan ini menjadi momen orang-orang untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga.

8. Menjadi momen migrasi manusia terbesar di dunia

Fakta Menarik Imlek | Image source: Pexels

Kamu pasti sadar pada saat momen Imlek, banyak orang--khususnya di Cina, melakukan migrasi atau berpindah tempat. Momen ini menjadi waktu tepat bagi mereka untuk berkumpul bersama keluarga, sehingga tidak heran akan terjadi dengan volume manusia yang sangat banyak.

9. Ada sewa pasangan di Cina saat Imlek

Karena keharusan berkumpul bersama keluarga, banyak orang dengan status single terpaksa menyewa pasangan. Hal ini dilakukan untuk menyelamatkan muka di depan keluarga saat berkumpul. Pacar sewaan di Cina menjadi hal umum dan momen Imlek merupakan momen banyak orang melakukan penyewaan untuk dibawa kumpul keluarga. Sangat unik, bukan?

10. Dilarang mandi dan membuang sampah sembarangan

Mandi adalah hal yang dilarang saat Imlek. Hal ini tidak diperbolehkan sebelum tanggal 5 bulan Cina. Dipercaya karena mandi akan menghilangkan keberuntungan. Selain mandi, membuang sampah juga dilarang karena sama-sama melambangkan membuang keberuntungan. Untuk itu, sebelum perayaan Imlek dimulai, orang-orang akan membersihkan rumah dan mendekorasinya sebaik mungkin.

11. Makin cuan dengan jadi Member Afiliasi di Jakmall!

Member Afiliasi di Jakmall!

Fakta Imlek yang paling mainstream dan identik adalah bagi-bagi angpao. Angpao sendiri merupakan amplop kecil berwarna merah dengan isian uang. Biasanya orang tua akan membagikannya ke anak-anak dan sanak saudara. Angpao adalah hal yang paling ditunggu-tunggu di setiap perayaan Imlek. Jadi, tidak heran jika momen ini juga dijadikan sebagai hari meraih keuntungan.

Kamu juga bisa meraih keuntunganmu sendiri tanpa harus menunggu hari Imlek. Bergabung Program Afiliasi di Jakmall.com dengan bisnis dropship, kamu bisa dapat untung banyak. Program Jakmall ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin memulai bisnis sendiri tanpa repot-repot menyiapkan barang. Yuk, cek peluang usahamu di sini!

Nah, itulah 11 fakta menarik Imlek yang jarang diketahui. Semoga tahun ini perayaan Imlek menjadi momen besar dan keberuntungan bagi semua.


Ikuti Program Afiliasi Jakmall untuk peluang usaha kamu!

Baca terus Jakmall Blog untuk artikel menarik lainnya!