Modal minimal untung maksimal!

Kamu mungkin sudah lama kepikiran untuk memulai suatu bisnis. Ide di kepalamu sudah sangat brilian dengan perhitungan yang matang. Tapi, saat kamu ingin benar-benar mewujudkannya terhalang oleh banyak hal. Bisa jadi modal, tenaga, waktu, serta partner kolaborasi untuk memulainya. Well, hal ini sangatlah wajar terjadi. Apalagi kalau kamu adalah orang yang tidak pernah melakukan bisnis sebelumnya atau A purely amateur.

Jangan khawatir! Di dunia yang serba digital ini sebenarnya sudah sangat mudah untuk memulai sebuah bisnis. Kamu bisa mengamati gimana unicorn dalam negeri misalnya. Wah, jangan kejauhan dulu deh buat perbandingannya. Atau sederhananya, setiap orang punya peluang yang sama dalam membuka bisnis dan mendapatkan pasarnya sendiri.

Untuk itu, kalau kamu sudah memikirkan untuk memulai bisnismu, lebih baik kamu mulai dari yang termudah dulu. Saat ini dunia digital sedang naik daun dan semua orang bergantung pada platform digital. Oleh karena itu, bisnis online menjadi peluang usaha yang sangat potensial. Di bawah ini udah ada beberapa ide bisnis buat pemula seperti kamu agar segera membuka bisnis online.

1. Mulailah dengan Online Shop

3 Ide Bisnis Online untuk Pemula | Source: Unsplash

Sejak adanya internet dan sosial media, penjualan barang antar kota bahkan antar negara menjadi semakin mudah. E-commerce pun menjamur dan kamu bisa lihat sendiri antusias masyarakat saat berbelanja online. Ini adalah peluang besar. Gimana memulainya? Kamu bisa membuka toko online-mu sendiri dengan menjual barang-barang yang disenangi konsumen.

Di sini kamu harus paham apa keinginan para pembeli. Survey pasar dan melihat jenis barang apa yang sering dibeli. Kamu pinter masak? Jual masakanmu! Punya barang-barang bekas tapi masih oke untuk dijual? Pasang di tokomu! Intinya, kamu bisa menjual apapun yang kamu punya selama itu bisa diterima pasar dan memuaskan pembeli. Asal jangan jual diri aja, ya!

2. Kamu jago desain atau gambar? Cobain bisnis Print on Demand!

3 Ide Bisnis Online untuk Pemula | Source: Unsplash

Pernah melihat iklan dengan desain-desain unik di sosial media? Atau mendapatkan iklan dengan custom desain pada barang-barang seperti mugs, kaos, casing smartphone, dan lain-lain? Inilah yang dinamakan bisnis Print on Demand! Bisnis yang satu memiliki potensi besar di pasar online. Peminatnya pun banyak.

Untuk memulai bisnis ini tentunya kamu harus bisa desain dan grafis. Desain yang unik dan sedang nge-trend memiliki peminat yang cukup besar. Kalau kamu nggak jago desain, kamu bisa ajak temanmu yang punya skill. Proses produksi dan pencetakannya pun tergolong mudah. Kamu hanya butuh mesin khusus untuk mencetak gambar pada bidang yang diinginkan. Dengan bisnis ini kamu bisa dapetin untung yang lumayan, loh! Menarik, kan?

3. Mau yang lebih mudah dan menguntungkan? Jadilah Member Afiliasi di Jakmall!

Banyak peluang usaha yang bisa mengantakanmu jadi sukses asal kamu bisa melihatnya dengan jeli. Salah satunya dengan mengikuti Program Afiliasi du Jakmall. Program ini memberikan kamu kesempatan untuk memuali bisnis dengan menjad dropshipper. Kamu akan dibantu dengan panduan dan layanan lengkap. Mulai dari bagaimana membangun bisnismu sampai mendapatkan konsumen. Ingin lebih tahu seperti apa programnya? Langsung aja cek di sini!

Nah, itulah 3 ide bisnis online untuk pemula buat kamu yang inging memulai usaha. Kamu tidak perlu takut tentang kerugian dan keuntungan, karena keduanya pasti ada dalam berbisnis. Hal terpenting dalam memulai bisnis online adalah kamu berani memulainya. Sudah tertarik untuk memulai bisnismu sendiri?