Biar nggak perlu kenalan lagi πŸ˜‰

Siapa di sini yang sudah memulai usaha dengan membuka toko online? Great! Jika kamu termasuk salah satunya, maka kamu sudah satu tahap untuk memanfaatkan ide peluang usaha terlaris sejauh ini. Sayangnya, perjalananmu dalam melakukan bisnis online tidak berhenti sampai di situ saja. Ada sebuah proses di mana kamu perlu membangun branding toko sendiri supaya orang lain mudah mengingatnya.

Belajar membangun brand sendiri merupakan langkah untuk membuat toko online-mu mendapatkan perhatian dari audiens (alias pembeli). Kamu tidak perlu pusing mengenai bagaimana tips branding usaha yang baik. Beruntunglah karena di sini akan dibahas 5 cara membuat brand sendiri dari toko online milikmu!

1. Mulailah dari Menentukan Nama Brand yang Simpel dan Mudah Diingat

Langkah pertama dari cara membangun branding sendiri, yaitu nama toko online-mu. Cobalah untuk mengingat-ingat lagi nama brand terkenal yang menempel di ingatanmu. Nama brand seperti itu biasanya dibuat sesimpel mungkin namun tetap mewakili jenis produk yang dijual dan target pasar. Misalnya kamu ingin menjual pakaian pria, maka disarankan untuk memilih nama brand yang terkesan manly.

2. Desain Logo untuk Mempertegas Brand Toko Online, TIDAK HARUS SELALU ARTISTIK!

Yep! Asalkan logo brand yang dibuat simpel dan bisa menarik perhatian mata (eye-catching), sebenarnya sudah terbilang cukup. Ada sedikit tips membuat logo branding untuk kamu terapkan. Hindari logo dengan warna yang "perih" di mata, dan sebaiknya pilih warna-warna menyejukkan.

Kamu bisa memanfaatkan jasa visual designer untuk membuatnya. Namun jika kamu tetap ingin mendesainnya sendiri, tetap pastikan bahwa logo tersebut mudah diingat. Setelah logo brand toko online sudah jadi, kamu bisa menggunakannya sebagai foto profil tokomu dan watermark untuk setiap gambar produk.

3. Bangunlah Personalisasi, Agar Lebih Menonjol Dibandingkan Toko-toko Lain

Berikanlah watermark atau juga frame pada gambar produk kamu, kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi untuk melakukannya dengan lebih efisien. Pada judul produk tambahkanlah kata kunci berupa nama brand kamu untuk mempermudah calon pembeli mencari produkmu.

Anda juga dapat memainkan kata-kata yang menarik di deskripsi produk sesuai persona yang ingin anda bangun, contohnya apabila anda ingin terkesan manly anda dapat menuliskan kata-kata seperti β€œburuan pesen bro” atau β€œayo men pesen aja sebelum abis” dan sebagainya. Hal-hal tersebut dapat membangun personalisasi produk yang kamu inginkan dan membuat produkmu lebih menonjol dibandingkan produk dari toko lainnya.

4. Promosi! Promosi! Promosi!

Tak kenal maka tak belanja. Kalimat itu yang harus ada di benakmu saat memulai cara membangun brand toko online. Oleh karenanya, promosi adalah tips branding usaha paling krusial untuk secepat mungkin meraih perhatian calon pembeli. Mulailah dengan mengenalkan brand usahamu di media sosial. Selain karena gratis, bisa jadi orang-orang di sekitarmu yang akan menjadi pelanggan awal.

Apabila memiliki modal yang cukup, kamu bisa mencoba promosi melalui iklan berbayar. Seperti, Google Ads, Instagram Ads, Facebook Ads, iklan di marketplace, dan lainnya. Atau juga menggunakan jasa endorse dari influencer yang memang sesuai dengan brand-mu.

5. Lakukan Cara Membangun Brand Ini dengan Konsisten!

Sebuah brand yang terkenal tentu tidak serta merta hadir begitu saja. Pastinya, perusahaan atau pelaku usahanya sudah memulai proses membangun brand sejak lama. Artinya, konsistensi untuk giat menerapkan cara-cara membangun brand sendiri di atas sangatlah penting.

Meskipun begitu, kamu juga tidak boleh melupakan kualitas produk serta pelayanan yang diberikan. Strategi branding yang bagus akan menjadi sia-sia jika produk dan pelayanan darimu tidak maksimal.


Sebetulnya, masih banyak strategi branding yang bisa kamu terapkan saat memulai bisnis online. Namun, kelima tips di atas dapat menjadi permulaan bagimu. Yang penting, jangan bosan untuk terus belajar membangun brand kamu sendiri. Supaya suatu saat nanti, brand-mu bisa dikenal oleh semua orang!

Yuk gabung Program Afiliasi Jakmall.com untuk memulai bisnis online modal kecil dan membangun brand sendiri!

Untung Jutaan bersama Program Afiliasi Jakmall.com

Temukan tips memulai usaha lainnya di Jakmall Blog ya πŸ˜ƒ