Apakah kamu sudah menerapkannya?

Berjualan online adalah salah satu pekerjaan yang banyak digemari karena lebih praktis dan efisien. Himbauan untuk stay di rumah aja menjadi salah satu faktor gencarnya belanja online. Hal ini sedikit banyak menjadi salah satu faktor menjamurnya toko-toko online.

Banyaknya toko online yang ada membuat kita sebagai pemilik online shop harus kreatif agar toko kita tetap mendapatkan pembeli bahkan bisa berkembang. Berikut ini Jakmall sudah merangkum 5 cara menarik pembeli online.

1. Perhatikan foto produk yang akan di-upload

Cara Menarik Pembeli Online | Source: iStock

Foto produk adalah salah satu hal yang dapat mencuri perhatian pembeli. Agar produk lebih menarik, pastikan gambar tidak blur dan perhatikan tiga komposisi penting saat proses pengambilan gambar, misalnya cahaya, warna, dan angle foto.

2. Testimoni atau review positif dari pembeli

Cara Menarik Pembeli Online | Source: iStock

Testimoni adalah pernyataan dari pembeli saat menggunakan atau mengkonsumsi suatu produk atau jasa tertentu. Nah, kalau kamu sudah mendapatkan pembeli, nggak ada salahnya untuk meminta review atau testimoni setelah menggunakan produk kita. Review positif bisa dijadikan konten media sosial, sementara jika terdapat review kurang baik bisa dijadikan evaluasi agar produk kita semakin baik.

3. Manfaatkan sosial media dengan strategi tertentu

Cara Menarik Pembeli Online | Source: Unsplash

Media sosial jadi media promosi yang bisa menjangkau produk lebih luas lagi. Nah, saat ini berbagai media sosial sudah dilengkapi dengan fitur terkini. Jadi, coba untuk memanfaatkannya dengan baik. Misalnya saja di TikTok, kamu bisa mempromosikan produk menggunakan sound yang sedang populer. Selain itu, bisa juga memanfaatkan Instagram Reels buat boost new audiences dan engagement toko online kamu.

4. Kenali lebih dekat target audience

Cara Menarik Pembeli Online | Source: Unsplash

Target audience adalah kelompok konsumen kemungkinan besar tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Tidak semua audience menyukai produk tersebut. Jadi, disarankan untuk mengetahuinya terlebih dahulu. Misalnya kamu ingin menjual perlengkapan outdoor, maka target audience-nya adalah muda-mudi berusia 17-39 tahun dan hobi berpetualang. Penggunaan gaya bahasa juga bisa disesuaikan, contohnya pemilihan kata yang cenderung santai atau tidak formal untuk menjual perlengkapan outdoor.

5. Strategi psikologi penetapan harga

Cara Menarik Pembeli Online | Source: Unsplash

Harga terjangkau atau affordable dengan kualitas produk yang baik menjadi salah satu faktor utama dan dapat mempengaruhi pembeli. Sebaiknya tidak mematok harga terlalu tinggi (misalnya 200% dari harga modal) tanpa perhitungan  tepat. Pasalnya, banyak pembeli kemungkinan akan membandingkan harga dengan kompetitor lain. Untuk penetapan harga kamu dapat meletakan angka ganjil seperti 5 atau 9. Penetapan harga dengan angka ganjil ini akan membuat efek pada pembeli, bahwa produk jauh lebih murah dibanding produk yang menggunakan angka genap.

Itu dia 5 cara menarik pembeli online untuk bisnismu. Semoga bisa membantu meningkatkan kunjungan dan penjualan toko Jakmallers ya!

Mau punya bisnis dropship sendiri tapi modal terbatas? Cek di sini untuk tahu solusinya!