Tinggalkan atau pertahankan? Tentukan pilihanmu

Pernah nggak sih Jakmallers merasa bahwa ada beberapa teman yang nyebelin dan datang karena ada butuhnya aja? Kalo iya, itu hal yang wajar sih. Karena, setiap orang pasti memiliki banyak teman dengan karakteristik yang berbeda-beda. Tapi kadang sifat seperti itu bisa membuat kita risih bahkan merugikan.

Nah jika teman yang disebut fake friend ini semakin menjadi-jadi, tentunya akan membuat kita berada di posisi nggak nyaman dalam pergaulan. Kalo udah begitu, yuk baca 5 tips dari Jakmall Blog bagaimana cara menghadapi fake friend!

1. Jangan judge, kenali dulu cara membedakan real friend dan fake friend ya

Cara Menghadapi Fake Friend yang Super Nyebelin!: omarlopez1 

Jika kamu punya teman dengan tingkah yang nyebelin, bukan berarti itu fake friend ya. Kenali dulu ciri-ciri fake friend yang sesungguhnya. Fake friend artinya teman yang datang saat membutuhkan sesuatu saja dan nggak ada saat kamu membutuhkan bantuannya. Biasanya, teman palsu juga sering membicarakan kejelekanmu secara diam-diam lho.

Biasanya fake friend juga cenderung membuat kamu nggak nyaman jika sedang berinteraksi, misalnya sengaja menasihatimu di depan banyak orang atau menyudutkanmu secara yang halus. Sehingga, kamu nggak sadar tuh kalo sebenarnya dia sedang memojokanmu. Jika kamu ingin punya teman yang baik, usahakan untuk memilih teman dan lingkungan yang baik pula. Itu bisa jadi salah satu cara menghindari teman nyebelin.

2. Biasakan untuk tidak sungkan meminta bantuan!

Cara Menghadapi Fake Friend yang Super Nyebelin! | image source: @walre037

Ketika kamu sering membantunya saat terjebak masalah, janganlah ragu untuk meminta bantuannya juga. Jika dia nggak mau atau cenderung menghindarimu, tanyakan alasannya. Apabila keadaan ini terus berulang-ulang, dapat dipastikan dia punya gejala fake friend tuh. Sepertinya kamu harus membatasi komunikasi yang biasanya sangat intens.

3. Lebih sering berkumpul dengan teman yang membuatmu nyaman

Cara Menghadapi Fake Friend yang Super Nyebelin!: @katekalvach

Di antara banyak teman yang kamu punya, pasti ada teman-teman yang membuatmu nyaman di saat suka maupun duka? Kalo iya, mendingan kamu lebih fokus untuk menjalin relasi yang baik dengan mereka. Misalnya, dengan memberi hadiah atau berkumpul bersama. Daripada menyia-nyiakan banyak waktu dengan teman yang membawa kamu ke pikiran negatif.

Yuk berikan hadiah unik untuk teman sejati. Klik buat dapetin harga terbaik!

4. Memberikan masukan yang baik dari hati ke hati

Cara Menghadapi Fake Friend yang Super Nyebelin!: @theexplorerdad

Bukan berarti saat kamu memiliki teman palsu, kamu harus langsung meninggalkannya tanpa basa basi. Sebagai sesama manusia, kita harusnya saling mengingatkan bukan?

Mungkin saja sebenarnya dia adalah orang yang baik. Coba sesekali ajak untuk mengobrol dari hati ke hati. Tanyakan juga alasan kenapa dia cenderung punya perlakuan negatif kepadamu. Jika sudah diutarakan, kemudian cari bagaimana solusinya dan beri dia kesempatan sekali lagi. Namun apabila sifatnya sama sekali nggak bisa diubah, lebih baik membatasi intensitas berkomunikasi.

Hmm kalo sifatnya masih nggak bagus juga, coba rekomendasikan berbagai buku edukasi. Mulai dari Rp22rb-an!

5. Jangan lupa untuk mengevaluasi diri kita sendiri juga ya :)

Cara Menghadapi Fake Friend yang Super Nyebelin!: @shadex_bona 

Setiap orang tak luput dari kesalahan bukan? Coba ingat-ingat lagi, mungkin saja kita pernah punya kesalahan di masa lalu. Hal itu bisa jadi alasan orang yang kamu anggap fake friend punya rasa dendam sehingga bermanipulasi menjadi "teman". Kalo iya, nggak ada ruginya buat meminta maaf dan mengubah diri kita ke perilaku yang lebih baik lagi. Siapa tahu setelah meminta maaf, dia akan luluh dan menjadi teman baik yang sesungguhnya.

Nah, itu dia Jakmallers tips untuk menghadapi fake friend yang nyebelin. Semoga aja bisa membuat kualitas relasi pertemanan yang kamu bangun menjadi lebih baik ya!

Dari pada kamu kesel terus sama fake friend-mu, mending tenangin diri dengan camilan manis yang bikin suasana adem :)

Jangan lupa baca terus Blog Jakmall untuk tips unik lainnya ya!