Let's get started!

Bahasa Inggris memang sudah jadi sesuatu yang penting di era modern seperti saat ini. Oleh karena itu, banyak orang tua yang rela membayar mahal agar anaknya mendapat pelajaran dari guru bahasa Inggris terbaik. Sayangnya, nggak semua anak beruntung dapat mendapatkan fasilitas belajar di tempat les bahasa Inggris karena berbagai faktor.

Akhirnya belajar bahasa Inggris  otodidak menjadi pilihan buat sebagian besar orang. Rich Brian salah satu musisi internasional asal Indonesia sudah membuktikan bahwa ia telah berhasil terdengar seperti native speaker walaupun belajar bahasa Inggris otodidak alias gratis. Berikut ini 5 tips belajar bahasa Inggris yang bisa kamu coba di rumah!

1. Subscribe channel belajar bahasa Inggris di YouTube

Tips Belajar Bahasa Inggris Mudah Secara Otodidak image source : unsplash/ @leon_bublitz

Daripada terus nonton tayangan prank di YouTube, coba deh kamu manfaatkan aplikasi yang satu ini untuk belajar bahasa Inggris online. Saat ini udah banyak banget konten kreator yang membuat channel untuk belajar bahasa Inggris, bahkan ada yang memberikan strategi tips belajar bahasa Inggris dari nol lho Jakmallers.

Belajar bahasa Inggris untuk pemula direkomendasikan untuk menonton channel guruku Mr D, dan Sacha Stevenson. Jika kamu sebelumnya sudah belajar bahasa Inggris dasar kamu bisa menonton video di channel Learn English with Let's Talk.

Nonton YouTube-nya semakin jelas pake layar lebar full display dari Vivo V15 dengan harga spesial!

2. Dengarkan lagu berbahasa Inggris dan cari tahu artinya

Tips Belajar Bahasa Inggris Mudah Secara Otodidak image source : unsplash/@alireza_attari

Ternyata materi belajar bahasa inggris untuk pemula nggak perlu terlalu formal lho, Jakmallers. Buktinya kamu bisa belajar lewat lagu-lagu barat yang lagi hits. Jangan lupa ya pelajari juga arti lirik lagunya dan hafalkan sedikit demi sedikit. Dijamin deh ini adalah salah satu cara belajar bahasa inggris menyenangkan.

3. Mengaktifkan subtitle bahasa Inggris saat menonton film berbahasa Inggris

Tips Belajar Bahasa Inggris Mudah Secara Otodidak image source : unspash/ @miteneva

Jika biasanya kita mengaktifkan subtitle Indonesia saat menonton film barat jika kamu ingin mulai melaksanakan tips belajar bahasa Inggris cepat. Coba deh mulai sekarang kurangi kebiasaan itu, cobalah mulai memahami jalan cerita film yang kamu saksikan dengan membaca subtitle bahasa Inggris dan dengarkan bagaimana cara mereka mengucapkan setiap katanya.

Catatlah kata yang kamu nggak mengerti artinya di dalam buku sketsa diary berwarna dasar hitam bikin tulisan kamu keren hanya 5 ribuan, setelah dicatat jangan lupa cari tahu artinya dan coba untuk hafalkan. Cara itu akan melatih kamu terbiasa memahami pembicaraan dengan bahasa Inggris.

4. Bergabung dengan berbagai komunitas bahasa Inggris

Tips Belajar Bahasa Inggris Mudah Secara Otodidak image source : unsplash/@perrygrone

Nah jika belajar bahasa Inggris secara online dirasa sudah cukup sekarang saatnya kamu bergabung dengan komunitas bahasa Inggris. Di sana kamu akan bertemu banyak orang dengan tujuan yang sama yaitu mempelajari bahasa Inggris, selanjutnya kamu bisa bertemu dengan mereka dan sharing mengenai pengalaman dan startegi berbahsa Inggris.

5. Practice, practice & practice!

Tips Belajar Bahasa Inggris Mudah Secara Otodidak image source : unsplash/ @priscilladupreez

Belajar bahasa Inggris nggak akan maksimal jika tanpa disertai oleh practice atau praktek, coba deh mulai sekarang kamu coba praktekan kosakata atau kalimat yang kamu dapatkan saat belajar dengan teman satu kelasmu atau teman komunitasmu.

Tetap percaya diri dan jangan takut salah atau malu untuk mengucapkannya. Dengan terbiasanya kamu mempraktekan bahasa inggris dengan rutin maka semakin besar juga peluang berhasilnya kamu dalam belajar bahasa Inggris.

Sttt....ada DISKON hingga 80% dari Jakmall buat kamu yang rajin belajar!

Nah itulah 5 tips belajar bahasa Inggris mudah secara otodidak yang bisa kamu praktekan kapan pun dan di mana pun. Terus berlatih dan tetap semangat ya Jakmallers!