Sudah siap menyambut Harbolnas 12.12?

Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional menjadi momen yang selalu dinantikan oleh masyarakat. Pesta belanja akbar ini memang menjadi kesempatan langka bagi para pemburu promo dan diskon. Pada tanggal-tanggal cantik, akan ada segudang promo yang menawarkan barang-barang dengan harga termurahnya.

Banyaknya toko online dan e-commerce semakin memeriahkan pesta belanja online tiap bulan ini. Kamu juga tentunya termasuk salah satu yang menantikannya, kan? Nah, menjelang akhir tahun biasanya akan banyak muncul penawaran menarik yang siap untuk diserbu.

Namun, kamu juga harus bisa mengontrol diri saat berbelanja online karena rawan boros. Persiapan matang dan bagus tentu akan menyelamatkan keuanganmu. Oleh karena itu kamu perlu tahu tips cerdas tetap hemat saat harbolnas 12.12 mendatang. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

1. Ketahui budget untuk belanja kamu

Tips Cerdas Belanja Hemat Harbolnas 12.12 | Source: Unsplash

Hal mendasar saat merencanakan ikut belanja online adalah budgeting. Kamu harus benar-benar teliti dan bijak dalam membuat perencanaan anggaran keuanganmu. Jangan sampai kamu berbelanja tanpa memikirkan kondisi keuangan.

Perencanaan anggaran berguna untuk membatasi diri agar tidak menghabiskan semua uang yang sudah disimpan. Sebaiknya kamu menyisihkan atau membuat anggaran khusus yang akan digunakan khusus untuk belanja online.

2. Sesuaikan dan ketahui kebutuhan

Meskipun kamu sudah punya anggaran sendiri untuk dihabiskan belanja, bukan berarti harus dihabiskan semuanya. Pada momen Harbolnas 12.12 orang-orang kerap kecolongan saat berbelanja sehingga tidak memikirkan kebutuhan lainnya.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya menyesuaikan dan mengetahui dulu kebutuhan apa saja yang sekiranya ingin dibeli. Sehingga kamu bisa mengetahui juga besaran dana yang akan digunakan dan juga disisihkan untuk kebutuhan lain.

3. Cari tahu syarat dan ketentuan promo yang berlangsung

Tips Cerdas Belanja Hemat Harbolnas 12.12 | Source: Unsplash

Pada momen pesta belanja ini masing-masing e-commerce dan toko online pastinya menerapkan syarat serta ketentuan pada promo. Meskipun disebutkan banyak promo dan diskon, namun itu berlaku hanya untuk produk tertentu saja. Di sinilah pentingnya kamu mengetahui dengan baik persyaratan juga ketentuan pada promo tersebut.

Dengan demikian, kamu tentunya lebih bijak saat menggunakan promo dan diskon yang ada. Selain itu juga akan membantu kamu untuk mendapatkan promo terbaik saat Harbolnas.

Cari tahu keuntungan apa saja saat kamu belanja Harbolnas di sini!

4. Lakukan riset harga

Momen harbolnas menjadi ajang persaingan bagi toko online dan e-commerce dalam mempromosikan produk mereka. Hal ini tentunya berimbas pada harga yang ditawarkan juga. Kamu perlu melakukan riset kemudian membandingkan harga produk dan promo.

Melalui riset ini kamu jadi lebih tahu mana promo yang sekiranya tepat dan lebih murah. Sehingga belanjamu jadi lebih hemat juga pastinya lebih untung.

5. Hindari menggunakan paylater atau utang

Tips Cerdas Belanja Hemat Harbolnas 12.12 | Source: Unsplash

Meriahnya pesta belanja online tidak serta-merta membuatmu kalap sehingga berhutang demi barang yang akan dibeli. Sebisa mungkin hindari utang baik berupa paylater, kartu kredit, dan lain-lain.

Kamu tentunya tidak mau rugi dengan tagihan untuk barang-barang yang tidak tahan lama dan cepat rusak. Selalu ingat, belilah barang sesuai kebutuhan dengan menjadi lebih produktif dan tidak konsumtif, ya.

Nah, itulah 5 tips cerdas belanja hemat di Harbolnas 12.12 untuk kamu. Lebih bijak dan cerdas saat belanja online pastinya akan membuatmu jadi lebih hemat dan untung!