Berbagi nggak harus dengan materi!

Donor darah adalah proses pengambilan darah secara sukarela untuk membantu menyelamatkan orang yang membutuhkan. Manfaat donor darah ternyata nggak hanya dirasakan oleh penerimanya saja lho Jakmallers. Di antaranya adalah membantu untuk menurunkan kolesterol dan mendeteksi ada atau tidaknya penyakit serius dalam tubuh kita. Wah banyak banget kan manfaatnya.

Diketahui tanggal 17 September telah ditetapkan sebagai hari PMI. Wah momen yang pas nih buat ikut kegiatan donor darah. Sebagai pendonor, tahukah kamu bahwa kita harus melewati berbagai pemerikasaan dulu agar bisa mendonorkan darah. Agar lolos pemeriksaan, yuk simak tips dan syarat donor darah berikut ini!

1. Sebelum mendonorkan darah, sebaiknya kamu istirahat yang cukup ya!

5 Tips Sebelum Donor Darah Agar Kamu Lolos Pemeriksaan I Image Source: Emory University

Saat ingin mendonorkan darah, kita dituntut untuk ada pada kondisi tubuh yang fit. Sebaiknya, kamu sudah tidur yang cukup selama 7 hingga 9 jam. Selain tidur, pastikan dirimu untuk tidak melakukan aktivitas berat seperti berolahraga dan mengangkat beban yang berat. Jika kamu kurang tidur dan kelelahan, biasanya petugas tidak akan mengizinkanmu untuk melakukan donor darah.

2. Ini tips buat kamu yang ingin donor darah saat sedang berpuasa

5 Tips Sebelum Donor Darah Agar Kamu Lolos Pemeriksaan I Image Source: Self.com

Bagaimana jika ingin donor darah saat puasa? Donor darah tidak membatalkan puasa dan diperbolehkan jika daya tahan tubuhmu kuat. Walaupun begitu, saat berpuasa dan ingin mendonorkan darah, kamu direkomendasikan untuk banyak minum air putih saat sahur. Selain itu, pilihlah waktu di pagi hari saat kondisi badan masih segar dan fit.

3. Pastikan lagi kapan waktu terakhir kamu melakukan donor darah

5 Tips Sebelum Donor Darah Agar Kamu Lolos Pemeriksaan! I Image Source: luannhunt180

Nah, kalo ini bukan pertama kalinya kamu melakukan donor darah, pastiin lagi ya kapan kamu melakukan donor darah sebelumnya. Jika belum lebih dari 3 bulan atau 12 minggu, maka sebaiknya kamu bersabar dulu Jakmallers. Karena, waktu yang dianjurkan oleh PMI adalah 3 bulan sekali dan maksimal 5 kali dalam setahun. Proses donor darah sendiri hanya berlangsung sekitar 10 menit kok.

4. Hindari minuman mengandung alkohol dan kafein serta makanan berlemak

5 Tips Sebelum Donor Darah Agar Kamu Lolos Pemeriksaan I Image Source: Istock

Kamu suka ngopi? Sabar dulu ya! Setidaknya 24 jam sebelum kamu melakukan donor darah. Soalnya, mengonsumsi minuman seperti kopi dan alkohol dapat mengurangi kadar cairan di dalam tubuh sehingga kamu akan berpotensi terkena dehidrasi.

Selain minuman beralkohol dan berkafein, makanan yang tidak boleh dimakan sebelum donor darah adalah makanan dengan kandungan lemak tinggi. Sebaiknya, kamu mengonsumsi air putih dan makanan yang banyak mengandung zat besi.

5. Berat badan dan usiamu harus sesuai dengan kriteria yang dianjurkan oleh PMI ya Jakmallers!

Tips Sebelum Donor Darah Agar Kamu Lolos Pemeriksaan! I image source: medicalnews

Syarat donor darah PMI adalah berada di usia 17 hingga 60 tahun. Selain itu, kamu harus memiliki hasil timbangan berat badan minimal 45 kg. Oh iya, pastikan juga kamu tidak memiliki riwayat penyakit jantung dan hipertensi ya Jakmallers.

Sebelum jauh-jauh datang ke tempat donor, yuk cek kesehatanmu sendiri!

Nah itu, dia 5 tips agar kamu lolos pemerikasaan sebelum melakukan kegiatan donor darah. Gimana, udah siap jadi superhero buat sesama belum nih?