Makna dibalik setiap cerita 🎬

Menyaksikan film pendek adalah salah satu solusi untuk kamu yang tak punya waktu berjam-jam untuk menonton suatu tayangan. Dengan waktu yang relatif singkat, tak jarang jalan ceritanya mengandung pesan moral dan makna mendalam.

Film pendek mudah diakses pada beberapa platform digital salah satunya YouTube. Berikut ini 6 rekomendasi film pendek YouTube hingga 2020 yang bisa kamu saksikan.

1. Kisah anak anjing dengan anak laki-laki yang mengharukan terangkum dalam "The Present"

6 Film Pendek YouTube hingga 2020 | Image Source: YouTube/ The Present

"The Present" telah mendapatkan lebih dari 50 penghargaan di seluruh dunia. Salah satu film pendek terbaik ini, menceritakan seorang anak laki-laki yang terlahir spesial dan hanya menghabiskan waktunya untuk bermain game. Lalu, sang ibu memberikan seekor anak anjing berkaki tiga. Dari sini lah bermula kisah persahabatan mengharukan yang menyimpan banyak makna di antara keduanya.

Earphone-mu rusak lagi? Yuk beli di sini mulai Rp10.000-an aja!

2. Walaupun diproduksi tahun 2018, "Tilik" kembali naik daun pada 2020

6 Film Pendek YouTube hingga 2020 | Source: YouTube/Ravacana Films

Dalam Bahasa Jawa, Tilik artinya menjenguk. Film pendek Indonesia ini erat kaitannya dengan fenomena masyarakat yang percaya dengan internet maupun gosip yang belum terbukti kebenarannya. Bu Tejo menjadi salah satu daya tarik dalam film ini. Fauziah dinilai berhasil memerankan karakter Bu Tejo yang julid dan pandai bersilat lidah. Hayo siapa yang ikut emosi sama Bu Tejo?

3. Perjuangan masyarakat kulit hitam menghadapi rasisme terangkum dalam film pendek "Black Sheep"

6 Film Pendek YouTube hingga 2020 | Image Source: littlevillagemag.com

Film pendek dokumenter ini tayang pertama kali pada tahun 2018. Remaja bernama Cornelius Walker bersama keluarganya pindah ke suatu tempat yang dipenuhi geng rasis. Walaupun begitu, Walker berusaha keras untuk beradaptasi dan memulai persahabatan. Pada tahun 2019, film ini berhasil masuk sebagai nominasi Academy Award for Best Documentary (Short Subject).

4. "Lemantun" menceritakan warisan sebuah lemari yang punya makna mendalam

6 Film Pendek YouTube hingga 2020 | Image Source: buttonijo.com

Bermula saat seorang ibu yang ingin memberikan warisan kepada anak-anaknya. Bukan rumah, tanah, atau saham seperti warisan pada umumnya. Melainkan sebuah lemari tua. Dari kelima anaknya, empat di antaranya merasa tidak membutuhkan lemari itu.

Akhirnya lemari itu jatuh ke tangan anak yang bernama Tri yang tidak memiliki istri dan rumah sendiri. Tri memutuskan untuk tinggal bersama sang ibu dan menemaninya di sisa usia. Film pendek karya Wregas Bhanuteja ini memiliki makna yang cukup mendalam karena lemari yang dianggap sebagai simbol rahim dari seorang ibu. Film ini mengajarkan kita untuk lebih menyayangi keluarga.

5. Film pendek "Anak Lanang (The Sons) dengan jalan cerita sederhana"

6 Film Pendek YouTube hingga 2020 | Source: YouTube/Ravacana Films

Tampak empat orang anak sekolah dasar menaiki becak sambil bercengkrama dan membahas berbagai hal. Mulai dari PR, Hari Ibu, sinetron, PS (PlayStation), hingga bermain tebak-tebakan dengan bapak pengayuh becak, hingga adegan terjatuh dari becak yang mengundang gelak tawa.

Film yang disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo ini, berhasil memenangkan memenangkan Outstanding Achievement dalam Indonesian Film Festival (IFF) Australia ke-14 dalam Short Film Competition.

6. Fenomena sosial masyarakat di tengah pandemi ada dalam film pendek terbaru 2020 berjudul "Geladiresik"

6 Film Pendek YouTube hingga 2020 | Source: YouTube/Ravacana Films

Sama seperti judulnya, film pendek terbaru 2020 ini menceritakan gladi resik untuk mendapatkan proyek dokumentasi penguburan pasien Corona. Terdapat pembahasan mengenai problematika saat pandemi. Mulai dari PSBB, physical distancing, masker, hingga konflik antar teman yang timbul akibat pandemi. Seperti halnya dengan film pendek Tilik, Geladiresik mempunyai jalan cerita sederhana dan dialog yang kerap terjadi di tengah masyarakat.

Itu dia rekomendasi film pendek YouTube yang tayang hingga 2020. Walaupun memiliki durasi singkat, semoga film tersebut dapat memberikan makna tersendiri setelah kamu menyaksikannya ya!


Makin nyaman streaming YouTube pakai stand holder multifungsi

Yuk baca Blog Jakmall untuk update informasi terkini lainnya!

Baca Juga: Ini 9 Film Barat Terbaru September 2020, Pilihannya Banyak yang Keren!