Ingin menjelajah waktu ke masa depan atau ke masa lalu?

Tidak terasa sudah di awal tahun 2022, nih! Kalau melihat ke tahun 2002, rasanya sudah lama banget, 20 tahun yang lalu. Bicara soal waktu, film selalu menjadi hiburan terbaik untuk menghabiskan waktu luang. Apalagi film tentang time travel, kamu pecinta science-fiction tentunya punya favorit sendiri.

Di sini, Jakmall Blog akan memberkan daftar film tentang time travel yang wajib banget kamu tonton. Mulai dari paradoks, menjelajah masa lalu dan masa depan, hingga mengubah sejarah. Yuk, simak di bawah ini!

1. Back to The Future Trilogy (1985)

Back To The Future, 1985 | Image Source: makeitgrateful.com

Film garapan Robert Zemeckies ini jadi list teratas di film tentang time travel. Alasannya sudah jelas, karena penyajian cerita yang menarik serta petualangan Marty McFly dan Dr. Ed Brown menggunakan DMC DeLorean. Dirilis pada 1985, film ini sukses meraih predikat box office sebagai film terbaik sepanjang masa.

Film Back to the Future mengisahkan Dr. Ed Brown yang menciptakan mesin penjelajah waktu berupa mobil. Dengan storyline yang menarik, film ini menggambarkan bagaimana garis waktu bisa berubah apabila kamu pergi ke masa lalu.

Marty McFly yang tidak sengaja mengendarai DeLorean dan kembali ke tahun 1955 menjadi awal petualangan yang epic. Kamu wajib banget menonton film ini karena dikemas dengan sangat menarik!

2. Predestination (2014)

Predestination, 2014 | Image Source: projectedfigures.com

Pernah dengar istilah "Paradox?" Nah, Predestination menjadi film yang cocok banget untuk kamu tonton,  menceritakan tentang time travel dan bagaimana paradox bisa terjadi. Dibintangi oleh Ethan Hawk sebagai agen rahasia yang memburu seorang misterius di masa lalu, ia pun pada akhirnya menemukan dirinya sendiri yang selama ini diburu.

Film ini pun sukses mendapat respon positif karena storyline yang begitu jenius. Konsep paradox yang terdengar kompleks bisa digambarkan sederhana dalam film Predestination. Menarik, kan?

3. Edge of Tomorrow (2014)

Edge of Tomorrow, 2014 | Image Source: variety.com

Ada ungkapan yang mengatakan, "time is flat," dimana waktu berjalan secara flat dan terus-menerus. Edge Tomorrow merupakan film tentang time travel yang dirilis pada 2014 dan dibintangi oleh Tom Cruise. Setting film ini adalah futuristic dan post-apocalyptic, dimana umat manusia berperang melawan robot.

Tom Cruise sendiri merupakan anggota pasukan khusus yang memiliki kemampuan "de javu" apabila dia mati. Konsep time is flat benar-benar digambarkan secara sederhana dan menarik. Edge of Tomorrow cocok buat kamu yang hobi time travel.

4. Tenet (2020)

Tenet, 2020 | Image Source: autorevolution.com

Film garapan Christopher Nolan ini menjadi film yang paling sulit dipahami apabila ditonton satu kali. Konsep waktu yang berjalan maju akan dikonstruksi dengan persinggungan waktu yang berjalan mundur. Dibintangi oleh John David Washington dan Robert Pattinson, Tenet mengisahkan tentang dua agen elit yang mencoba menghentikan penyerangan oleh agen misterius dari dimensi waktu berbeda.

Kamu mungkin akan merasa sangat kebingungan jika tidak memahami konsep waktu. Film ini benar-benar menguji logika kamu untuk memahaminya. Tertantang untuk menonton?

Lebih sehat dengan peralatan olahraga terbaru. Cek di sini!

5. Interstellar (2014)

Interstellar, 2014 | Image Source: empireonline.com

Interstellar merupakan film garapan Christopher Nolan lainnya dibintangi oleh Matthew McCaonaughey dan Anne Hathaway. Para fans space explorer pastinya sudah tahu film ini, dengan durasi hampir 3 jam lebih. Perlu beberapa kali menonton untuk dapat dipahami.

Kombinasi antara konsep ruang dan waktu dikemas secara detail dan ditampilkan menarik. Secara garis besar, Interstellar menceritakan tentang penjelajahan ruang angkasa yang pada akhirnya membuat garis waktu di bumi dan luar angkasa mengalami perbedaan. Kemunculan lubang hitam pada film ini menyebabkan terjadinya time travel yang sulit diterima logika. Sangat menarik!

6. Twelve Monkeys (1995)

Twelve Monkeys, 1995 | Image Source: mentalfloss.com

Film tentang time travel selalu memberikan warna baru dalam industri hiburan. Tidak selalu soal teknologi dan robot, film Twelve Monkeys memberikan sensasi menegangkan dan juga mengerikan. Berlatar post-apocalyptic dengan keadaan bumi yang hancur dan dipenuhi virus. Dibintangi oleh Brad Pitt dan Bruce Willis, film ini menjadi salah satu yang terbaik.

Bruce Willis sendiri harus mengubah sejarah dengan kembali ke masa lalu. Misinya adalah satu, mencegah virus yang akan muncul di masa lalu. Film ini memiliki plot-twist yang tidak bisa ditebak oleh penonton. Kalau kamu suka film dengan ending yang tak terduga, Twelve Monkeys bisa banget jadi list nonton!

7. Looper (2012)

Looper, 2012 | Image Source: netflix.com

Pernah membayangkan bisa bertemu dengan versi diri kamu di masa lalu? Looper menjadi film dengan teknologi yang mengharuskan Bruce Willis untuk bertarung dengan dirinya sendiri, namun versi saat masih muda. Looper menjadi salah satu film yang merekonstruksi hukum time travel dengan menambahkan efek CGI yang sangat baik.

Joseph-Gordon Levitt sukses memerankan Bruce Willis versi muda dengan sangat baik. Terbukti dengan ekspresi wajah dan juga gerak tubuh, meskipun dibumbui sentuhan CGI. Namun, film Looper wajib banget masuk ke daftar tonton!

8. La Jetée (1965)

La Jetée, 1965 | Image Source: moma.org

Film ini mungkin masuk ke kategori film terpendek sepanjang masa. Berdurasi hanya 28 menit, kamu mungkin tidak akan menyangka kekuatan suara narator dalam menceritakan sekeping foto yang sarat makna. Menampilkan sebuah foto berlatar hitam putih di era Perang Dunia II, La Jetée akan membuatmu tenggelam dalam cerita sang narator. Btw, film ini dirilis pada tahun 1965, classic! Penasaran, kan?

Nah, itu dia 8 rekomendasi film tentang time travel yang wajib banget kamu tonton. Selamat menonton!


Mudahkan pekerjaanmu dengan koleksi Stylus Pen ini!

Baca terus Jakmall Blog untuk artikel menarik lainnya!