Sajian hangat hingga dessert yang manis

Tahun baru jadi momen yang spesial bagi sebagian besar orang. Tersemat doa dan harapan agar bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Untuk menyambut tahun baru biasanya orang-orang menjalankan tradisi sesuai dengan domisilinya masing-masing.  Nggak hanya tradisi aja lho, berbagai hidangan menggugah selera juga disajikan. Berikut ini Jakmall sudah merangkum 8 hidangan tahun baru dari seluruh dunia.

1. Osechi-ryōri sajian makanan tahun baru untuk beberapa hari

Hidangan Tahun Baru dari Seluruh Dunia | Source: tokyoweekender.com

Osechi-ryōri merupakan rangkaian makanan berwarna warni yang diletakkan di atas kotak kayu atau  disebut dengan jūbako. Biasanya sajian ini terdiri dari berbagai lauk pauk, seperti tataki gobo dan kohaku namasu (campuran acar, wortel, dan kol). Orang Jepang akan menyantap makanan ini beberapa hari di awal tahun. Jadi, makanan yang dipilih cenderung awet untuk disimpan.

2. Orang Spanyol gemar memakan buah anggur saat tahun baru lho

Hidangan Tahun Baru dari Seluruh Dunia | Source: Igor Yaruta

Anggur hijau dianggap akan membawa keberuntungan di tahun yang baru. Orang Spanyol biasanya mengonsumsi 12 anggur hijau di malam pergantian tahun atau yang disebut Nochevieja.  Uniknya, tradisi ini hadir karena kelebihan pasokan buah di tahun 1909.

3. Nah, kalo hidangan ini pasti banyak yang udah coba deh!

Hidangan Tahun Baru dari Seluruh Dunia | Source: shutterstock

Tahun baru adalah momen yang tepat buat kumpul keluarga atau bersama teman-teman dan memasak hidangan menggugah selera. Di Indonesia biasanya kita membuat aneka makanan yang dibakar, seperti jagung, ayam, ikan gurame, dan sosis bakar  ditemani teh hangat atau wedang jahe. Nah, kalo kamu paling suka sama yang mana nih Jakmallers?

Koleksi alat panggang terlaris ada di sini, cek sekarang yuk!

4. Di Polandia ikan herring merupakan simbol rejeki

Hidangan Tahun Baru dari Seluruh Dunia | Source: ichi.pro

Herring adalah ikan laut berukuran 20-25 cm yang kaya akan protein dan jadi makanan khas tahun baru di Polandia. Sebelum dikonsumsi, biasanya ikan ini direndam dahulu dengan garam selama 24 jam. Ikan herring merupakan simbol rejeki dan kemakmuran karena warnanya silver seperti koin.

5. Di Meksiko, para perempuan bekerjasama membuat Tamales

Hidangan Tahun Baru dari Seluruh Dunia | Source: Food Network

Tahun baru sering dijadikan momen kebersamaan termasuk di Meksiko. Biasanya para perempuan akan berkumpul di suatu tempat untuk membuat ratusan hidangan bernama tamales dan akan dibagikan. Tamales terbuat dari jagung dan dibungkus dengan daun pisang. Siapa nih yang penasaran sama rasanya?

6. Oliebollen, Gorengan manis ala Belanda

Hidangan Tahun Baru dari Seluruh Dunia | Source: shutterstock

Oliebollen adalah gorengan berbentuk bulat yang ditaburi oleh gula halus. Bentuknya mirip dengan donat dengan isian manis. Biasanya berisi irisan buah apel atau kismis. Kalau kamu pecinta yang manis-manis pasti suka deh sama hidangan satu ini.

7. Hoppin 'John makanan tahun baru dari Amerika Selatan

Hidangan Tahun Baru dari Seluruh Dunia | Source: bettycrocker.com

Hidangan tradisional yang satu ini terdiri dari perpaduan nasi, irisan daging, sayuran, roti jagung, dan kacang hitam. Kacang hitam melambangkan koin sedangkan sayuran melambangkan warna mata uang.

8.  Sujeonggwa: Fruit punch tradisional Korea

Hidangan Tahun Baru dari Seluruh Dunia | Source: Knowing Korea

Kalau kamu suka sama minuman menyegarkan, sujeonggwa bisa jadi pilihan yang tepat nih. Minuman tradisional Korea ini terbuat dari buah kesemek yang dikeringkan. Sujeonggwa bisa dihidangkan dalam keadaan panas dan dingin dengan wadah keramik.

Itu dia rekomendasi hidangan yang bisa kamu sajikan untuk menyambut  pergantian tahun. Semoga filosofi positif berbagai makanan tersebut bisa diwujudkan di tahun yang baru ya!


Jadikan suasana kumpul keluarga makin hangat dengan sajian kopi kekinian!