Bekerja di rumah bukan halangan!

Maraknya wabah Coronavirus Indonesia menyebabkan pemerintah harus turun tangan dalam menekan angka penyebaran virus tersebut. Salah satu yang dilakukan adalah menganjurkan perusahaan untuk menerapkan sistem work from home untuk karyawannya. Work from home artinya melakukan segala aktivitas pekerjaan di rumah.

Aktivitas work from home atau bekerja dari rumah, memang terdengar asing bagi karyawan full time yang terbiasa melakukan segala aktivitas di kantor. Agar pekerjaan tetap produktif dan terhindar dari stres, berikut ini Jakmall.com telah merangkum 8 tips work from home yang bisa kamu terapkan agar tetap produktif.

1. Beritahu keluarga mengenai sistem kerja work from home

Tips Work From Home & Time Management | Image Source: Parenting Squad

Sebelum memulai mengerjakan pekerjaanmu, jangan lupa memberitahukan sistematika kerja work from home. Berikan pengertian kepada keluargamu perihal tanggungjawab yang harus dilakukan. Sehingga, kamu tidak banyak dilibatkan juga dalam pekerjaan rumah.

2. Pastikan akses internet lancar agar pekerjaan terlaksana dengan baik

Sebagian besar pekerjaan saat ini memang tak bisa dipisahkan dari akses internet. Oleh karena itu, pastikan kamu mendapatkan jaringan internet yang baik saat bekerja. Jika tidak tersedia akses internet seperti Wifi, siapkan kuota internet berkapasitas besar.

3. Temukan ruangan dan posisi ternyaman dengan sirkulasi udara yang baik

Tips Work From Home & Time Management | Image Source: Grid.ID

Carilah ruangan dan posisi nyaman untuk bekerja. Misalnya kursi yang digunakan, ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, hingga posisi duduk yang baik dan benar. Hindari bekerja di atas kasur untuk meminimalisir rasa mengantuk dan ingin tidur.

Cari Meja Laptop dengan model simple kekinian? Cek di sini DISKON hingga 58%!

4. Walaupun bekerja dari rumah, berkomunikasi dengan tim tetap wajib dilakukan

Koordinasi dengan tim sangat dibutuhkan untuk menghindari kesalahan atau miscommunication saat bekerja. Maksimalkan komunikasi dengan memanfaatkan media yang ada misalnya dengan WhatsApp, Skype, Basecamp, atau Slack.

5. Jangan melupakan sarapan agar kondisi tetap fit

Walaupun bekerja dari rumah, bukan berarti melupakan rutinitas yang dilakukan sebelum bekerja, seperti membersihkan diri dan sarapan pagi. Manfaat sarapan pagi di antaranya adalah untuk meningkatkan konsentrasi dan mengurangi risiko stres saat bekerja.

6. Hindari tempat ramai yang bisa membuyarkan konsentrasi

Tips Work From Home & Time Management | Image Source: CNCB

Saat bekerja di rumah, pilihlah tempat yang sepi dan jauh dari keramaian. Gunakan meja belajar di kamar pribadi sebagai tempat bekerja. Bekerja di ruangan pribadi dinilai lebih efisien, untuk menghindari berbagai gangguan misalnya hewan peliharaan, suara televisi, hingga anak-anak yang sedang bermain.

7. Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, sebaiknya minum vitamin dan air yang cukup

Kesehatan adalah hal yang paling utama. Minumlah vitamin dan air yang cukup. Manfaat minum vitamin adalah untuk meningkatkan stamina saat bekerja. Sementara manfaat minum air putih adalah membantu menjaga tekanan darah serta menjaga keseimbangan cairan tubuh.

8. Berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan plan yang sudah tersusun

Tips Work From Home & Time Management | Image Source: blogtime management

Saat berada di luar rumah kita akan cenderung tergoda untuk melakukan berbagai aktivitas lain seperti menonton TV, bermain game, hingga tertidur. Sebaiknya bijak dalam memanfaatkan waktu, kapan waktu untuk istirahat, makan siang dan bekerja. Oleh sebab itu, berjanjilah pada diri sendiri untuk mengerjakan pekerjaan dengan tepat waktu tanpa tergoda dengan sekelilingmu ya!

Nah, itulah 8 tips work from home yang bisa kamu terapkan. Semoga pekerjaanmu tetap berjalan lancar dan penyebaran virus Corona dapat dihentikan. Sehingga, kita semua dapat beraktivitas normal kembali.


Jaga kelembaban udara rumahmu saat bekerja! Yuk beli humidifier unik, mulai dari Rp39.600!

Jangan lupa baca terus Jakmall Blog untuk tips menarik lainnya!