Hayo siapa yang belum tahu?

Batik menjadi salah satu warisan Nusantara yang harus sama-sama kita jaga dan lestarikan. Pengertian batik adalah kain bergambar yang dibuat dengan malam/lilin (zat) alami yang ditorehkan dengan bantuan canting. Motif batik yang dihasilkan sendiri tentunya punya cara pembuatan yang bermacam-macam.

Selain itu, proses pembuatan batik sangatlah beragam sehingga mempengaruhi harga dan kualitas batik tersebut. Berikut ini adalah 4 teknik dan cara membuat batik Nusantara yang biasanya dipakai agar memiliki ragam corak indah.

1. Batik cap menjadi batik yang sangat mudah kita temukan

Ini 4 Cara Membuat Batik Nusantara, yang Mana Favoritmu? | Image Source; jnjbatik.com

Batik cap memang nggak asing lagi di telinga kita. Pembuatan batik cap cenderung lebih mudah dan rapi jika dibandingkan dengan batik tulis. Proses pembuatan batik cap biasanya menggunakan stempel yang terbuat dari tembaga berukuran 20 cm x 20 cm. Walaupun terlihat simple dan cepat, dalam membuat batik cap masih memerlukan tenaga manusia.

2. Batik tulis yang punya harga fantastis dengan nilai artistik tinggi

Ini 4 Cara Membuat Batik Nusantara, yang Mana Favoritmu? | Image Source: Tribun Solo

Kenapa batik tulis mahal menjadi pertanyaan banyak orang. Sepertinya ini adalah hal yang wajar. Alasannya karena batik tulis dibuat benar-benar secara manual. Mulai dari molani (membuat desain batik awal) menggunakan tangan dengan bantuan canting.

Proses pembuatannya juga memakan waktu yang lama sesuai tingkat kesulitan. Mulai dari hitungan minggu hingga hitungan bulan. Setiap batik tulis dikerjakan oleh satu orang yang memiliki jiwa seni sehingga hasil goresannya tak memiliki hasil seragam dan terkesan lebih artistik.

3. Inovasi modern kombinasi batik tulis dan cap yang memukau

Ini 4 Cara Membuat Batik Nusantara, yang Mana Favoritmu? | Image Source: batiksolo.id

Jika ingin mendapatkan pakaian batik tradisional dengan pola dasar yang rapi dan goresan manual nan artistik, mungkin kombinasi batik tulis dan cap bisa jadi pilihannya. Ini merupakan inovasi kreasi batik modern.

Teknik cap sendiri digunakan untuk membuat dasar pola yang rapi. Sementara teknik menulis digunakan untuk mengisi rongga atau jeda kosong di antara pola dasar tersebut. Biasanya yang digambar adalah motif bunga, isen-isen, dan titik-titik (cecek).

4. Nggak hanya kertas aja yang di-print, batik juga bisa lho!

Ini 4 Cara Membuat Batik Nusantara, yang Mana Favoritmu? | Image Source: infobatik.com

Batik printing atau yang biasa disebut dengan batik sablon sering kita jumpai pada kain batik modern. Proses pembuatannya dilakukan secara massal menggunakan mesin yang polanya didesaim oleh komputer. Batik printing memiliki pilihan corak yang sangat beragam, serta harga yang lebih terjangkau dibanding jenis batik lainnya.


Nah, itu dia Jakmallers 4 cara dan teknik dalam proses membuat batik Nusantara. Semuanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentunya bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhanmu ya!

Maksimalkan gayamu dengan batik nasional, Mulai dari Rp10

Jangan lupa baca terus Jakmall Blog untuk informasi terbaru lainnya :)