Membandingkan bukanlah solusi

Insecure akhir-akhir ini sering menjadi banyak perbincangkan di berbagai forum. Baik itu di media sosial atau di circle pertemanan. Dilansir dari alodokter.com, insecure adalah istilah yang menggambarkan perasaan tidak aman. Sehingga, muncul perasaan gelisah, takut, hingga tidak percaya diri.

Namun, apakah insecure itu berbahaya? Perasaan insecure yang berlebihan dan berkepanjangan dapat membawa dampak buruk bagi seseorang. Misalnya, depresi dan paranoid. Walaupun tak mudah, insecure dapat kita minimalisir loh. Ini dia 7 cara mengatasi insecure pada diri sendiri yang bisa kamu coba.

1. Yuk lebih bijak menggunakan media sosial!

Cara Mengatasi Insecure pada Diri Sendiri | Image Source: Unsplash/dole777

Ketika terlalu banyak membuka media sosial, tak jarang kita melihat sesuatu yang membuat kita jadi tidak percaya diri. Kadang, kita menilai orang lain lebih baik dari diri dan kehidupan yang sedang kita jalani. Ketika kita sudah berada di tahap insecure berlebihan dan tak terkendali, maka tak ada salahnya untuk istirahat sejenak dari media sosial.

Selama hiatus dari dunia medsos, yuk bikin hati rileks dengan mainan edukasi!

2. Menyadari jika membandingkan diri dengan orang lain tak akan ada habisnya

Cara Mengatasi Insecure pada Diri Sendiri | Image Source: Unsplash/Hipwee.com

Masih berkaitan sama poin nomor satu, media sosial bisa membuat kita secara tak langsung membandingkan diri dengan orang lain. Dunia ini luas, tak semua bisa kita miliki. Yuk mulai kurangi sifat insecure sedikit demi sedikit. Misalnya, menjadi diri sendiri dan fokus terhadap rencana yang telah kamu susun. Ini dia salah satu quotes insecure yang bisa memotivasi kamu:

"Tak ada hamparan bunga mawar. Tak ada pelayaran yang menyenangkan. Kuanggap semuanya sebagai tantangan di hadapan seluruh umat manusia. Dan aku tidak akan kalah darinya". -Queen, We Are The Champion.

3. Fokus pada pengembangan diri dengan hal yang kita sukai

Cara Mengatasi Insecure pada Diri Sendiri | Image Source: Unsplash/Neven Krcmarek

Pernah ga sih tiba-tiba ngerasa bad mood saat lagi insecure? Wajar aja kok, tapi jangan sampai jadi berkepanjangan dan membuat kamu gak produktif. Yuk cari aktivitas seru yang kamu sukai dan cobalah untuk menekuninya. Misalnya, melukis atau bernyanyi sambil memainkan musik. Ketika kamu melihat hasil karya tersebut, dirimu akan tersadar bahwa betapa kerennya kamu!

4. Terkadang "tidak tahu" membuat hati jauh lebih tenang lho!

Cara Mengatasi Insecure pada Diri Sendiri | Image Source: speakymagazine.com

Tidak tahu bukan berarti bodoh. Ada kalanya kita perlu menjauh dari beberapa informasi yang membuat kita menjadi overthinking atau insecure terhadap sesuatu. Berhenti menanyakan hal yang dirasa tak perlu atau tak akan mempengaruhi kehidupanmu. Seperti, menanyakan "berapa uang jajanmu selama sebulan?" atau "berapa budget skincare-mu selama sebulan?".

5. Kurangi interaksi pada lingkaran pertemanan yang toxic

Cara Mengatasi Insecure pada Diri Sendiri | Image Source: kumparan.com

Selektif memilih circle pertemanan itu penting. Jika temanmu menjadikan kekurangan fisikmu sebagai bahan candaan atau kamu tak nyaman dengan perkataan dan pembahasan mereka, jangan ragu untuk bertindak. Beranikan diri untuk speak up dan berkata jujur terhadap apa yang kamu sedang rasakan. Jika itu tak membuat mereka berubah, segera kurangi interaksi dengan mereka dan lebih intens berada di circle yang selalu membuatmu nyaman dan bersemangat.

6. Filter komentar dari orang sekitarmu dan mulai perbaiki diri

Cara Mengatasi Insecure pada Diri Sendiri | Image Source: Unsplash/Annie Spratt

Semakin dewasa, semakin kita bisa menentukan mana aja sih komentar yang mendorong kita jadi lebih baik? So, ketika mereka memberimu saran bukan berarti dia menghinamu. Ambil sisi positif komentar tersebut dan jadikan acuan untuk lebih baik lagi. Sementara itu, jika kamu mendengar komentar kasar dan tidak membangun, anggap saja sebagai angin atau kerikil yang tak begitu penting.

7. Bersyukur terhadap anugerah yang sering tak kita sadari

Cara Mengatasi Insecure pada Diri Sendiri | Image Source: Unsplash/Gabrielle Henderson

Menggunakan internet untuk membaca artikel ini dengan raga yang sehat merupakan bagian dari anugerah. Masih bisa tertawa dengan orang-orang tersayang dan menikmati makanan kesukaan juga bagian dari anugerah.

Jika belum bisa menjadi apa yang kamu impikan atau masih kecewa terhadap ketidak sempurnaan, sudah seharusnya kita menyadari bahwa Tuhan masih memberikan waktu untuk kita agar berkembang dan menjadi lebih baik.

Walau tak mudah menghindari rasa insecure dalam diri, setidaknya kamu telah mencoba mengurangi sedikit beban mental yang kerap menghampiri. Terus semangat ya, Jakmallers!


Sayangi diri sendiri dengan kreasikan nail art terbaikmu!

Yuk baca tips menarik lainnya di Jakmall Blog!

Baca juga: 8 Buku Self Improvement untuk Bantu Lawan Depresimu, Yuk Baca di 2020!