Kaca Borosilikat, Tahan Panas untuk Berbagai Kebutuhan Memasak

Material kaca cenderung memiliki kerentanan terhadap suhu tinggi sehingga mudah retak ataupun pecah. Bahkan dalam beberapa kasus, sebuah gelas dapat pecah seketika saat dituang air panas.

Lalu, amankah panci berbahan kaca untuk memasak? Ada salah satu jenis kaca yang memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi, jenis kaca tersebut ialah kaca borosilikat. Kaca borosilikat adalah salah satu jenis kaca khusus yang menggabungkan unsuri kimia dalam konsentrasi tinggi, yaitu boron trioksida dan silika.

Kedua bahan kimia tersebut sangat aman bila tersentuh makanan sehingga banyak alat masak yang menggunakan kaca borosilikat sebagai material utamanya. Sebut saja gelas, panci, teko, dan berbagai peralatan makan lainnya banyak yang sudah menggunakan kaca borosilikat.

Selain tahan lama, kaca borosilikat memiliki tampilan yang transparan seperti kaca pada umumnya sehingga tampil lebih estetik saat digunakan untuk menghidangkan makanan ataupun minuman. Berikut peralatan masak berbahan kaca borosilikat yang bisa Anda miliki

Teko Pitcher

Image Source: Jakmall

Memilih teko berbahan kaca harus lebih hati-hati, jangan sampai memilih teko yang mudah pecah saat dituang air panas. Pilihlah teko berbahan kaca borosilikat yang aman dan tahan terhadap suhu ekstrim.

Sebelum membeli sebuah teko, sebaiknya Anda menanyakan terlebih dahulu terkait bahan materialnya, apakah tahan panas atau tidak. Saat dituangkan air panas, perhatikan setiap bagian teko, apabila teko mengalami keretakan, itu berarti teko tersebut tidak kuat terhadap suhu panas. Jika digunakan terus-menerus teko lama-kelamaan akan pecah.

Gelas Minuman

Image Source: Jakmall

Gelas minuman sudah semestinya memiliki ketahanan terhadap suhu panas maupun dingin. Jika tidak, gelas tidak akan bisa digunakan untuk menghidangkan teh panas, maupun aneka ragam minuman dingin. Dengan material kaca borosilikat, sebuah gelas memiliki ketahan terhadap suhu yang tinggi dan tidak mudah retak sehingga lebih aman digunakan.

Panci Masak

Image Source: Jakmall

Ketahanan kaca borosilikat memang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan material kaca borosilikat dapat digunakan untuk membuat sebuah panci tahan panas. Panci berbahan kaca borosilikat tidak hanya untuk menyimpan masakan semata, tetapi juga dapat digunakan untuk merebus makanan.

Anda bisa menggunakan kompor listrik ataupun kompor gas saat menggunakan panci masak ini tanpa perlu khawatir panci akan retak atau pecah. Tampilannya yang transparan membuat tampilannya tidak hanya cantik, tapi juga dapat membuat Anda tahu kondisi rebusan di dalamnya.

Toples Makanan

Image Source: Jakmall

Penggunaan kaca borosilikat kini meluas tidak hanya untuk pembuatan alat makan saja tetapi juga untuk tempat penyimpanan, salah satunya toples. Toples dengan bahan kaca borosilikat memiliki ketahanan yang baik saat terkena suhu yang panas sehingga Anda dapat menyimpan berbagai jenis makanan. Tampilan toples juga semakin estetik karena isi toples terlihat dengan jelas.

***
Itulah ragam jenis barang yang terbuat dari kaca borosilikat untuk kebutuhan memasak dan penyimpanan makanan. Kaca borosilikat memang unggul dari segi ketahanan suhunya dibanding dengan jenis kaca lain.

Namun demikian, kaca borosilikat pada dasarnya merupakan sebuah kaca yang dapat pecah jika tidak sengaja terjatuh. Oleh karena itu, Anda harus menggunakannya dengan hati-hati. Jika tertarik menggunakan peralatan dari kaca borosilikat, Anda dapat mengintip koleksinya di Jakmall.com. Segera miliki sebelum kehabisan!