Pengalaman baru untuk dicoba!

Mulai bosan dengan kerjaan, bisa bikin stress dan berdampak buruk buat karir. Bingung cara mengisi waktu luang agar tidak jenuh? Terus pengen liburan tapi gak ada temen? Kamu ga perlu sedih! Solo traveling bisa jadi jalan keluarnya. Selain low budget, kamu bisa bebas mau ngapain aja. Berinteraksi dan berkenalan dengan orang lokal atau berkeliling seorang diri ke tempat yang kamu mau.

Pastinya Jakmallers pengen kan punya pengalaman perjalanan sendiri yang aman dan nyaman? Nah kamu bisa menerapkan beberapa tips yang akan dibahas di sini. Jadi, jangan parno lagi dengan solo traveling. Meskipun sendiri, tetap bisa menyenangkan kok!

1. Kalau kamu mau liburan harus punya tujuan yang jelas dong~

Pemula Solo Traveling? 6 Tips Ini Bisa Mempermudah Kamu Dalam Perjalanan | image source Boston Rare Maps

Kalau memutuskan untuk berlibur, harus tahu dulu nih tempat liburan yang bagaimana dan destinasi wisata apa saja yang akan dikunjungi. Entah itu tempat bersejarah, tempat wisata, tempat bermain, dan sebagainya. Berjalan tanpa arah dan perencanaan yang baik, bisa bikin kamu keribetan lho nantinya. Gak mau kan kelihatan seperti orang linglung kehilangan arah?

2. Paling susah tapi WAJIB kamu lakukan!

Pemula Solo Traveling? 6 Tips Ini Bisa Mempermudah Kamu Dalam Perjalanan | image source Road Affair

Setelah kamu tahu destinasi yang ingin kamu tuju, waktunya untuk hitung budget perjalanan. Pesanlah tiket kereta atau tiket pesawat murah. Gak perlu mahal yang penting sampai. Penginapan murah banyak jadi pilihan para solo traveler agar gak menguras budget. Kendaraan umum pun bisa jadi alternatifmu. Kalau mau, sewa motor/mobil jika kamu tidak terbiasa naik kendaraan umum.

Setelah kamu menghitung berapa cost yang harus dikeluarkan, mulailah untuk menabung. Sulit? Tentu, but no pain no gain. Kamu bisa browsing tips dan trik cara berhemat yang benar. Jangan sampai pusing 7 keliling karena kehabisan uang saat berlibur.

3. Suka atau tidak, travel insurance penting dimiliki lho!

Pemula Solo Traveling? 6 Tips Ini Bisa Mempermudah Kamu Dalam Perjalanan | image source The Interpid Guide

Kamu merasa gak perlu travel insurance? Pikir 2 kali deh! Memang terlihat sepele, tapi sangat menolong banget lgo. Asuransi perjalanan ini nantinya bisa membantumu jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Seperti misalnya saat kamu tiba-tiba jatuh sakit. Travel insurance bisa meng-cover pengeluaranmu supaya anti pusing deh!

4. Sebelum melakukan perjalanan, lengkapi data pribadimu ya

Pemula Solo Traveling? 6 Tips Ini Bisa Mempermudah Kamu Dalam Perjalanan | image source Medium

Kalau hanya ingin berlibur di dalam negeri sih, ya gak ribet. Cukup selalu membawa KTP di dompet. Tapi jika destinasimu adalah luar negeri, kamu harus melengkapi file yang penting ya. Seperti, paspor aktif (minimal 6 bulan sebelum expired) dan visa (jika memang diwajibkan). Siapkan file penting ke dalam passport holder atau file folder biar gak hilang dan mudah untuk dicari.

MURAH! Map file berkarakter Stitch yang lucu cuman Rp30.000-an aja!

5. Packing barang secukupnya aja. Kamu cuman pengen liburan kok, bukan pindahan :D

Pemula Solo Traveling? 6 Tips Ini Bisa Mempermudah Kamu Dalam Perjalanan | image source Tortuga Backpacks

Nah di sini nih ribetnya jadi pemula solo traveler. Selalu bawa barang seperti mau pindahan. Kamu gak akan menghabiskan waktu berlibur selama 2 tahun kok, so be chill. Kemas barang-barang yang penting secukupnya saja di Koper Fiber Terbaik Diskon 50%. Gak pengen kan sampai bandara ribet bawa koper yang besar dan berat sendirian?

Lagi kekinian! Pouch Bag Travel anti air berkualitas cuma Rp49.000

6. Liburan kamu haruslah aman dan menyenangkan

Pemula Solo Traveling? 6 Tips Ini Bisa Mempermudah Kamu Dalam Perjalanan | image source Susie & Hiran Travel Asia

Kalau kamu memilih untuk jadi solo traveler, jangan pernah menggunakan perhiasan emas yang berlebih. Penampilan mewah bisa jadi target empuk pelaku kejahatan. Pastikan juga HP-mu bisa terkoneksi internet dan bekerja dengan baik. Karena, peta perjalanan seperti Google Maps sangatlah dibutuhkan. Perlengkapan kamera dan power bank juga wajib ada di tasmu.

Nah, sudah dibahas nih 6 tips buat pemula solo traveler. Jadi, kamu gak usah takut lagi kalau akan ribet dan tersesat di negeri orang. Waktunya untuk rehat sejenak dan segarkan pikiranmu.

Belanja online gakk usah bayar ongkir karena SICEPAT hadir kasih delivery GRATIS!

Klik artikel lainnya, untuk dapetin beragam tips dan informasi menarik :)