Jauhi narkoba!

Hari Anti Narkoba Internasional diperingati setiap tanggal 26 Juni. Sejarah Hari Anti Narkoba Internasional sendiri diperingati pertama kali pada tahun 1988 oleh United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC). Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan terungkapnya kasus perdagangan opium oleh Lin Zexu.

Nah, supaya kita tidak terjerumus ke dalam penyalahgunaan obat terlarang, sebaiknya simak 6 cara menghindari narkoba yang telah dirangkum oleh Jakmall.com.

1. Ketahui kerugian akibat menggunakan narkoba

Sambut Hari Anti Narkoba 2020, Ini 6 Cara Menghindari Narkoba | Image Source: ypi.or.id

Ada banyak kerugian yang timbul akibat penyalahgunaan narkoba. Mulai dari bahaya narkoba bagi kesehatan, bahaya narkoba di lingkungan masyarakat, bahaya narkoba terhadap kejiwaan. Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional, Irjen Pol Arman Depari mengatakan bahwa kerugian negara sudah menyentuh angka Rp84,7 triliun per tahun akibat narkoba.

2. Berfokus kepada hobi yang lebih positif

Sambut Hari Anti Narkoba 2020, Ini 6 Cara Menghindari Narkoba | Image Source: doktersehat.com

Waktu luang bisa jadi alasan kita untuk mencoba banyak hal baru. Gunakanlah untuk menyalurkan hobi yang bermanfaat. Misalnya bermain bola, melukis, bernyanyi, dan sebagainya. Berfokus kepada hobi akan meminimalisir godaan untuk terjerumus ke dalam hal-hal negatif seperti narkoba.

Bersepeda bisa jadi hobi barumu nih! Cari perlengkapannya di sini Diskon hingga 50%

3. Pilihlah lingkungan baik dan tepat untuk bergaul

Sambut Hari Anti Narkoba 2020, Ini 6 Cara Menghindari Narkoba | Image Source: picksmiles.com

Lingkungan menjadi salah satu faktor kenapa seseorang bisa terjerat narkoba. Oleh karena itu, ada baiknya kita memilih lingkungan pergaulan yang baik. Kenali juga karakteristik teman-temanmu. Jika mereka berpotensi membawamu ke aktivitas negatif, lebih baik membatasi interaksi dengannya.

4. Jauhi rasa penasaran untuk mencoba narkoba

Sambut Hari Anti Narkoba 2020, Ini 6 Cara Menghindari Narkoba | Image Source: indianexpress.com

Narkoba akan menimbulkan rasa ketergantungan. Dikutip dari Kompas, orang yang menggunakan narkoba akan mengalami gangguan syaraf. Baik yang baru mencoba atau telah menjadi pemakai. Pada titik tertentu, pengguna akan mengalami sakau dan mengakibatkan rasa sakit dan halusinasi. Jadi jangan sekalipun mencoba narkoba ya Jakmallers!

5. Berpikir panjang untuk masa depan

Sambut Hari Anti Narkoba 2020, Ini 6 Cara Menghindari Narkoba | Image Source: manchester.edu

Ketergantungan pada narkoba akan membuat penggunanya rela melakukan apa saja untuk mendapatkan narkoba. Tak jarang mereka nekat melakukan berbagai macam hal mulai dari mengancam, menyakiti diri sendiri, bahkan mencuri. Hal tersebut bisa saja termasuk ke dalam pelanggaran hukum yang bisa merusak masa depan pengguna narkoba.

6. Bersifat terbuka dalam menghadapi masalah

Sambut Hari Anti Narkoba 2020, Ini 6 Cara Menghindari Narkoba | Image Source: theonion

Saat seseorang dihadapi dengan masalah, tak jarang yang menjadikan narkoba sebagai pelampiasan. Ini merupakan hal yang salah. Karena narkoba tidak akan menyelesaikan masalah, tetapi akan semakin menambah masalah.

Jika berada di posisi tersebut, lebih baik menyelesaikannya dengan baik. Mencari solusi dan terbuka dengan orang-orang tepat yang bisa membantumu menghilangkan beban di pundakmu.

Itu dia 6 tips untuk menghindari narkoba. Jangan sampai kenikmatan sesaat merusak masa depan kita.


Ayo jauhi narkoba dan terus jaga kesehatan diri!

Jangan lupa baca terus Blog Jakmall untuk tips menarik lainnya!

Baca Juga: 8 Cara Membuat Podcast Menarik Agar Banyak Didengar