Indahnya karya Nusantara!

Hari Batik Nasional selalu diperingati tanggal 2 Oktober setiap tahunnya. Hari Batik Nasional adalah hari perayaan yang dibentuk untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada tahun 2009.

Sebagai anak bangsa, sudah selayaknya kita mencintai batik yang merupakan kebudayaan sendiri. Tujuannya agar batik tetap lestari dan tidak diakui oleh negara lain. Dalam memperingati Hari Batik Nasional 2020, berikut ini Jakmall Blog telah merangkum 5 motif batik Indonesia yang mudah digambar.  

1. Batik Kawung adalah salah satu motif batik tertua yang ada sejak jaman kerajaan

Sambut Hari Batik Nasional 2020, Kenali 5 Motif Batik Indonesia yang Mudah Digambar | Gambar: semarangpos.com

Siapa nih yang pernah menggambar batik Kawung di pelajaran seni budaya? Gak heran sih, karena batik Kawung punya desain yang simple. Sehingga, jadi salah satu batik yang mudah dibuat. Pada tahun 1769, 1784, dan 1790 hanya orang dari kalangan kerajaan saja yang diizinkan menggunakan batik Kawung ini. Wah sakral banget ya, Jakmallers!

Bikin sketsa batik makin gampang dengan koleksi tab canggih!

2. Siapa yang penasaran bagaimana motif batik Jlamprang asal Pekalongan?

Sambut Hari Batik Nasional 2020, Kenali 5 Motif Batik Indonesia yang Mudah Digambar | Gambar: docplayer.info

Ini dia motif batik Jlamprang yang berasal dari Pekalongan. Punya desain yang sangat artistik, makna dari motif batik Jlamprang cukup mendalam. Dr. Kusnin Asa berpendapat jika desain Jlamprang merupakan bentuk motif kosmologis dengan mengetengahkan pola ragam hias ceplokan, bentuk lung-lungan, dan bunga padma.

Batik Jlamprang adalah bagian dari benda-benda yang ada saat upacara tertentu. Hal itu ialah upaya menjaga kelestarian budaya mistis yang berhubungan dengan upacara nyadran atau upacara korban di laut.

3. Ada tugas membuat batik? Coba gambar batik Sulur berikut ini yuk!

Sambut Hari Batik Nasional 2020, Kenali 5 Motif Batik Indonesia yang Mudah Digambar | Gambar: Sachiku

Dalam bahasa Indonesia, sulur artiya tanaman yang merambat. Sulur pada batik memiliki pola yang berbeda-beda. Ada yang menjulang ke atas dan ada yang hanya berukuran setengahnya. Sulur tersebut diumpamakan sebagai lambang umur atau perjalanan hidup manusia. Motif ini mengajarkan bahwa panjang atau pendeknya umur manusia berbeda-beda dan hanya Tuhan yang dapat menentukan.

4. Batik Pring Sedapur punya motif bambu yang artistik

Sambut Hari Batik Nasional 2020, Kenali 5 Motif Batik Indonesia yang Mudah Digambar | Gambar: gomuda.co

Pring Sedapur memiliki arti serumpun pohon bambu. Batik ini berasal dari sebuah desa di Magetan, Jawa Timur. Makna dibalik gambar bambu tentunya memiliki filosofi tersendiri. Tanaman bambu yang hidup bergerombol akan membentuk kekuatan. Sementara jika diurai, bambu tersebut akan menjadi tali yang kuat.

5. Batik Lasem merupakan perpaduan budaya Jawa dan Tiongkok

Sambut Hari Batik Nasional 2020, Kenali 5 Motif Batik Indonesia yang Mudah Digambar | Gambar: jejakbatik

Lasem merupakan tempat di mana pertama kali pedagang Tionghoa mendarat. Motif batik Lasem didominasi oleh aksen khas Tiongkok misalnya bunga atau naga. Batik Lasem identik dengan ciri khas warna merah seperti darah ayam. Warna pada batik dibuat dari bahan-bahan alami contohnya akar pohon mengkudu.

Nah, itu dia 5 motif batik Indonesia yang mudah digambar. Yuk ikut serta dalam melestarikan batik. Agar batik terus menjadi salah satu identitas bagi bangsa Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional 2020 Jakmallers!


Lihat koleksi atasan batik muslimah dan dapatkan harga murah meriah yuk!

Baca terus Jakmall Blog untuk informasi menarik lainnya!

Baca Juga: Ini 4 Teknik Dalam Proses Pembuatan Batik Nusantara, yang Mana Favoritmu?