Tetap perhatikan kondisi tubuhmu ya 😷

Beberapa hari belakangan ini, kita diramaikan oleh berita-berita yang menampilkan parahnya kabut asap di Pekanbaru, di Tarakan, Berau, dan beberapa wilayah di Kalimantan. Penyebab kabut asap Riau dan daerah lainnya sendiri dikarenakan adanya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Akibatnya, masyarakat harus menerima bahaya kabut asap yang perlahan mulai mengganggu kesehatan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja tips menghadapi kabut asap yang bisa dilakukan. Apalagi mengingat data AirVisual yang semakin hari semakin menunjukkan kekhawatiran terhadap kabut asap 2019 ini. Berikut 5 tips menjaga kesehatan saat kabut asap bagi Jakmallers yang terkena dampaknya.

1. Perhatikan Kualitas Udara yang Ada di Dalam Rumah

Tips Menjaga Kesehatan Saat Kabut Asap, 5 Cara Ini Untuk Cegah Bahayanya | Image Source: LabRoots

Sebagai cara menghadapi kabut asap, pemerintah daerah telah menyarankan kita untuk membatasi kegiatan di luar rumah. Untuk itu, yang harus diperhatikan adalah bagaimana kualitas udara di dalam rumah. Jaga agar sirkulasi udara dari luar yang masuk tidak terlalu banyak. Jangan pula memperparahnya dengan membakar obat nyamuk ataupun merokok di dalam ruangan.

Diketahui bahwa kabut asap 2019 ini mengandung berbagai gas berbahaya, seperti Sulfur Dioksida (SO), Karbon Monoksida (CO), Nitrogen Dioksida (NO2), dan Ozon Permukaan (O3). Jadi selain nge-post hashtag Pray for Riau, pastikan juga kamu bisa bernafas dengan lancar walaupun harus beraktivitas di dalam rumah.

2. Gunakan Penjernih Ruangan untuk Mencegah Bahaya Kabut Asap Datang Menyerangmu!

Tips Menjaga Kesehatan Saat Kabut Asap, 5 Cara Ini Untuk Cegah Bahayanya | Image Source: Scott-Lee Heating Company

Untuk membantu tips menghadapi kabut asap di atas, kamu bisa memaksimalkan kegunaan dari berbagai jenis penjernih ruangan. Terutama penjernih yang dapat menyaring partikel udara untuk mencegah terjadinya ISPA. AC adalah salah satu alat yang dianggap mampu membersihkan asap karhutla di dalam rumah.

Kamu juga dapat menggunakan penjernih lain seperti air humidifier atau purifier. Mengingat saat ini Riau darurat asap bahkan kualitas udaranya semakin memburuk, rasanya kamu perlu melakukan tips ini mulai dari sekarang. Yuk, coba manfaat dari Air Humidifer Mulai Rp50 Ribuan untuk ruanganmu.

3. Konsumsi Sayur dan Buah Antioksidan Sebagai Tips Menjaga Kesehatan Saat Kabut Asap

Tips Menjaga Kesehatan Saat Kabut Asap, 5 Cara Ini Untuk Cegah Bahayanya | Image Source: The Independent

Bahaya kabut asap tidak hanya dapat menyerang saluran pernafasan saja. Kabut asap seperti di Pekanbaru dan Kalimantan juga berpotensi mengganggu percernaan dan penglihatan lho. Kamu disarankan untuk banyak mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung antioksidan sebagai tips menghadapi kabut asap.

Kandungan antioksidan sendiri bisa ditemukan pada sayur dan buah yang berwarna oranye, seperti wortel dan jeruk. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi sayuran berwarna hijau karena memiliki banyak vitamin C yang baik untuk mata.

Mager mengupas wortelnya? Beli aja Alat Kupas Sayur & Buah Multifungsi di sini!

4. Baik untuk Kesehatan Paru-paru, Minum Teh Hijau Sebelum Tidur Boleh Banget Dicoba!

Tips Menjaga Kesehatan Saat Kabut Asap, 5 Cara Ini Untuk Cegah Bahayanya | Image Source: Healthy and Stylish

Tips menjaga kesehatan saat kabut asap selanjutnya, yaitu dengan meminum teh hijau sebelum tidur. Kabut asap di Riau, Balikpapan, dan Tarakan ini memaksa kita untuk menghirup radikal bebas dan udara yang kotor. Sehingga suka atau tidak, mereka akan mengendap di dalam paru-paru kita saat bernapas.

Meminum teh hijau sebelum tidur bisa menjadi cara menghadapi kabut asap. Mengapa? Karena saat tidur, tubuh kita lebih mudah untuk menyerap cairan. Setidaknya, kamu bisa mencegah bahaya kabut asap yang berpotensi mengganggu pernapasanmu. Biar nggak perlu masak air panas di kompor lagi, ayo miliki Kettle/Teko Listrik Diskon Hingga 50% !

5. Pakailah Masker N95 Apabila Kamu Sedang Melakukan Aktivitas di Luar Rumah

Tips Menjaga Kesehatan Saat Kabut Asap, 5 Cara Ini Untuk Cegah Bahayanya | Image Source: EMC Insurance Company

Menggunakan masker saat kabut asap begini merupakan sebuah keharusan. Masker N95 adalah masker yang disarankan karena ia mampu menghalangi 95 persen partikel udara yang masuk daripada masker biasa. Meski begitu, masker ini biasanya diperuntukkan bagi orang dewasa karena desain ukurannya yang besar.

Sebetulnya tidak masalah jika kamu justru memakai masker bedah biasa yang berwarna hijau. Sebab, masker tersebut masih memberikan efek perlindungan dibandingkan tidak menggunakannya sama sekali. Atau kalau kamu lagi cari Masker Xiaomi Anti Polusi, cek aja sekarang!


Itulah 5 tips menjaga kesehatan saat kabut asap yang bisa dilakukan. Kamu boleh juga melakukan pemeriksaan ke dokter jika kesehatanmu mulai terganggu. Selain itu, jaga dirimu agar tidak terlalu stress karena terlalu sering di dalam rumah. Apalagi tidak banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat kabut asap seperti ini.

Biar bisa cek kondisi tubuhmu di rumah aja, yuk beli Alat Kesehatan Mulai Rp1.000 di Jakmall.com!

Koleksi Alat Kesehatan Mulai Rp1.000 saja!

Temukan info seputar tips bermanfaat lainnya di Jakmall Blog 😊