Android TV Box dan Android TV Stick, Pilih yang Mana ya?

Android TV Box dan Stick, solusi untuk meningkatkan pengalaman menonton TV tanpa harus membeli Smart TV

Android TV Box dan Android TV Stick, Pilih yang Mana ya?
Image Source: Unsplash

Apa sih yang terlintas di pikiranmu kalau mendengar kata Android? Sebagian besar orang pasti berpikir tentang smartphone. Yup, Android memang merujuk pada sebuah sistem operasi pada perangkat seperti smartphone. Namun, tahukah kamu bahwa sistem Android kini bisa diakses melalui televisi?

Agar TV biasa dapat terhubung ke internet dan mengakses berbagai aplikasi, kamu harus menambahkan perangkat yang disebut Android TV Box atau Android TV Stick. Kira-kira, lebih baik menggunakan Android TV Box atau Android TV Stick ya? Yuk, simak penjelasannya di dalam artikel ini.

Apa Perbedaannya?

Image Source: Jakmall

Jika TV Android adalah smart TV yang telah dibekali sistem Android, maka Android TV Box adalah perangkat tambahan untuk mengubah TV biasa menjadi smart TV. Dengan menambahkan Android TV Box, TV biasa pun mampu mengunduh berbagai aplikasi Android.

Kamu bisa mengunduh Youtube, Netflix, dan lain-lain melalui Google Play Store. Dengan adanya Google Play Store, kamu bisa mengupdate beragam aplikasi yang terunduh. Bahkan, kamu bisa melakukan berbagai hal layaknya komputer. Sangat canggih bukan?

Lalu, apa sih perbedaan antara Android TV Box dan Stick? Jawabannya adalah bentuk. Seperti namanya, Android TV Box memiliki bentuk seperti box atau kotak. Sementara Android TV Stick memiliki bentuk memanjang layaknya stick.

Perbedaan bentuk ini mempengaruhi jumlah dan jenis port yang tersedia. Jenis dan jumlah port dapat menjadi pertimbangan saat memilih perangkat yang cocok untuk keperluanmu. Misalnya, kamu tidak bisa mempercepat koneksi menggunakan port RJ45 pada Android TV Stick karena ketiadaan portnya.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Image Source: Jakmall

Android TV Box dan Stick bekerja dengan cara menghubungkan TV biasa ke internet melalui koneksi Wi-Fi atau kabel Ethernet. TV pun dapat menjalankan sistem operasi Android yang telah dimodifikasi khusus untuk perangkat TV.

Setelah terhubung ke internet, kamu dapat mengakses berbagai aplikasi dan layanan streaming, seperti Netflix, Spotify, dan lainnya. Tampilan antarmukanya mirip dengan smartphone Android, jadi kamu mungkin memerlukan sedikit adaptasi.

Selain itu, Android TV Box juga dapat memutar berbagai jenis file multimedia dari penyimpanan eksternal seperti hard disk atau USB flash drive. Jika dibandingkan dengan fitur yang ditawarkan, Android TV Box adalah solusi yang efisien untuk menikmati hiburan tanpa batas.

Apa yang Perlu Dipertimbangkan?

Image Source: Jakmall

Sebagai hiburan visual, kamu harus mempertimbangkan kemampuan Android TV Box atau Stick dalam menampilkan gambar. Biasanya, pada spesifikasi akan dipaparkan mengenai kualitas gambar yang dihadirkan, seperti 4K, 6K, atau 8K.

Pertimbangan selanjutnya adalah prosesor dan memori. Prosesor mempengaruhi kinerja dan kecepatan sebuah perangkat. Untuk kinerja terbaik, pilihlah prosesor Quad-Core. Selain itu, kinerja sistem juga dipengaruhi oleh memori. Memilih memori sebesar 4 GB sudah cukup untuk hasil yang memuaskan.

Versi Android yang baru pasti menyempurnakan versi sebelumnya. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk membeli perangkat dengan versi Android terbaru. Pilihlah perangkat dengan versi Android 9 atau ke atas.

Satu lagi hal penting yang perlu diperhatikan adalah konektivitas jaringan. Pilihan terbaik untuk mendapatkan koneksi yang lancar adalah Gigabit Ethernet. Perangkat juga harus mendukung 802.11 ac untuk koneksi nirkabel yang cepat.

***
Semakin berkembangnya teknologi, Android TV Box dan Stick menjadi salah satu solusi bagi mereka yang ingin meningkatkan pengalaman menonton TV tanpa harus membeli Smart TV. Agar mendapatkan pengalaman menonton yang memuaskan, pastikan untuk mempertimbangkan spesifikasi perangkat sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu. Kamu bisa melihat spesifikasi beragam produk Android TV Box terbaik hanya di Jakmall.com.