Cobain minuman kekinian anak TikTok

Baru-baru ini trend minuman kekinian 2020 mulai diramaikan dengan kehadiran Dalgona Coffee. Kemunculannya di masa pandemik membuat banyak orang yang tertarik untuk mencoba resepnya. Maklum daripada bosen di rumah ya kan..

Tapi sebenarnya, tahukah kamu Dalgona Coffee dari mana berasal dan apa itu Dalgona Coffee hingga bisa menjadi trend? Nah kali ini, kita bakalan mengulik lebih jauh asal usul Dalgona Coffee sampai inspirasi varian lain yang bisa kamu coba. Serta, seperti apa dampak kesehatan mengonsumsi Dalgona Coffee. Check it out!

Nama Dalgona dipopulerkan oleh aktor Korea, Jung Il-Woo, setelah mencoba minuman ini di Macau

Apa Itu Dalgona Coffee dan Dari Mana Asal-Usul Hingga Jadi Trend | Image Source: Femaleonklik

Apa itu Dalgona Coffee? Dalgona Coffee adalah gabungan dari kopi instan, gula, dan air panas yang diaduk secara cepat (whipped) lalu disajikan di atas krim susu. Trend whipped coffee sendiri sudah ada di beberapa negara Asia seperti India, Pakistan, dan Macau. Aktor asal korea, Jung Il-Woo, yang kemudian mempopulerkannya setelah ia berkunjung ke salah satu restoran di Macau dan mencoba minuman ini. Lalu kenapa ia namakan Dalgona?

Dalgona adalah jajanan permen asal Korea Selatan atau juga dikenal dengan nama ppopgi yang populer sejak tahun 1970. Permen ini memiliki rasa manis dan bertekstur lembut seperti spons. Nah karena kopi Dalgona mirip seperti busa atau spons yang tebal, makanya Jung Il-Woo menamainya dengan Dalgona Coffee.

Makin ramai setelah resep Dalgona Coffee menjadi trend di TikTok

Selama pandemik Coronavirus, minuman kekinian 2020 ini mulai menjamah rasa penasaran banyak orang. Ditambah lagi dengan kondisi yang mengharuskan kita untuk tetap di rumah, maka tak ada salahnya kan untuk mencoba resep Dalgona Coffee. Karena bahan pembuatan Dalgona Coffee yang mudah didapatkan, maka trend ini semakin cepat menyebar ke seluruh media sosial.

Orang berbondong-bondong menggunakan hashtag #DalgonaCoffee dan sempat viral juga di Instagram, Twitter, hingga YouTube. Kini kamu sudah dengan mudah menemukan resep Dalgona Coffee tanpa mixer jika ingin mencobanya. Hitung-hitung untuk mengisi kekosongan waktu di rumah biar lebih produktif hehe.

Ada Kopi Asli Indonesia nih kalo kamu mau bikin Dalgona Coffee!

Resep Dalgona Coffee tanpa mixer, 3 menit jadi langsung minum!

Apa Itu Dalgona Coffee dan Dari Mana Asal-Usul Hingga Jadi Trend | Image Source: KL Foodie

Kenapa cara membuat Dalgona Coffee sangat menarik untuk dicoba? Itu karena bahan-bahan membuat Dalgona Coffee terbilang mudah untuk didapatkan. Kamu tidak perlu pusing mencarinya asalkan sudah memiliki persediaan yang lengkap di dapurmu. Yuk kita mulai cobain cara membuat Dalgona Coffee tanpa mixer!

Bahan-bahan:

  • 2 sdt kopi bubuk instan tanpa ampas, disarankan untuk tidak menggunakan yang krimer
  • 3 sdt gula pasir
  • Susu UHT cair secukupnya
  • Air panas secukupnya
  • Es batu
  • Krimer atau kental manis bagi yang tidak suka rasa pahit

Cara membuat Dalgona Coffee tanpa mixer:

  • Campurkan kopi bubuk instan dan gula ke mangkuk atau gelas.
  • Lalu, tuangkan air panas secukupnya dan aduk hingga merata. Aduk kurang sampai menjadi adonan yang kental dan berbusa. Kamu bisa pakai Mixer Elektrik biar lebih cepat.
  • Siapkan gelas lain dan isi dengan susu UHT dan es batu. Jika kamu ingin lebih manis, tambahkan krimer atau kental manis.
  • Apabila sudah siap, lalu tuangkan adonan kopi yang berbusa tadi ke dalam gelas berisi susu. Voila, Dalgona Coffee pun siap dinikmati dan di-posting ke IG Story kamu hehehe.  

Gimana? Gampang kan cara membuat Dalgona Coffee ini?

Varian lain minuman Dalgona bagi yang tidak suka kopi

Tidak semua orang suka untuk mengonsumsi kopi. Kandungan kafein yang ada di dalamnya sering menjadi alasan orang untuk tidak mengonsumsinya. Tapi tenang saja! Karena, sekarang sudah banyak varian lain untuk minuman Dalgona ini. Kreativitas tanpa batasnya netizen memang gausah dihiraukan lagi yaaa..

Berikut ini varian minuman Dalgona buat kalian yang bukan penikmat kopi.

  1. Dalgona Matcha/Green Tea

Siapa di sini yang suka matcha? Minuman ini termasuk favorit banyak orang sih kalo kita membahas minuman kekinian 2020. Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat Dalgona Matcha yaitu, gula, air panas, putih telur, bubuk matcha/green tea, es, dan susu cair. Untuk selengkapnya, silakan cek di video ini!

2. Dalgona Milo

Salah satu varian yang lagi viral banget akhir-akhir ini adalah Dalgona Milo. Karena merupakan bubuk susu, makanya Dalgano Milo resep tanpa mixer mulai rame dicobain. Untuk bahan dan cara bikin Dalgano Milo sebenarnya tidak jauh berbeda dengan versi kopi. Kamu hanya menggantinya dengan bubuk Milo saja. Cek video di bawah ini untuk cara bikin Dalgano Milo simple ya!

3. Dalgano Milk Tea

Varian ini sedikit berbeda daripada Dalgona biasanya. Kamu bisa mengkreasikannya dengan memanggang adonan Dalgona. Bahan-bahan yang dibutuhkan seperti black tea, gula, air mendidih, parchment paper, susu cair, serta es batu. Berikut ini video untuk cara membuat Dalgano Milk Tea.

Perbedaan antara Dalgona Coffee dengan varian lainnya terletak pada bahan yang digunakan. Kamu bisa menggunakan bahan apa saja sesuai dengan keinginan. Tidak ada yang berbeda dari cara membuat Dalgona. Simple dan mudah dibuat walaupun kamu bukan seorang barista seperti di kafe. Selamat mencoba!

Bagaimana dampak kesehatan meminum Dalgona Coffee?

Sejauh ini belum ada penelitian yang mengungkap tentang dampak meminum Dalgona Coffee bagi kesehatan. Namun seperti yang kita tahu bahwa kopi memiliki manfaat untuk meningkatkan energi dan membakar lemak. Sementara susu mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Itu merupakan manfaat apabila kita rasakan apabila meminum Dalgona Coffee.

Akan tetapi mengingat bahan yang digunakan banyak mengandung gula, maka dari itu perlu diperhatikan takaran bahan untuk satu gelas Dalgona Coffee. Bagi yang memiliki riwayat diabetes, kamu haruslah benar-benar jeli saat sedang meraciknya. Pilihlah gula yang baik untuk kesehatan serta susu yang memang rendah lemak. Buat Jakmallers yang tidak memiliki riwayat diabetes pun sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsinya agar tetap menjaga kesehatan.


Itu dia sejumlah informasi penting yang harus kamu ketahui tentang trend minuman kekinian 2020 ini. Sekarang jadi gaperlu bertanya-tanya lagi kan apa itu Dalgona Coffee dan asal usul Dalgona Coffee.

Yuk ajak orang di rumah buat nyobain resep Dalgona Coffee tanpa mixer. Sekalian mengisi waktu luang biar gak bosen saat cuma #DiRumahAja!

Beli barang apapun dapat Diskon 15% hingga 50rb, bayar pakai e-Pay BRI di Jakmall!

Baca juga artikel menarik lainnya di sini!