Apakah Parabola Bisa Memakai Set Top Box? STB Combo Solusinya

Penggunaan parabola di tengah migrasi siaran digital sempat menjadi perbincangan. Tetap bisa digunakan?

Apakah Parabola Bisa Memakai Set Top Box? STB Combo Solusinya
Image Source: Unsplash

Menurut artikel Sejarah TV Digital, siaran TV digital mengudara sejak tahun 1990-an. Setelahnya, sistem TV digital banyak diterapkan di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Seperti yang kita tahu, sosialisasi peralihan ke siaran TV digital di Indonesia menjadi semakin serius sejak tahun 2019.

Sebelumnya, banyak masyarakat yang menggunakan parabola untuk menayangkan beragam konten dengan tampilan berkualitas. Setelah siaran TV digital diberlakukan, muncul pertanyaan apakah pengguna parabola juga bisa menikmati siaran TV digital? Jika kamu memiliki pertanyaan yang sama, yuk kita ulas mengenai penggunaan parabola di tengah siaran TV digital di bawah ini.

Perbedaan Parabola dan Antena

Pernahkah kamu terpikirkan bagaimana caranya TV menampilkan tayangan? Jawabannya adalah melalui sinyal. Setelah tayangan dibuat, sinyal dari pemancar akan menyebarkan tayangan tersebut. Antena atau parabola akan menangkap sinyal tersebut dan menampilkannya untukmu.

Perbedaan antara antena dan parabola adalah sinyal yang digunakan. Antena menggunakan sinyal darat (terrestrial), sedangkan parabola menggunakan sinyal langit (satelit). Jika format tayangan adalah digital, maka kita bisa menyebut sinyal darat sebagai DVB-T2 dan sinyal langit sebagai DVB-S2. Angka di belakangnya merujuk pada generasi.

Jika berbicara tentang siaran TV digital lokal, maka sinyal yang digunakan adalah DVB-T2. Berarti pengguna parabola tidak bisa menonton siaran digital dong, kan sinyal parabola adalah DVB-S2? Kalau patokannya adalah jenis sinyal, maka jawabannya adalah tidak bisa.

Tapi jangan bersedih dulu, pengguna parabola tetap dapat menonton siaran TV digital dengan dua cara, loh. Yuk kita ulas kedua cara tersebut pada bagian selanjutnya.

Receiver Parabola Tangkap Siaran Digital

Pengguna parabola pasti tidak asing lagi dengan alat yang disebut receiver parabola. Meskipun mirip set top box, tetapi keduanya adalah alat yang berbeda. Untuk menggunakan parabola, umumnya harus menyediakan receiver parabola. Dengan receiver, sinyal DVB-S2 yang ditangkap oleh parabola bisa ditampilkan di TV.

Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa menonton siaran TV digital tanpa melepaskan parabola? Caranya adalah dengan menambahkan antena dan hubungkan dengan port antena yang ada pada receiver. Perlu dicatat bahwa tidak semua receiver parabola memiliki port antena UHF.

Kamu dapat menggunakan antena luar ruangan atau dalam ruangan. Yang perlu kamu pastikan sebelum membeli antena adalah adanya port antena pada receiver parabolamu. Jika terdapat port antena UHF pada receiver parabolamu, maka kamu bisa menikmati siaran TV digital.

Kamu juga tidak perlu khawatir kehilangan siaran dari parabola. Biasanya, kamu hanya perlu mengatur penggunaan sinyal. Itu artinya kamu dapat mengalihkan tayangan siaran digital dari antena ke parabola atau sebaliknya di dalam satu TV.

Set Top Box Combo

Cara yang kedua adalah solusi untuk receiver parabola yang tidak memiliki antena UHF. Kamu dapat menggunakan set top box combo atau yang biasa disebut STB combo. Pada dasarnya, STB berfungsi untuk menerjemahkan sinyal digital dan menampilkannya pada TV analog. Lalu apa itu STB combo?

STB biasa sudah pasti memiliki port antena UHF. Sementara STB combo menambahkan satu buah port lagi, yakni port parabola. Konsepnya sama seperti receiver parabola yang memiliki port antena UHF. Itu artinya, STB combo mampu menangkap sinyal DVB-T2 dan juga DVB-S2.

Umumnya, kamu hanya perlu mengalihkan penggunaan sinyal melalui pengaturan di televisi. Namun beberapa STB combo dibekali fitur dimana saluran dari kedua sinyal dapat dijadikan satu. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengalihkan penggunaan sinyal saat menonton TV.

***
Itulah dua cara yang bisa kamu coba agar parabola tetap dapat digunakan meski ingin menonton siaran TV digital. Salah satu produk STB combo yang patut kamu pertimbangkan adalah Taffware Bien5. STB combo dengan prosesor CT6001 ini memiliki kinerja yang baik. Kamu dapat menikmati tampilan berkualitas dengan dengan resolusi 1080P dan kompresi video H.264. Segera dapatkan produknya sebelum kehabisan!