Bagaimana Cara Meningkatkan Kecepatan Mengetik?

Dengan kecepatan mengetik yang tinggi, kamu bisa menghemat waktu dan bekerja lebih cepat.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kecepatan Mengetik?
Image Source: Freepik

Meningkatkan kecepatan mengetik atau WPM (word per minute) bisa menjadi skill yang sangat berguna di dunia kerja. Dengan kecepatan mengetik yang tinggi, kamu bisa menghemat waktu dan bekerja lebih cepat. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan mengetik.

Menempatkan Jari di Tombol yang Tepat

Ketika kamu ingin melatih kemampuan mengetik, posisi awal jari pada keyboard harus diperhatikan. Posisi jari dasar yang biasa digunakan adalah menempatkan jari tangan kiri di huruf A, S, D, dan F serta jari tangan kanan di huruf J, K, L, dan tanda titik koma (;). Persiapkan kedua jempolmu di area tombol space dan alt.

Image Source: Freepik

Gunakan posisi dasar ini dan usahakan jari-jari kamu untuk tetap berada di posisi huruf tersebut. Namun seiring berjalannya waktu. Kamu bisa menggunakan posisi jari yang berbeda sesuai dengan kenyamanan. Karena pada intinya, posisi dasar ini digunakan untuk membuat jari-jari tangan terbiasa dengan tata letak keyboard.

Jangan Melihat Keyboard

Image Source: Freepik

Coba fokuskan pandangan ke arah monitor agar jari-jarimu lebih cepat terbiasa dengan tata letak keyboard. Saat memulai untuk pertama kali, jarimu pasti akan terasa kaku dan mudah pegal. Namun, jika kamu terbiasa mengetik dengan melihat keyboard, kamu akan mengalami kesulitan untuk mendeteksi typo atau kesalahan mengetik. Dengan berfokus ke arah monitor, kamu bisa mendeteksi typo dengan lebih mudah dan jari-jari tangan akan lebih cepat mengingat posisi keyboard.

Gunakan Posisi Duduk yang Tepat

Image Source: Freepik

Kombinasi posisi meja, sudut keyboard, dan tinggi kursi dapat mempengaruhi kecepatan mengetik. Dengan posisi tangan yang nyaman, kamu bisa mengetik dengan lebih lama tanpa perlu merasa pegal. Terdapat berbagai jenis kursi kantor dan variasi keyboard yang bisa kamu pilih sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhanmu.

Pilih Keyboard yang Pas

Image Source: Freepik

Di pasaran terdapat berbagai jenis keyboard dengan ukuran tombol yang berbeda, jarak antar tombol yang bervariasi, hingga posisi tombol yang unik. Kamu bisa fokus ke satu buah keyboard dengan penempatan tombol yang cenderung standar sebagai keyboard latihan. Saat sudah menguasai teknik mengetik yang sesuai dengan kenyamananmu, kamu pun nantinya akan bisa mengetik di berbagai jenis keyboard.

Terus Latihan

Image Source: Freepik

Mengetik dengan kecepatan 100 WPM dalam waktu satu malam adalah hal yang mustahil. Untuk itu, kamu perlu berlatih secara terus-menerus dan konsisten. Sisihkan waktu 1 atau 2 jam setiap harinya untuk berlatih mengetik. Karena pada dasarnya, kemampuan mengetik berkaitan dengan muscle memory sehingga ketika kamu sudah mampu mengetik dengan cepat, maka kemampuan ini tidak akan mudah hilang.

Kamu bisa menggunakan website-website khusus seperti Typing Test, Type Online, Rapid Typing, dan lain-lain. Kamu juga bisa mencoba mengetik artikel atau sekedar menulis kata-kata yang ada di pikiranmu dengan cepat.

Meningkatkan kecepatan mengetik akan memudahkan berbagai macam pekerjaanmu. Skill ini sangat cocok untuk kamu yang bekerja di kantor dan duduk di depan monitor seharian. Kemampuan mengetik cepat merupakan sebuah aset underrated yang bisa saja menjadi poin tambahan ketika kamu ingin bekerja di suatu tempat baru