Baik Buruk Es Buah Sebagai Menu untuk Berbuka Puasa

Apakah es buah baik untuk berbuka? Di bulan puasa ini, ada baiknya untuk memperhatikan es buah yang kamu konsumsi demi kesehatan di jangka panjang.

Baik Buruk Es Buah Sebagai Menu untuk Berbuka Puasa
Source: Cookpad

Siapa yang tidak tahu es buah? Hidangan manis dan menyegarkan ini menjadi pilihan utama banyak orang sebagai menu berbuka puasa. Variasi isi buah yang bisa digonta-ganti juga menjadi alasan mengapa es buah diminati semua kalangan. Namun, apakah kamu tahu bahwa es buah tidak sepenuhnya menyehatkan?

Komposisi Es Buah

Source: Much Butter

Di Indonesia, es buah dikenal sebagai hidangan segar yang khas dengan rasa kuah sirup dan kental manis yang begitu kuat. Kombinasi ini membuat “kuah” dari es buah sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu buka puasa.

Sementara untuk buah-buahan dalam es buah bisa diganti-ganti dan divariasikan sesuai dengan selera. Kebanyakan orang menggunakan buah-buahan dengan tekstur yang agak keras seperti kelapa, apel, mangga, dan juga anggur. Namun, beberapa variasi es buah juga memiliki buah-buahan bertekstur lembut seperti buah naga, pisang, dan alpukat.

Jual MYVIT Parutan Serbaguna Penampung Slicer Draining Basket -
Perlengkapan Dapur & Alat Masak MYVIT Parutan Serbaguna Penampung Slicer Draining Basket - PJ494 harga Rp 75.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Jika kamu mencari-cari resep es buah di internet, tidak akan ada komposisi yang tetap. Jenis buah yang dimasukkan bisa diganti sesuai dengan selera. Komponen utama dalam es buah adalah campuran sirup dan susu kental manis. Kamu bisa bereksperimen untuk menggunakan sirup yang berbeda, atau bisa juga menambahkan bahan tambahan seperti ekstrak vanila dan susu cair.

Kandungan Gizi Es Buah

Source: Freepik

Kandungan utama di dalam es buah yang perlu kamu perhatikan adalah gula. Kombinasi sirup dan susu kental manis saja sudah memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Belum lagi tambahan gula dari buah-buahan yang kamu gunakan. Karena itu, hidangan ini cocok dinikmati untuk berbuka puasa dan meningkatkan kadar gula darah yang turun selama berpuasa.

Perlu digarisbawahi, kandungan gula yang tinggi ini juga meningkatkan resiko penyakit diabetes, melonjaknya insulin secara tiba-tiba, hingga kegemukan. Oleh karena itu, kamu bisa mengatur jumlah pemanis buatan di dalam es buah. Kurangi pemakaian sirup dan susu kental manis. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang lebih alami seperti air kelapa, gula putih normal, dan pewarna makanan agar tampilan es buah lebih menarik.

Untuk buah yang dipakai, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Jika kamu ingin melancarkan pencernaan, kamu bisa menambahkan apel dan pisang. Jika kamu butuh lemak baik, maka alpukat bisa menjadi solusi yang tepat. Berkat kuah susu kental manis dan sirup, rasa-rasa buah yang kamu gunakan tidak akan bercampur sehingga kamu bebas memilih buah yang diinginkan.

Secara umum, es buah bisa menjadi menu buka puasa yang tepat untuk melepas dahaga, serta memenuhi kebutuhan vitamin dan serat. Kandungan vitamin dan mineral menyehatkan dari berbagai buah yang kamu gunakan membuat es buah cocok sebagai menu berbuka harian. Kamu hanya perlu memperhatikan asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Kurangi menu tinggi gula atau karbohidrat jika kamu memutuskan untuk berbuka dengan es buah. Dengan begitu, kamu bisa merasakan nikmatnya es buah dengan efek samping yang minim di kemudian hari.