Bau Tengik? Ini Cara Ampuh Menghilangkan Bau Kaki yang Bisa Dilakukan di Rumah

Bau kaki bisa muncul dari keadaan lembap dan kondisi kaki yang kotor. Cara-cara berikut ini bisa kamu gunakan untuk meminimalisir dan mencegah kembalinya bau kaki.

Bau Tengik? Ini Cara Ampuh Menghilangkan Bau Kaki yang Bisa Dilakukan di Rumah
Image Source: Freepik

Bau kaki merupakan salah satu masalah yang sangat mengganggu kenyamanan saat kamu sedang berada di rumah ataupun tempat umum. Bau kaki yang menyengat biasanya disebabkan karena sepatu yang lembap, kuku kaki yang kurang terawat, serta jarang mencuci kaki setelah beraktivitas di luar seharian. Berikut ini ada beberapa cara untuk menghilangkan bau kaki yang bisa kamu lakukan di rumah.

Merendam Kaki

Merendam kaki dapat mencegah kondisi kulit kaki yang terlalu lembap. Kelembapan ini dapat memicu hadirnya bakteri penyebab bau. Untuk mencegah bau kaki, ada dua jenis bahan yang bisa kamu larutkan saat merendam kaki.

Image Source: Freepik

Pertama, kamu bisa menggunakan larutan garam. Garam yang paling efektif untuk menghilangkan bau kaki adalah garam epsom. Tuang sekitar setengah gelas garam ke dalam baskom air hangat, lalu rendam kaki selama 10-20 menit. Larutan garam ini akan menarik kelembapan pada kaki sehingga kulit akan terasa lebih kesat dan bebas bau.

Kedua, kamu bisa menggunakan larutan cuka. Campurkan air dan cuka dengan perbandingan 2:1, setelah itu rendam kaki selama 15-20 menit. Kamu bisa melakukan perendaman kaki ini sekali dalam seminggu agar kulit kaki tidak menjadi kasar atau kering.

Usahakan Kaki Tetap Kering

Image Source: Freepik

Kelembapan merupakan penyebab utama bau kaki, apalagi jika kamu sering menggunakan kaos kaki dan sepatu. Untuk itu, kamu bisa menyiapkan kaos kaki dengan daya serap keringat yang baik. Biasanya, kaos kaki olahraga aman digunakan dan jarang menimbulkan bau.

Material katun merupakan material yang tepat karena memiliki daya serap keringat dan sirkulasi udara yang baik. Karena itu, carilah kaos kaki dengan material katun untuk menghindari bau kaki berlebih.

Bersihkan Sepatu Secara Berkala

Image Source: Freepik

Jika kamu sudah rajin membersihkan kaki dan menggunakan kaos kaki, namun masih merasakan bau kaki, mungkin masalahnya ada di sepatumu. Bagian dalam sepatu yang lembap dapat menjadi sarang bakteri penyebab bau. Karena itu, membersihkan bagian dalam sepatu secara rutin bisa menjadi solusi.

Perhatikan juga kondisi sepatu setelah hujan. Bagian dalam yang lembap bisa kamu keringkan dengan cara dijemur atau menggunakan pengering khusus sepatu. Pengering ini biasanya memiliki bentuk ringkas yang dapat dimasukkan ke bagian dalam sepatu. Dengan begitu, sepatumu akan tetap kering.

Gunakan Penghilang Bau

Image Source: Freepik

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan penghilang bau sejenis kamper dan meletakkannya di dalam sepatu. Kamper dapat menyerap kelembapan dengan efektif sehingga bau pada sepatu dapat diminimalisir.

Selain menggunakan kamper, kamu juga bisa menggunakan semprotan desinfektan dengan kandungan ethanol. Kandungan ini dapat membunuh bakteri penyebab bau kaki sehingga sepatumu akan lebih nyaman untuk digunakan. Setelah disemprot, keringkan bagian dalam sepatu agar tidak lembab.

***
Bisa disimpulkan bahwa bau kaki dapat muncul dari keadaan lembap dan kondisi kaki yang kotor. Cara menghilangkan bau kaki di atas bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Jaga kondisi sepatu dan kaki agar tetap bersih dan kering untuk mencegah kembalinya bau kaki.