Bikin Candu, Ini Alasan Orang Lebih Suka Bermain Game

Selain dapat menghilangkan stres, bermain game juga bisa menjadi media komunikasi yang entertaining untuk dilakukan bersama teman-teman.

Bikin Candu, Ini Alasan Orang Lebih Suka Bermain Game
Image Source: Freepik

Siapa yang tidak suka bermain game? Game merupakan sebuah sarana yang bisa kamu akses kapan saja untuk menghilangkan stres dan mencari kesenangan. Saking serunya bermain game, banyak orang yang kecanduan dan harus bermain game selama beberapa jam dalam satu hari. Tidak hanya seru, sebenarnya ada faktor lain yang membuat orang suka bermain game.

Hiburan Murni

Image Source: Freepik

Apa yang dicari orang-orang saat bermain game? Tentu saja hiburan. Hiburan digunakan untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan rasa bosan. Mengalahkan monster besar, membunuh banyak musuh dalam waktu singkat, hingga mendapatkan senjata terkuat di dalam game dapat memberikan keseruan yang tidak bisa diberikan oleh media hiburan lain.

Keseruan lainnya yang di dalam game adalah karena kamu akan masuk ke dunia lain, di mana kamu bisa menggunakan pedang besar, menggunakan sihir, hingga menembak senjata-senjata canggih dan mematikan. Game menciptakan keseruan yang murni karena kamu dapat mengimplementasikan imajinasimu secara langsung.

Saat kamu berada di dalam dunia game, kamu akan melupakan masalah di dunia nyata dan menghilangkan stres. Bermain game dapat menjadi kegiatan yang baik untuk menyegarkan otak dan pikiran. Dengan begitu, kamu tidak akan stres dan dapat produktif kembali. Namun, usahakan untuk bermain game dengan porsi tepat agar tidak memakan sebagian besar waktumu.

Ada Progress dalam Game

Image Source: Freepik

Progress di dalam game bermacam-macam, tergantung dari jenis permainan yang kamu mainkan. Namun pada dasarnya, progress atau kemajuan dalam game itu benar adanya. Contoh yang paling mudah bisa kamu lihat saat kamu push rank di game Mobile Legends. Sistem rank yang beragam dan bertingkat membuatmu ingin terus bermain dan meningkatkan posisi rank-mu.

Selain sistem rank, ada juga sistem level. Sistem ini mengharuskanmu untuk semakin mahir dalam sebuah game agar mampu menembus level yang lebih tinggi. Ketika sudah mencapai level tertentu, biasanya ada fitur di dalam game yang bisa kamu akses. Kamu pun dapat lebih menikmati dan semangat untuk bermain berkat fitur-fitur baru yang muncul setelah mencapai level tertentu.

Mendapatkan achievement di dalam game dapat memberikan rasa senang. Perasaan ini mirip dengan apa yang kamu rasakan setelah berhasil mencapai target olahraga. Sensasi pencapaian atau sense of accomplishment ini tentunya memiliki dampak positif jika dilakukan sesuai dengan porsinya.

Eksplorasi dan Kebebasan

Image Source: Freepik

Kabur dari kenyataan merupakan salah satu alasan mengapa game menjadi sangat disukai oleh banyak orang. Kapan lagi kamu bisa mengeksplorasi kuil-kuil di bawah laut? Kapan lagi kamu pergi ke luar angkasa dengan robot canggih? Semua bisa kamu lakukan dengan mudah di dalam game.

Kebebasan dan eksplorasi di dalam game juga dihadirkan dengan resiko yang minimal. Kamu tidak akan mencederai tubuh ataupun merasakan apa yang dirasakan karakter di dalam game. Dengan begitu, kamu bisa benar-benar melakukan eksplorasi dan mencoba banyak hal baru untuk menciptakan keseruan yang bisa kamu nikmati.

Selain itu, kamu juga bisa belajar banyak hal di dalam game. Faktanya, banyak game-game eksploratif yang mengimplementasikan logika di dunia nyata ke dalam game. Sebagai contoh, saat karaktermu masuk ke daerah bersalju, karaktermu akan kedinginan. Logika-logika ini bisa menjadi hiburan edukatif yang menyenangkan karena bisa kamu lakukan dengan bebas.

Konektivitas dan Kehidupan Sosial

Image Source: Freepik

Game-game online dapat mendukung kebutuhan sosialmu. Di dalam game online, biasanya terdapat sistem pertemanan. Sistem ini dapat membantumu untuk bermain bersama teman ataupun menambah teman baru. Ketika kamu bermain game dengan teman, sensasi atau keseruan yang kamu dapatkan akan menjadi lebih menyenangkan. Inilah alasan kenapa orang beramai-ramai berkumpul di warkop atau cafe untuk bermain Mobile Legends.

Berinteraksi melalui game juga bisa menjadi sarana yang tepat untuk kamu yang tidak gemar pergi ke luar rumah. Cukup masuk ke game favoritmu di PC, smartphone, ataupun konsol, lalu berinteraksi dengan teman secara online. Selain permainan menjadi lebih seru, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan sosial dengan berinteraksi dengan teman di dalam game.

Dari semua poin yang sudah dijabarkan, tidak heran jika banyak orang kecanduan bermain game. Selain dapat menghilangkan stress, bermain game juga bisa menjadi sarana hiburan yang baik, serta menjadi media komunikasi yang entertaining untuk dilakukan bersama teman-teman.