Bukan Sekedar Mainan?! Ini yang Perlu Kamu Tahu tentang Mainan Fidget

Mainan fidget bisa menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan fokus, mengurangi distraksi, dan meredakan stres.

Bukan Sekedar Mainan?! Ini yang Perlu Kamu Tahu tentang Mainan Fidget
Image Source: Freepik

Apakah kamu termasuk orang yang hobi memainkan pulpen? Pernahkah kamu membuka tutup handphone flip jadul berulang-ulang? Tanpa kamu sadari, kamu sedang menjadikan sebuah barang menjadi mainan fidget. Seiring berjalannya waktu, kini mainan fidget sudah bisa ditemukan di banyak tempat.

Mainan fidget merupakan jenis mainan yang dapat dimainkan dengan satu tangan. Biasanya, kamu tidak perlu melihat langsung ke arah mainan sehingga tanganmu akan merasakan sensasi pergerakan mainan secara otomatis dan terus menerus sambil melakukan hal lain. Sensasi yang dihasilkan meliputi gerakan buka tutup, daya tarik magnet, putaran, suara klik benda, dan lain-lain.

Sebelum kamu mencoba mainan fidget, ada baiknya untuk mengetahui hal-hal dasar yang berhubungan dengan mainan fidget.

Melatih Fokus dan Konsentrasi

Image Source: Freepik

Menurut berbagai macam penelitian, mainan fidget terbukti dapat membantumu dalam mengatasi distraksi. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih mudah untuk berkonsentrasi dan fokus. Saat sedang merasa bosan, stres, atau gelisah, tubuh dapat melakukan berbagai macam respon.

Salah satu responnya adalah melakukan gerakan kecil seperti menggigit kuku, menggerakkan kaki, dan semacamnya. Nah, disinilah peran mainan fidget. Mainan fidget merupakan sarana untuk menyalurkan hasrat tersebut sehingga distraksi akan menghilang dan kamu dapat kembali fokus. Dengan mengalirkan distraksi dan rasa gelisah ke mainan, produktivitas dapat meningkat.

Karena otakmu terfokus untuk memainkan mainan fidget, maka pikiran-pikiran liar dan distraksi tidak akan mudah masuk. Mainan fidget cocok dimainkan ketika kamu sedang berkonsentrasi bekerja di depan komputer, mendengarkan meeting, atau saat berada di tempat umum.

Pertimbangan Memilih Mainan Fidget

Image Source: Freepik

Saat memilih mainan fidget, kamu perlu mengetahui beberapa hal. Pertama, cari tahu kemampuan motorik tanganmu. Apakah kamu mampu melakukan gerakan mikro pada jari? Apakah kamu mampu memutar benda besar di tangan?

Kemampuan motorik diperlukan karena jika kamu terlalu fokus untuk memainkan mainan fidget, produktivitas malah akan berkurang karena mata dan tanganmu tertuju ke bagaimana cara memainkan mainan fidget.

Kedua, cari tahu sensasi apa yang membuatmu terasa candu. Apakah bunyi-bunyian? Apakah gerakan mengayun yang terkesan bebas? Atau mungkin kamu gemar sensasi menempel dari dua buah magnet? Dengan mengetahui sensasi seperti apa yang kamu suka, maka efek dari mainan fidget akan semakin terasa.

Ketiga dan terakhir, pilih mainan yang berukuran kecil dan bisa dimainkan dengan satu tangan. Tujuan utama dari mainan fidget adalah untuk meredakan stress dan menjagamu agar tetap fokus. Karena itu, kamu memerlukan mainan yang bisa dibawa ke mana pun kamu pergi. Pilih mainan fidget dengan ukuran tidak lebih besar dari telapak tanganmu. Dengan begitu, kamu dapat memainkan mainan fidget dengan lebih mudah.

Jenis-Jenis Mainan Fidget

Image Source: Jakmall

Jika kamu senang dengan sensasi memutar benda, kamu bisa menggunakan mainan cube spinner ini. Dengan ukuran yang kecil, kamu bisa memainkan cube spinner ini di antara jari-jari tangan dengan mudah. Cukup jepit bodi cube dengan dua jari, lalu putar bagian tengahnya. Gerakan memutar ini bisa kamu lakukan berkali-kali dengan gerakan minimal.

Image Source: Jakmall

Mainan ring fidget magnetik bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang gemar mengayunkan benda dan merasakan sensasi tarikan magnetik. Biasanya, ring fidget magnetik berisi 3 atau lebih ring. Dengan begitu, kamu bisa menyambungkan 2 atau lebih ring dan memainkan sejumlah ring sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan.

Image Source: Jakmall

Memencet atau menekan sesuatu yang lembut dapat mengurangi stres dan memberikan rasa tenang. Mainan pop it bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan sensasi tersebut. Terdapat beragam ukuran pop it yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Mainan bukan sekedar mainan. Mainan fidget bisa menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan fokus, mengurangi distraksi, dan meredakan stres. Gunakan mainan fidget dengan ukuran yang tepat agar kamu dapat memainkannya dengan mudah.