Bukan Sekedar Tajam, Inilah Tips Memilih Pisau Untuk Kebutuhan Dapur

Memilih pisau yang tepat akan membuat proses pemotongan menjadi lebih cepat dan mudah. Lalu, apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih pisau?

Bukan Sekedar Tajam, Inilah Tips Memilih Pisau Untuk Kebutuhan Dapur
Image Source: Unsplash

Pisau merupakan salah satu peralatan dapur yang wajib dimiliki untuk membantu proses memotong berbagai jenis bahan makanan. Memotong daging, sayuran, dan berbagai jenis bumbu dapur tidak dapat dilakukan dengan baik kecuali dengan menggunakan pisau.

Pisau yang baik utamanya harus memiliki ketajaman yang tinggi agar proses memotong jadi lebih mudah dan cepat. Namun, tidak hanya dari sisi ketajamannya saja, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih pisau. Berikut tips memilih pisau yang bisa Anda pertimbangkan.

Tentukan Penggunaan Pisau

Meski secara umum pisau memiliki fungsi sebagai alat pemotong, Anda harus menentukan terlebih dahulu kegunaan utama pisau. Pasalnya, pisau memiliki beragam jenis yang berbeda, baik dari segi ukuran, bentuk dan fungsinya.

Apabila Anda ingin menggunakan pisau untuk memotong daging, Anda butuh sebuah pisau daging dengan mata pisau yang besar dan kuat. Apabila Anda butuh pisau untuk memotong roti, Anda butuh pisau roti yang memiliki gerigi tipis pada bagian bawahnya.

Akan sangat sulit apabila Anda menggunakan pisau roti untuk memotong daging ataupun sebaliknya. Dengan demikian, memilih sebuah pisau berdasarkan penggunaannya merupakan hal yang wajib Anda perhatikan sebelum membeli sebuah pisau.

Perhatikan Material Mata Pisau

Material mata pisau juga perlu Anda perhatikan saat memilih sebuah pisau untuk kebutuhan dapur. Di pasaran, tersedia berbagai jenis pisau dengan material mata pisau yang berbeda seperti bahan keramik, stainless steel dan juga baja karbon. Ketiga jenis material ini memiliki karakteristik tersendiri yang dapat Anda cermati sebelum membeli sebuah pisau.

Misalnya saja pisau berbahan stainless steel, pisau jenis ini memiliki ketahanan yang baik terhadap karat dan korosi sehingga lebih aman saat digunakan untuk memotong bahan makanan seperti daging, sayuran dan lainnya. Namun, pisau berbahan stainless steel lebih mudah tumpul terutama pada bagian tepinya.

Jual Huohou Pisau Dapur Kitchen Knife Bahan Keramik 6 Inch -
Perlengkapan Dapur & Alat Masak Huohou Pisau Dapur Kitchen Knife Bahan Keramik 6 Inch - HU0013 harga Rp 83.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Lain lagi dengan pisau berbahan keramik. Pisau yang satu ini lebih tahan lama dan tidak mudah tumpul. Material keramik membuatnya tahan karat dan tahan korosi sehingga perawatannya cenderung lebih mudah. Meski demikian, mata pisau berbahan keramik mudah pecah sehingga memiliki risiko seperti serpihan mata pisau keramik yang bisa saja menempel pada bahan makanan Anda.

Lain keramik, lain juga mata pisau berbahan baja karbon. Pisau berbahan baja karbon ini unggul dalam kekuatan dan ketajamannya. Selain itu, mata pisau jenis ini juga mudah diasah saat ingin menajamkan kembali mata pisaunya. Namun dalam segi perawatannya, mata pisau berbahan baja karbon lebih sulit karena mata pisau jenis ini cenderung mudah berkarat sehingga butuh perawatan khusus.

Pilih Gagang Pisau yang Tepat

Memilih gagang pisau yang tepat saat membeli sebuah pisau merupakan hal yang patut Anda perhatikan. Gagang pisau akan menentukan kenyamanan Anda saat memegang pisau. Gagang pisau yang nyaman akan meningkatkan kecepatan Anda saat memotong sehingga Anda bisa memotong lebih banyak dalam waktu yang singkat.

Pilihlah gagang pisau dengan bahan anti slip sehingga tangan dapat lebih solid saat memotong dan tidak mudah selip atau terpeleset. Ada berbagai jenis gagang pisau mulai dari gagang berbahan plastik, kayu dan logam. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perhatikan Jenis dan Ukuran Pisau

Ukuran dan berat pisau juga penting untuk Anda pertimbangkan. Pisau yang terlalu berat atau terlalu besar dapat membuat Anda cepat lelah saat menggunakannya, sementara pisau yang terlalu kecil tidak efektif untuk memotong jenis makanan yang ukurannya besar. Pilihlah pisau dengan ukuran dan berat yang sesuai untuk kebutuhan dapur Anda.

Jual ALLWIN Pisau Dapur Daging Tulang Boning Knife 4CR13 with
Perlengkapan Dapur & Alat Masak ALLWIN Pisau Dapur Daging Tulang Boning Knife 4CR13 with Holster - K-06 harga Rp 62.000 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Demikianlah tips memilih sebuah pisau dapur yang bisa Anda pertimbangkan. Dengan memilih pisau yang tepat tentunya akan membuat proses pemotongan jadi lebih cepat dan mudah. Berbagai jenis pisau beserta tempat penyimpanan dan alat pengasah pisau tersedia di Jakmall.com dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau.