Salah mencuci bisa bikin rugi!

Sepatu putih menjadi item yang banyak orang punya karena cocok dipadukan dengan berbagai macam outfit. Ada banyak sekali jenis sepatu putih yang disesuaikan dengan bahan dan kegunaannya. Sayangnya sebagian orang menerapkan perawatan yang sama pada semua sepatu putih mereka tanpa memahami jenis bahan sepatu. Hal ini membuat sepatu jadi cepat rusak karena tidak dirawat dengan semestinya.

Berikut ini adalah cara mencuci sepatu putih sesuai dengan jenis dan bahannya agar sepatu yang kamu punya awet dan mencegah kerusakan warna putih sepatu.

1. Cara membersihkan sepatu kanvas putih

Cara Membersihkan Sepatu Putih Sesuai Dengan Bahannya I image source : unsplash/@nqoe

Sepatu kanvas menjadi favorit banyak orang karena lebih fleksibel dan memiliki desain trendi. Sayangnya karena terlalu sering dipakai, sepatu kanvas lebih mudah kotor dan berubah warna. Untuk membersihkanya, yuk ikutin cara berikut ini:

  1. Kamu hanya butuh peralatan sederhana seperti cuka, baking soda dan secangkir air hangat.
  2. Campurkan ketiga bahan tersebut dan gosokan secara merata adonan tersebut ke sepatu putihmu dengan perlahan. Jika sepatu dalam keadaan super kotor, ganti air hangat dengan air dingin untuk mencegah noda meresap ke bahan kanvas. Mencuci sepatu putih dengan baking soda dapat mempermudah kotoran terangkat.
  3. Setelah itu, bilas sepatumu dan jemur. Sebaiknya hindari menjemur di bawah sinar matahari yang terik ya Jakmallers.

Tali Sepatu Converse original dengan diskon TERBESAR hingga 50%!

2. Membersihkan sepatu suede putih yang berbahan lembut

Cara Membersihkan Sepatu Putih Sesuai Dengan Bahannya I image source : straye

Bahan sepatu suede yang terlihat ringkih dibandingkan dengan bahan sepatu lain menjadi kekhawatiran tersendiri. Ini karena bahannya mudah menyerap cairan dan meninggalkan noda bercak yang menjadikannya tak terlihat menarik. Oleh karena itu, tidak disarankan mencuci sepatu ini dengan mesin cuci.

Mulai sekarang, kamu nggak perlu takut lagi untuk menggunakan sepatu suede milikmu karena Jakmall akan kasih tips gimana caranya membersihkan sepatu suede dengan benar.

  1. Sekotor apapun sepatu suede milikmu, hindari membersihkannya menggunakan air. Ia dapat merusak bahan sepatu suedemu yang super lembut.
  2. Siapkan alat-alat untuk membersihkan sepatu suede di antaranya adalah kuas khusus bahan suede, penghapus pensil, cuka, dan kain katun atau handuk yang sudah nggak terpakai lagi.
  3. Jika sepatu tidak terkena kotoran basah atau hanya kotor ringan, cukup menyikat sepatu dengan kuas suede satu arah hingga noda hilang.
  4. Apabila sepatu suede milikmu terkena kotoran sedang seperti jus jeruk atau air berwarna, kamu cukup mengeringkannya dengan handuk atau kain katun hingga kering. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan menyikat sepatu menggunakan kuas suede secara satu arah agar tekstur beludru kembali seperti semula.
  5. Sedangkan jika sepatu suede milikmu terkena noda berat seperti lumpur, kamu harus membersihkanya secara perlahan menggunakan handuk. Kemudian dilanjutkan dengan menggosok noda membandel memakai penghapus pensil dan cuka.

3. Cara membersihkan sepatu kulit putih agar tetap kece digunakan jangka panjang

Cara Membersihkan Sepatu Putih Sesuai Dengan BahannyaI image source: palisadanceboutique

Sepatu kulit adalah salah satu item yang harus dimiliki oleh penggila fashion. Walaupun terlihat kuat dan kokoh dibandingkan dengan bahan sepatu lainnya, sepatu kulit tentunya memiliki cara perawatan sendiri agar tetap awet. Berikut ini adalah tips membersihkan sepatu kulit putih agar tetap terlihat seperti baru.

  1. Siapkan peralatan khusus untuk membersihkan sepatu kulit seperti sabun khusus untuk kulit (saddle soap), sikat lembut, handuk kering atau kain katun kering.
  2. Jika sepatu terlihat kotor, bersihkan menggunakan kain katun atau handuk untuk menghilangkan semua debu atau kotoran.
  3. Setelah itu, basahi kain lalu tambahkan sedikit sabun khusus bahan kulit dan gosok secara perlahan.
  4. Pastikan kotoran sudah terangkat dari permukaan sepatu. Lalu, kembali bersihkan sepatu dengan kain kering untuk menghilangkan sisa sabun.
  5. Keringkan sepatu di tempat yang tak terkena sinar matahari langsung.

Nah itulah cara mencuci sepatu putih sesuai dengan jenis bahannya. Merawat sepatu dengan benar akan membuat sepatu yang kamu miliki semakin awet dan terlihat selalu seperti baru.

Klik buat dapetin sepatu putih terbaru atau koleksi sepatu lainnya dengan harga murah rasa pasar malam!

Yuk baca info menarik lainnya di Jakmall Blog :D