Infused water khas Ramadhan!

Siapa di sini yang udah nyobain cara membuat air nabeez dari kurma? Kalo belum, pas banget nih kamu dateng ke artikel ini. Karena bakalan kita bahas tentang serba-serbi dari olahan air nabeez kurma ini. Selama bulan Ramadhan, umat Islam emang dianjurkan banget untuk berbuka puasa dengan yang manis. Salah satunya dengan memakan kurma. Cuma kadang bosen ga sih kalo dimakan begitu doang?

Nah mungkin resep air nabeez kurma ini bisa jadi pilihan alternatif kamu saat mengonsumsi buah tersebut. Manfaat air nabeez saat puasa sendiri banyak banget untuk kesehatan kamu loh. Jadi stay tuned aja ya biar dapet info lengkap seputar cara membuat air nabeez kurma dan apa manfaat air nabeez saat puasa.

1. Apa itu air nabeez? Ini dia cerita dibalik minuman favorit Rasulullah SAW

Serba-serbi Cara Membuat Air Nabeez Kurma dan Manfaatnya | Image Source: Moslem Lifestyle

Selain biasa disantap langsung, Nabi Muhammad SAW juga memiliki cara sendiri untuk menikmati kurma. Asal-usul air nabeez sendiri berasal dari kebiasaan Rasulullah yang selalu merendam kurma atau kismis. Cara bikin air nabeez yang dilakukan beliau yaitu dengan merendamnya setelah salat Isya dan kemudian meminumnya di pagi hari. Hampir mirip dengan membuat infused water sih.

Jadi kalau ditanya apa itu air nabeez, maka jawabannya air nabeez adalah air rendaman dari bahan kurma atau kismis yang telah direndam dalam air matang semalaman. Minuman ini juga dapat disebut sebagai infused water kurma.

Sedikit info saja kalau kebiasaan membuat infused water memang sudah dikenal sejak lama dari zaman Rasulullah. Infused water kurma dibuat sebagai pengganti dari jenis buah-buahan yang lain. Menurut cerita (Hadis dari Abu Daud), Rasulullah sering menyuguhkan air nabeez kurma ketika ada tamu yang berkunjung ke rumahnya. Sunnah ini beliau lakukan karena air nabeez dianggap memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Gak sempet beli kurma? Cek di sini biar gaperlu ke supermarket lagi!

2. Rasakan 6 manfaat air nabeez saat puasa untuk menjaga kesehatan tubuh

Seperti yang sudah disebutkan bahwa air nabeez kurma ini memiliki khasiat bagi kesehatan. Terutama kalo kita meminumnya saat puasa seperti ini. Manfaat air nabeez saat puasa dapat menjadi detoks bagi racun dan antioksidan yang ada di dalam tubuh kita, sama halnya seperti kamu mengonsumsi infused water lainnya. Tapi selain itu, apa manfaat air rendaman kurma ini kalao dilihat lebih jauh?

a. Manfaat air nabeez kurma bagi pencernaan

Air nabeez kurma memiliki manfaat untuk mengurangi kadar asam lambung di perut dan menjaga kesehatan pencernaan. Manfaat air nabeez saat puasa ini sangat membantu buat kamu yang mungkin takut berpuasa karena maag. Kandungan serat yang tinggi di dalam kurma pun dapat membantu mencegah terjadinya sembelit. Inilah mengapa air nabeez kurma sangat cocok untuk dikonsumsi oleh siapa saja.

b. Manfaat air nabeez kurma untuk mengontrol kadar gula darah

Bagi penderita diabetes tidak perlu takut untuk meminum infused water kurma ini. Legit atau rasa manis yang terdapat di dalam kurma merupakan gula alami buah-buahan. Para ahli juga mengatakan bahwa manfaat air nabeez saat puasa juga berpotensi untuk mengendalikan kadar gula darah karena indeks glikemik kurma yang rendah. So, ga perlu takut nyobaik resep air nabeez kurma ini!

c. Manfaat air nabeez sebagai sumber energi

Berpuasa selama bulan Ramadhan membutuhkan tenaga yang cukup agar tetap dapat beraktivitas seperti biasanya. Jika asupan saat sahur tidak memenuhi kebutuhanmu, maka tubuh akan menjadi lemas saat di siang hari. Oleh karena itu, kalo ada yang nanya air nabeez sebaiknya diminum kapan, maka kamu dapat mengonsumsinya setelah makan sahur. Alhasil manfaat air nabeez kurma ini dapat menjadi sumber energi kamu untuk tahan berpuasa selama 12 jam.

d. Manfaat air nabeez dalam proses detoksifikasi tubuh

Alasan utama orang mau mengonsumsi infused water adalah agar membantu proses detoks terhadap racun yang ada di dalam tubuh kita. Manfaat air nabeez kurma ini sama halnya apabila kita meminum infused water dari bahan timun, lemon, stroberi, dan buah-buah lain. Dengan begini kamu ga bakalan bosen untuk menikmati manfaat air nabeez saat puasa.

e. Mencegah kanker dan mengurangi risiko terkena alzeimer

Manfaat air nabeez saat puasa ini sesungguhnya bisa dianggap sebagai investasi jangka panjang bagi kesehatan. Kandungan antioksidan flavonoid di dalam kurma berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel yang mengarah pada risiko kanker. Menariknya juga, resep air nabeez ini memiliki potensi untuk mengurangi potensi terkena alzeimer.

f. Manfaat air nabeez untuk ibu menyusui

Kandungan nutrisi di dalam infused water kurma dapat bermanfaat bagi ibu yang sedang menyusui. Ini karena kurma termasuk ke dalam substansi makanan pelancar ASI. Nutrisi di dalamnya seperti dietary fiber, karbohidrat, kalori, protein, zat besi, kalsium, zinc, vitamin A, dan K. Dengan begini, air nabeez untuk ibu menyusui kira-kira dapat dicoba dan dirasakan bagaimana khasiatnya.

3. Ikuti cara membuat air nabeez kurma yang benar berikut biar lebih mudah!

Serba-serbi Cara Membuat Air Nabeez Kurma dan Manfaatnya | Image Source: Info Ceria

Untuk melakukan cara bikin air nabeez saat puasa sebenarnya bisa berasal dari dua bahan, yaitu kurma dan kismis. Tinggal kamu sesuaikan saja sesuai dengan selera kamu. Berikut ini cara membuat air nabeez kurma yang benar dan apa saja yang perlu perhatikan saat mengonsumsi infused water kurma.

Alat dan bahan

  • Kurma atau kismis, disunnahkan dalam jumlah ganjil.
  • Wadah atau gelas tertutup.
  • Air putih matang.

Beli Toples Kaca Bening sebagai wadahnya di Jakmall!

Cara membuat air nabeez kurma atau kismis

  • Tuangkan air matang ke dalam wadah atau gelas tertutup.
  • Kupas dan buang biji kurma, lalu iris kecil-kecil.
  • Masukkan kurma yang sudah diiris ke dalam wadah berisi air tadi.
  • Tutup rapat dan diamkan selama 8-12 jam di dalam lemari es.
  • Air nabeez atau infused water kurma pun siap untuk dinikmati.
  • Jika Jakmallers menggunakan kismis, cukup lakukan cara membuat air nabeez kurma tadi namun tidak perlu mengiris-iris kismisnya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

  • Air nabeez sebaiknya diminum kapan? Lakukan cara membuat air nabeez kurma tadi pada malam hari supaya bisa kamu minum ketika sahur. Namun, air nabeez kurma juga tetap dapat dikonsumsi saat berbuka puasa.
  • Sebelum diminum, aduk terlebih dahulu agar kurma yang sudah lunak dapat tercampur dengan air.
  • Saat mencoba resep air nabeez, gunakan 1 jenis bahan saja, yaitu kurma atau kismis. Sebaiknya tidak mencampurkan kedua bahan tersebut.
  • Air nabeez kurma hanya dapat bertahan selama 1-2 hari saja. Setelah hari ke-3, air rendaman kurma akan menjadi arak dan haram untuk dikonsumsi.

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu langsung tertarik untuk mencoba cara membuat air nabeez kurma? Lumayan sih sebagai olahan lain dari kurma biar ga cuma dimakan begitu saja. Cocok kalo kamu ga begitu suka infused water lemon.

Manfaat air nabeez kurma saat puasa juga menarik untuk dirasakan. Yuk ajak orang di rumah untuk eksperimen cara bikin air nabeez kurma ini. Selamat mencoba!


Ada juga yang lebih seru selama Ramadhan! Nikmati banjir Promo Ramadhan Bersama Jakmall, belanja puas hati senanggg

Cari tahu info menarik seputar Ramadhan lain di sini!

Baca juga: Kumpulan Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi