Cara Membuat Kebun Mini Cantik untuk Rumah Minimalis

Ingin berkebun tetapi lahan rumah terbatas? Jangan pusing! Ikuti panduan, tips, dan trik berikut untuk menciptakan kebun mini impian.

Cara Membuat Kebun Mini Cantik untuk Rumah Minimalis
Image source: Freepik/freepik

Memiliki kebun, melihat tanaman hijau dan bunga warna-warni bermekaran di rumah selain menyegarkan mata juga akan meningkatkan mood. Sayangnya, tidak semua rumah terdapat kebun atau taman karena keterbatasan lahan, terlebih rumah dengan desain minimalis.

Jika kamu memiliki masalah seperti yang disebutkan di atas, jangan dulu bingung. Kamu masih bisa memiliki kebun atau taman namun dalam versi mini dengan indah dan nyaman sesuai impian.

Cara Membuat Kebun Mini

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan, tips, dan trik membuat kebun yang menarik dan menyegarkan terutama untuk rumah minimalis. Kamu akan melihat bagaimana langkah mengubah dan memanfaatkan ruang kecil menjadi tempat yang indah dan menenangkan.

Langkah 1: Perencanaan

Langkah 1: Perencanaan
Image source: Freepik/freepik

Sebelum kamu mulai menggali tanah, ada baiknya untuk merencanakan kebun mini yang akan dibuat. Tentukan lokasi terbaik di rumahmu yang menerima sinar matahari secara cukup. Ukur area yang tersedia dan buatlah sketsa sederhana tampilan kebun mini versimu. Pertimbangan elemen-elemen seperti tanaman, bunga, batu hias, atau dekorasi lainnya.

Kamu bisa memilih area seperti balkon untuk membuat kebun sayur atau buah-buahan. Manfaatkan rak tanaman untuk menata dan menopang tanaman-tanaman tersebut.

Jual HomeStyle Rak Tanaman Bertingkat Flower Stand Rack - H919-1
Dekorasi HomeStyle Rak Tanaman Bertingkat Flower Stand Rack - H919-1 harga Rp 235.300 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Bahkan kamu bisa membuat kebun mini dengan model vertikal sebagai solusi. Gunakan pot gantung minimalis atau botol plastik bekas dan tempel di dinding untuk menciptakan kebun secara vertikal yang menampilkan keindahan bunga atau tanaman hias di dalam rumah.

Langkah 2: Pemilihan Tanaman dan Persiapan Tanah

Langkah 2: Pemilihan Tanaman dan Persiapan Tanah
Image source: Unsplash/priscilladupreez

Langkah selanjutnya adalah pemilihan tanaman yang sesuai kebutuhan dan keinginan. Tanaman hias kecil, seperti kaktus mini, atau tanaman air cocok untuk ruang terbatas. Selain itu, kamu juga bisa menanam beberapa bunga kecil cantik seperti bunga lavender, bunga matahari mini, atau bunga kertas.

Pastikan juga tanah di kebun minimu memiliki drainase yang baik. Tambahkan pasir atau kerikil untuk meningkatkan drainase. Berikan pupuk organik untuk memberi nutrisi pada tanaman.

Apabila kamu berkeinginan menanam sayur-sayuran atau buah-buahan, kamu bisa menggunakan box planter untuk menempatkannya. Jangan lupa beri akses atau jalan saat mengatur box planter agar kamu mudah menjangkau setiap tanaman.

Jual WMO IK60426340 VANIL Stand tanaman dalam/luar ruang kayu
Furniture WMO IK60426340 VANIL Stand tanaman dalam/luar ruang kayu 74x27x67 cm harga Rp 989.900 dikirim dari Tangerang, Banten. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Langkah 3: Penataan dan Dekorasi

Langkah 3: Penataan dan Dekorasi
Image source: Freepik/freepik

Langkah ketiga adalah menambahkan unsur-unsur hardscape seperti batu hias, kerikil, atau pot tanaman cantik untuk memberikan struktur visual pada kebun. Beri juga elemen dekoratif seperti bebatuan, lampu taman mini, atau patung-patung kecil untuk memberikan sentuhan pribadi pada kebun.

Jika kamu kesulitan merawat tanaman berukuran kecil setiap hari, cobalah gunakan pot besar dan letakkan di halaman rumah untuk menampung beberapa tanaman dalam satu wadah.

Jual ZTree Lampu Hias Taman LED Fireworks Lights Solar Panel
Lampu Dinding & Tempel ZTree Lampu Hias Taman LED Fireworks Lights Solar Panel IP65 - Z600T harga Rp 33.800 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Langkah 4: Perawatan dan Penyiraman

Langkah 4: Perawatan dan Penyiraman
Image source: Unsplash/Giorgio Trovato

Terakhir, pastikan merawat kebun mini milikmu dengan baik. Airi tanaman sesuai dengan kebutuhan mereka, jangan terlalu sering atau terlalu sedikit. Periksa tanaman secara berkala untuk mencegah munculnya penyakit atau hama dan tangani segera jika terdapat masalah.

Nah, itu dia beberapa panduan, tips, dan trik membuat kebun mini di rumah minimalis yang akan meningkatkan estetika dan menambah elemen alam ke lingkungan tempat tinggalmu.

Perencanaan yang cermat dan perawatan yang tepat akan menciptakan kebun mini yang cantik dan menyenangkan serta dapat dinikmati keindahannya oleh kamu atau orang lain.

Selamat mencoba!