Cara Menggunakan Panci Presto yang Benar, Dijamin Empuk!

Cara Menggunakan Panci Presto yang Benar, Dijamin Empuk!
Image Source: valeria_aksakova

Bagi yang hobi kuliner pasti sudah tidak asing dengan bandeng presto. Menu yang khas dengan teksturnya yang lembut ini memang cocok dimakan bersama sepiring nasi hangat dan sayur bayam.

Namun, tahukah kamu ternyata nama bandeng presto berasal dari proses pengolahannya yang menggunakan panci presto. Penasaran dengan apa itu presto dan bagaimana cara menggunakannya? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Apa Itu Presto?

Apa Itu Presto
Image Source: senivpetro

Pressure cooker atau presto merupakan salah satu cara mengolah daging yang cukup populer.

Presto sendiri adalah metode memasak yang menggunakan tekanan air dengan alat khusus, yaitu panci presto berat yang tertutup sempurna. Cara ini digunakan untuk mengolah makanan keras menjadi lunak sehingga lebih mudah dikonsumsi.

Metode ini banyak digemari karena praktis dan dapat menghemat waktu hingga 70% dari durasi memasak yang seharusnya. Sehingga sangat cocok bagi kamu yang hanya memiliki waktu terbatas dan harus memasak dalam kapasitas besar.

Metode yang dapat membuat masakan lebih cepat matang ini juga dapat mempertahakan rasa serta nutrisi dari bahan makanan. Hal ini karena tekanan tinggi pada panci membuat air yang digunakan tidak menguap sepenuhnya, sehingga makanan yang dihasilkan tetap juicy dan tidak kering.

Menu makanan yang paling sering menggunakan metode ini adalah olahan daging seperti bandeng presto, atau sop daging, hingga sayuran seperti nangka.

Jual Super Pan Presto 7L Granite Coating
Perlengkapan Dapur & Alat Masak Super Pan Presto 7L Granite Coating harga Rp 389.000 dikirim dari Tangerang, Banten. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Cara Menggunakan Panci Presto yang Benar

Jika kamu baru pertama kali menggunakan panci presto, tak perlu khawatir karena Jakmall.com sudah merangkum bagaimana cara menggunakan panci presto yang benar beserta berbagai metodenya. Simak ulasan berikut ini!

1. Perhatikan Kondisi Panci & Bersihkan dengan Teliti

Perhatikan Kondisi Panci & Bersihkan dengan Teliti
Image Source: freepik

Saat menerima paket panci presto, hal yang wajib kamu lakukan adalah memeriksa kelengkapan dan kondisinya.

Pastikan tidak ada kerusakan atau ketakan apa pun ada tiap sisi panci presto, kemudian pastikan kesesuaian aksesori yang didapat dari apa yang tertera pada website, brosur, atau manual yang disertakan.

Langkah ini penting untuk menjamin panci presto yang kamu dapat dapat digunakan dengan normal, dan memastikan kenyamanan serta keamanan kamu.

Selanjutnya, kamu dapat mulai membersihkan panci presto serta aksesori secara menyeluruh di bawah air mengalir yang bersih dan detergen.

Meskipun kamu udah yakin banget kalau kemasan dan kotak yang didapat tertutup rapat, tetapi partikel kecil tentu bisa saja masuk. Pastikan tidak ada sisa debu atau kotoran yang menumpuk dari proses pengiriman hingga penyimpanan di gudang penjual.

Sebelum menggunakan panci presto, pastikan kering secara menyeluruh terlebih dahulu, ya.

Jual BOLDe Super Pan Presto Alu Series 7L
Perlengkapan Dapur & Alat Masak BOLDe Super Pan Presto Alu Series 7L harga Rp 339.000 dikirim dari Tangerang, Banten. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Lakukan Uji Coba Sebelum Digunakan

Lakukan Uji Coba Sebelum Digunakan
Image Source: senivpetro

Karena proses presto ini membutuhkan air, kamu wajib banget melakukan uji coba dengan menuangkan air ke dalamnya. Cara menggunakan panci presto yang benar ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kebocoran.

Selain itu, ketahui kapasitas air minimal dan maksimal yang disarankan dalam buku petunjuk yang kamu dapat serta jangan menggunakan takaran produk presto lain sebagai patokan kamu.

Hal ini berguna untuk menghindari pembakaran kering karena air terlalu sedikit, atau kemungkinan meluap karena air yang dituangkan terlalu banyak. Kedua situasi tersebut tentunya sangat berbahaya bagi kamu dan orang sekitar.

Meskipun orang Indonesia suka banget pakai takaran nenek moyang dalam dirinya sampai berkata "secukupnya", jangan sampai dalam hal ini kamu menerapkan hal tersebut, ya.

Selalu ingat bahwa setiap produk memiliki aturan pakainya sendiri dan nggak ada yang sama!

3. Ketahui Kapasitas Panci Presto yang Kamu Gunakan

Image Source: freepik

Selain membaca manual panci presto dengan cermat, seperti peringatan, tindakan keamanan, dan kapasitas air, hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah mengetahui berapa kapasitas panci presto.

Sama seperti kapasitas air, setiap panci presto memiliki ketentuan kapasitas makanan yang dapat diolah di dalamnya. Hindari menuangkan makanan terlalu sedikit atau terlalu banyak. Ketahui pula suhu api yang disarankan.

Hal ini tidak hanya berguna untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama menggunakan panci presto, tetapi juga menjamin makanan yang diolah dapat matang sempurna dengan rata.

Jual Oxone OX-2008 Pressure Cooker Alupress 8 Liter - Peralatan
Perlengkapan Dapur & Alat Masak Oxone OX-2008 Pressure Cooker Alupress 8 Liter - Peralatan Masak - Sil harga Rp 439.123 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

4. Perhatikan Cara dan Durasi Memasak

Image Source: freepik

Ketahui durasi memasak dari setiap bahan masakan yang kamu olah. Hal ini berguna untuk memastikan makanan dapat matang dengan sempurna dan rata.

Berbagai jenis daging dan sayur tentu memiliki tekstur dan ketebalan yang berbeda. Selain itu, kapasitas bahan masakan yang kamu masukkan pada panci presto juga menentukan kematangannya.

Potong bahan makanan dengan ukuran yang sama dapat membantu kamu memperoleh hasil yang maksimal, loh.

Selanjutnya, setelah matang, jangan buru-buru membuka panci presto. Perhatikanlah cara melepaskan tekanan dengan benar pada manual yang disertakan.

Selalu ingat bahwa pada proses presto ini berlansung, kamu tidak dapat memeriksa, mencicipi, atau menyesuaikan makanan. Pastikan untuk mematikan api terlebih dahulu, putar katup untuk melepas tekanan dengan sarung tangan anti panas.

Ingat untuk tidak membuka panci presto secara paksa, ya!

5. Bersihkan Sesuai dengan Langkah yang Disarankan

Image Source: freepik

Setelah melakukan cara-cara di atas, cara menggunakan panci presto dengan benar terakhir adalah mengetahu cara membersihkan panci presto.

Perhatikan bahan apa yang tidak boleh mengenai permukaan panci presto dan jenis alat apa yang harus digunakan untuk menjaga lapisan panci presto agar tidak lengket.

Biasanya kamu akan disarankan untuk tidak menggunakan bola baja untuk menghindari munculnya goresan. Bersihkan setiap lekukan dan sisi panci presto dengan air dan sabun cuci piring, kemudian pastikan kering secara menyeluruh.

Tidak lupa untuk menyimpannya pada tempat yang aman, kering dan memiliki ventilasi baik untuk menghindari munculnya karat.

Mencoba berbagai teknik dalam mengolah masakan memang menjadi kesenangan tersendiri. Pastikan kamu telah mengetahui setiap langkah dasar untuk memastikan keamanan dan kenyamanan dalam menghasilkan masakan terbaik untuk orang tersayang.

Selain panci presto Jakmall.com juga punya aneka pilihan alat masak, seperti gelas takar, teflon, dan air fryer yang siap membantu kamu mengolah berbagai makanan.