Yuk tetap berikan perhatian!

Saat masa-masa social distancing seperti sekarang, kita rentan terkena stres karena jenuh dan berbagai faktor lainnya. Banyak hal yang bisa meredakan stres. Salah satunya merawat dan bermain dengan hewan peliharaan.

Ada banyak pertanyaan, bagaimana seharusnya kita memperlakukan hewan peliharaan di saat pandemi corona terjadi di mana-mana? Berikut ini Jakmall.com telah merangkum cara merawat dan menghadapi hewan peliharaan pada masa social distancing.

1. Apakah hewan peliharaan berpotensi terkena coronavirus?

Merawat Hewan Peliharaan Saat Pandemi Corona | Image Source: Twitter

Menurut WHO Indonesia, hingga saat ini belum ada bukti yang menyebutkan jika hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dapat menyebarkan atau tertular coronavirus (Covid-19).

Dilansir dari pikiranrakyat.com, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan menyebutkan jika virus corona yang menyerang binatang berbeda dengan virus corona yang menyerang manusia (Covid-19). Virus alpha corona yang menyerang hewan mengganggu pencernaan, sedangkan Covid-19 menyerang pernapasan.

Walaupun begitu, sebaiknya tetap mencuci tangan sesudah kontak langsung dengan hewan peliharaan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terkena bakteri seperti E.coli dan Salmonella.

2. Bagaimana cara kita merawat hewan peliharaan saat social distancing?

Merawat Hewan Peliharaan Saat Pandemi Corona | Image Source: Facebook spidey.adventure

Imbauan pemerintah untuk melakukan social distancing tidaklah membawa dampak yang cukup besar untuk hewan peliharaan. Hal yang harus diperhatikan adalah memastikan ketersediaan makanan yang cukup, ketersediaan air bersih, kebersihan hewan, dan alas tidur yang layak. Apakah kamu terbiasa untuk membeli kebutuhan hewan peliharaan langsung di toko? Dalam keadaan seperti ini kamu dapat beralih untuk berbelanja secara online.

Yuk beri multivitamin dan makanan bergizi untuk hewan kesayangan, Harga mulai Rp135

3. Jika kamu atau keluargamu terkena gejala Covid-19, ini yang sebaiknya dilakukan kepada hewan peliharaan

Dilansir dari rspca.org.uk, jika mendapati diri sendiri, keluarga atau seseorang yang tinggal serumah menunjukan gejala terkena Covid-19, sebaiknya menghentikan kontak langsung dengan binatang. Seperti mengelus, bahkan hanya sekedar bermain. Sampai saat ini belum ada laporan terkait hewan peliharaan yang tertular coronavirus dari manusia. Tetapi melakukan pencegahan jauh lebih baik, karena mungkin saja kamu sedang terjangkit virus atau penyakit lain yang bisa membahayakan hewan peliharaan.

4. Perlu gak sih kita membawa anjing berjalan-jalan pada situasi seperti sekarang?

Merawat Hewan Peliharaan Saat Pandemi Corona| Image Source: Shutterstock

Mengajak anjing berjalan-jalan keluar adalah salah satu cara untuk menghindari stres pada hewan peliharaan. Tetapi, di saat-saat seperti sekarang melakukan aktivitas di luar bukan lah hal yang tepat. Kamu bisa mengganti kegiatan berjalan-jalan dengan bermain di dalam atau pekarangan rumah. Sekarang sudah banyak loh mainan anjing yang dirancang untuk melatih kecerdasan anjing. Kamu juga bisa memutar 'Podcast Favorit My Dog' yang di dalamnya terdapat musik-musik relaksasi.

Di sini tersedia beragam mainan anjing, Diskon hingga 67%!

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa lakukan kepada hewan peliharaan di tengah pandemi corona. Selama kita masih sehat,merawat hewan peliharaan adalah tanggung jawab dan suatu kewajiban yang tak boleh terlewatkan.

Jangan lupa baca terus Blog Jakmall untuk dapat tips menarik lainnya!