Simak 3 Cara Mudah Memasang Kaca Film Mobil Sendiri

Pasang kaca film mobil untuk meningkatkan privasi, keamanan, dan tampilan mobil kamu.

Simak 3 Cara Mudah Memasang Kaca Film Mobil Sendiri
Image source: freepik

Berkendara tanpa arah tujuan sambil mendengarkan podcast atau lagu kesukaan dapat menjadi hobi bagi beberapa orang.

Berkendara dapat memberikan sensasi yang dapat menghilangkan stres. Selama berada di belakang kemudi, kamu mungkin akan merasakan kesendirian, kemandirian, dan kebebasan yang selama ini diidamkan.

Selain itu, dengan berkendara kamu dapat menikmati pemandangan dan pengalaman baru setiap kali melewati rute yang tidak biasa dilewati.

Bahkan tidak jarang, terdapat ikatan tersediri antara kamu dengan kendaraan yang digunakan.

Namun, terkadang kegiatan berkendara ini tidak dapat dilakukan di hari yang terik. Indonesia dengan yang matahari bersinar sepanjang tahun membuat kamu dengan hobi berkendara harus melakukan langkah ekstra.

Seperti selalu sedia kacamata hitam yang dapat melindungi mata kamu dari bahaya paparan sinar matahari, kemudian pasang kaca film yang dapat memberikan perlindungan pada bagian dalam, dan menjaga suhu mobil.

Memasang kaca film mobil juga dapat meningkatkan privasi, keamanan, dan tampilan mobil kamu, loh.

Kamu bisa memilih tingkat kegelapan dan menentukan jenis kaca film mobil yang sesuai dengan kebutuhan.

Bagi kamu yang berniat untuk memasang kaca mobil sendiri, simak hal yang perlu diperhatikan dan langkah-langkah berikut ini!

Sebelum Memasang Kaca Film Mobil

Tenang, memasang kaca mobil bisa dibilang mudah dan tidak memerlukan pembongkaran apa pun. Kamu tinggal memasangnya di atas lapisan kaca mobil.

Namun, terdapat beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk memastikan kaca film mobil dapat terpasang dengan benar.

Lakukan pemasangan di dalam ruangan yang bersih, luas, dan aman untuk menghindari kotoran atau debu menempel pada kaca mobil.

Pastikan kamu tidak berada di bawah sumber angin yang dapat meninggalkan partikel debu.

Cara Memasang Kaca Film Mobil

Setelah memastikan mobil bebas dari debu dan tidak terganggu oleh angin, saatnya kita memasang perlindungan ekstra pada kaca mobil. Yuk, simak caranya!

1. Bersihkan Permukaan Kaca Mobil

Langkah pertama ini adalah proses yang paling penting.

Sama seperti memasang lapisan pelindung pada layar ponsel, sebelum memasang film, kamu juga harus melepas lapisan kaca film lama dan membersihkan permukaan kaca terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk memastikan kaca film dapat merekat sempurna.

Kamu dapat menggunakan perangkat penyedot debu sebagai langkah pembersihan pertama, kemudian aplikasikan cairan pembersih khusus kaca mobil yang dijual secara komersil dengan kain lembap.

Bersihkan setiap sisi, sudut, dan tepi mobil secara menyeluruh. Tidak lupa, lepas semua stiker lama yang merekat pada kaca mobil. Kamu juga bisa menggunakan pisau cukur untuk menghilangan sisa kotoran yang sulit dibersihkan.

Ulangi langkah pembersihan beberapa kali sampai area kaca mobil bersih dan mengkilat.

Setelah itu, keringkan kaca mobil dengan penyeka berbahan karet untuk mengangkat semua kotoran dengan gerakan satu arah, kemudian gunakan kain lembut kering untuk menyelesaikan proses pembersihan.

2. Mengukur dan Memotong Kaca Film Mobil

Siapkan kaca film dan rentangkan pada bagian dalam kaca mobil dengan posisi perekat yang menghadap ke belakang atau ke dalam. Pastikan sisi perekat kaca film tidak menempel pada kaca mobil.

Letakkan kaca film mengikuti pola dan bentuk tepi bagian kaca mobil. Untuk memastikan kaca film pas, kamu bisa menambakan 2.5 cm di setiap sisi.Jika kamu masih ragu, lakukan pengukuran berulang kali.

Gunakan cutter untuk memotong bentuk yang telah ditentukan, dengan memberikan sisa sebanyak 8 cm di bawah rangka mobil. Setelah itu, semprotkan air sabun pada permukaan kaca mobil untuk membuat kaca film menempel.

Pada saat ini, kamu bisa menggunakan cutter untuk memotong kaca film dengan ukuran yang sesuai. Rapikan sudut dan bentuk kaca film yang telah dipotong.

Penting :
â—† Selalu berhati-hati dalam melakukan langkah ini agar kaca film tidak sobek.
â—† Lakukan secara perlahan saat mengukur dan memotong.
â—† Jangan memotong pada bagian kaca, lapisan karet, atau bodi mobil.


3. Memasang Kaca Film Mobil

Lepaskan lapisan perekat dari kaca film, kemudian semprotkan permukaan kaca mobil di bagian dalam dengan cairan khusus.

Tempatkan kaca film mobil yang telah kamu potong tadi. Hidupkan perangkat heat gun untuk membuat kaca film merekat, sambil tekan menggunakan alat kartu keras untuk menghilangkan gelembung dengan gerakan satu arah.

Pastikan tidak ada ada lagi cairan atau gelembung udara di bawah lapisan kaca film. Kembali semprotkan air sabun dan alat penyeka berbahan karet untuk membersihkan permukaan kaca film, dan pemasangan selesai.

Jual XZT Pelindung Kaca Spion Mobil Film Anti Fog Rainproof 2
Perawatan Kendaraan XZT Pelindung Kaca Spion Mobil Film Anti Fog Rainproof 2 PCS - 2414 harga Rp 4.700 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Itu dia cara yang bisa kamu ikuti untuk memasang kaca film mobil sendiri.

Lakukan langkah pembersihan dan pengukuran berulang kali untuk memastikan kaca mobil menempel sempurna pada mobil kesayangan kamu.

Lengkapi tampilan dan fungsi mobil kamu dengan rekomendasi aksesori terbaik dari Jakmall.com yang nggak cuma berkualitas, tapi pasti murahnya.