Cari Tahu Cara Merawat Sepatu Agar Tidak Cepat Rusak

Sepatu yang bersih dan terawat akan selalu terlihat baru dan menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

Cari Tahu Cara Merawat Sepatu Agar Tidak Cepat Rusak
Image Source: Freepik

Sepatu merupakan barang fashion yang semakin hari semakin diminati masyarakat luas. Tidak heran, saat ini banyak sekali brand-brand lokal dan internasional yang mengeluarkan sepatu berdesain menarik dan terjangkau.

Namun, sebagus-bagusnya sepatu bermerk, pasti akan kalah cantik dengan sepatu yang bersih. Sepatu yang bersih dan terawat akan selalu terlihat baru dan menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Terus baca artikel ini untuk mencari tahu cara merawat sepatu yang bisa kamu lakukan di rumah.

Hindari Sinar Matahari Berlebihan

Image Source: Freepik

Sinar matahari merupakan musuh terbesar sepatu. Mengapa demikian? Kombinasi material sepatu yang ada di pasaran memiliki daya tahan panas yang kurang baik. Jika terpapar matahari secara terus menerus, maka material permukaan sepatu akan kering dan cepat rusak.

Saat sepatu terpapar sinar matahari, bagian upper sole sepatu memiliki kemungkinan untuk berkerak dan pecah-pecah, khususnya untuk material kulit sintetis. Sementara material suede dan kulit asli akan mengalami pemudaran warna sehingga menurunkan nilai estetika sepatumu.

Bagian bawah sepatu atau lower sole biasanya terbuat dari karet padat. Jika terkena panas matahari berlebih, material karet ini akan berkurang elastisitasnya dan mengalami getas. Lower sole sepatumu akan terlihat pecah-pecah dan patah sehingga fungsi sepatu akan berkurang drastis. Karena itu, usahakan untuk menjauhkan sepatu dari sinar matahari langsung saat disimpan.

Bersihkan Secara Berkala

Image Source: Freepik

Membersihkan sepatu secara berkala juga dapat menjaga warna dan kebersihan sepatu agar tetap maksimal. Usahakan untuk membersihkan sepatu setiap 1 sampai 3 minggu sekali tergantung dari pemakaian. Jika kamu memakai satu sepatu setiap hari, maka wajib dibersihkan 1 kali dalam seminggu. Mengapa demikian?

Kotoran dan debu yang menempel pada sepatu akan terus menempel sampai dibersihkan. Saat kotoran menempel, kita tidak akan pernah tahu kotoran seperti apa yang menempel pada sepatu. Kotoran seperti tanah dan sisa makanan biasanya dapat merusak warna dan meninggalkan bercak yang dapat merusak tampilan sepatumu. Karena itu, membersihkan sepatu secara berkala dapat menjaga tampilan sepatu agar tetap maksimal.

Saat membersihkan sepatu, usahakan untuk menggunakan pembersih khusus sepatu dan tidak merendamnya menggunakan deterjen. Saat direndam secara utuh, lem dan jahitan sepatu berpotensi rusak sehingga daya tahan sepatumu menjadi berkurang. Gunakan cairan pembersih khusus sepatu dan gosok menggunakan sikat baju ke satu arah. Setelah itu, gunakan kain lembut berbahan microfiber agar upper sole sepatu tidak cepat rusak.

Simpan di Tempat Kering

Image Source: Freepik

Lembap dan basah merupakan musuh utama sepatu. Saat disimpan di tempat yang lembap, jamur bisa tumbuh pada celah-celah upper sole sepatu. Jamur ini biasanya memiliki corak putih bulat yang sangat merusak tampilan sepatumu. Oleh karena itu, menjaga sepatu agar tetap kering sebelum disimpan dapat menjaga keawetan sepatu.

Salah satu cara untuk menjaga sepatu agar tetap kering adalah dengan menggunakan cover sepatu di kala hujan. Cover ini biasanya menggunakan desain tali atau ritsleting dengan bahan PVC. Dengan begitu, sepatumu akan tetap kering meskipun digunakan di kala hujan. Namun jika sepatumu terlanjur basah, kamu bisa menggunakan pengering sepatu khusus untuk menghindari lembab.

Sepatu lama yang sudah lembap biasanya memiliki inner sole yang sudah usang dan berjamur. Inner sole inilah yang menjadi pemicu bau kaki. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mencuci bagian dalam sepatu dan mengganti bagian inner sole bawaan dengan inner sole baru. Inner sole baru akan memberikan kenyamanan ekstra karena masih sangat empuk serta tidak bau karena tidak ada jamur dan kotoran yang tumbuh.

***
Itu dia 3 cara merawat sepatu yang bisa kamu lakukan di rumah dengan mudah. Sepatu yang terawat memiliki tampilan yang cantik dan jauh lebih menarik. Kamu akan lebih menghemat biaya karena tidak perlu terlalu sering membeli sepatu.