Dampak Positif Game Online, Gak Selalu Negatif!

Bermain game memiliki beragam manfaat, dan sudah terbukti secara ilmiah. Namun, terlalu lama bermain game juga bisa menimbulkan dampak negatif.

Dampak Positif Game Online, Gak Selalu Negatif!
Image source: Unsplash

Bermain game sering menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk mengisi waktu luang. Saking serunya menyelesaikan berbagai misi hingga lupa waktu, tak jarang kita sampai harus diteriaki oleh Ibu agar berhenti.

Hal ini akhirnya membuat banyak orang tua yang menganggap main game hanya membuang waktu dan tidak memberikan manfaat. Tetapi, tahukah kamu kalau ternyata bermain video game menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Simak ulasan berikut.

Dampak Positif Game Online

Melansir dari Science Alert, bermain game memiliki manfaat yang terbukti secara ilmiah, mulai dari meningkatkan materi otak hingga menghilangkan rasa sakit. Berikut dampak positif game online yang perlu kamu tahu.

1. Meningkatkan Kapasitas Memori

Meningkatkan Kapasitas Memori
Image source: Pexels

Dalam studi yang dimuat The Journal of Neuroscience pada tahun 2015, peneliti dari University of California, Irvine, melakukan penelitian kepada 69 peserta. Sepertiga peserta diminta bermain Super Mario 3D selama dua minggu, sepertiga lainnya bermain Angry Birds, dan sisanya tidak bermain apa-apa.

Hasilnya, peserta yang bermain game Super Mario 3D dapat melakukan tugas memori tindak lanjut dengan lebih baik, sementara sisanya tidak menunjukkan peningkatan sebelum dan sesudah bermain game.

Peneliti menyimpulkan, mereka yang bermain video game 3D yang kompleks memiliki kinerja otak dan memori yang lebih baik.

Jual HBADA Kursi Gaming Ergonomic Mesh Back Chair with Footrest
Furniture HBADA Kursi Gaming Ergonomic Mesh Back Chair with Footrest - HDNY117WM harga Rp 1.868.700 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Mengurangi Rasa Sakit

Dampak positif game online selanjutnya dapat dibuktikan oleh America Journal of Preventive Medicine. Dalam 38 penelitian yang dianalisis, 195 pasien menunjukkan peningkatan kesehatan setelah bermain game, termasuk dalam terapi psikologis dan fisik.

Selain itu, penelitian yang dipresentasikan di konferensi American Pain Society pada tahun 2010 membuktikan bahwa bermain video game, terutama game virtual reality, efektif mengurangi kecemasan atau rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit kronis atau prosedur medis.

3. Membantu Meningkatkan Kemampuan Baca

Meningkatkan Kemampuan Baca
Image source: Freepik

Studi dari Cell pada tahun 2013 menunjukkan bahwa bermain games aksi, seperti "Rayman Raving Rabbids", dapat membantu anak disleksia berusia 7 hingga 13 tahun untuk membaca lebih cepat tanpa kehilangan akurasi.

Dampak positif game online ini muncul karena aktivitas bermain dapat merangsang dan meningkatkan kemampuan fokus sehingga meraka dapat belajar membaca dengan akurasi yang lebih baik.

4. Meningkatkan Materi Otak

Meningkatkan Materi Otak
Image source: Pexels

Dampak positif bermain game online terakhir ditemukan oleh para peneliti dari Jerman. Studi pada tahun 2014 yang diterbitkan oleh Molecular Psychiatry, menemukan bahwa bermain Super Mario 64 dapat meningkatkan ukuran daerah otak.

Fenomena ini ditemukan terutama pada bagian otak yang bertanggung jawab atas orientasi spasial, pembentukan memori, perencanaan strategis, dan keterampilan motorik halus.

Ketika mengamati 24 peserta yang bermain game selama 30 menit sehari selama dua bulan, para peneliti menemukan bahwa peserta mengalami peningkatan materi abu-abu di hippocampus kanan, korteks prefrontal kanan, dan otak kecil, dibandingkan dengan peserta yang tidak bermain game apa pun.

Dampak Buruk Game Online

Walau memiliki banyak manfaat, bermain game online dalam waktu lama juga juga mendatangkan berbagai efek samping. Berikut beberapa dampak buruk game online yang dirasakan banyak orang.

1. Mengganggu Kesehatan Mata

Mengganggu Kesehatan Mata
Image source: Freepik

Terlalu lama main game dapat membuat orang mengalami kecanduan sehingga ia tidak bisa mamutuskan kapan harus mulai dan berhenti bermain. Seseorang dengan kondisi ini biasanya akan merasakan dampak buruk game online seperti terganggunya kesehatan mata.

Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer atau gadget dapat memengaruhi kesehatan mata. Mata akan terasa lelah, kering, dan pegal. Jika tidak segera dihentikan atau diobati dapat menyebabkan kerusakan saraf pada mata.

Jual Brightzone Kacamata Anti Blue Light Radiasi Komputer - E27
Kacamata Brightzone Kacamata Anti Blue Light Radiasi Komputer - E27 harga Rp 5.600 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

2. Mengubah Mood dan Menimbulkan Perilaku Agresif

Menimbulkan Perilaku Agresif
Image source: Pexels

Orang yang sering bermain game yang mengandung unsur kekerasan, biasanya akan lebih agresif dan meningkatkan emosi terlebih ketika ia kalah dalam permainan.

Perilaku ini bisa menghilangkan kendali diri, dan berdampak di kehidupan nyata sehari-hari. Karena itu, pastikan kamu memilih game sesuai dengan usia dan membaca dengan teliti jalan cerita dan gameplay yang ditawarkan, terutama jika memainkannya bersama buah hati.

3. Kurang Bersosialisasi

Dampak negatif game online terakhir adalah mengurangi kemampuan bersosialisasi.

Terlalu asyik bermain game hingga berjam-jam lamanya akan berdampak buruk pada kehidupan sosial. Pasalnya, ia akan lebih memilih berinteraksi secara digital dibandingkan dengan dunia nyata.

Asyik bermain game juga membuat seseorang mengabaikan lingkungan di sekitarnya dan sibuk dengan dunianya sendiri.

Jual iMICE Wireless Gaming Mouse 2000 DPI - 1800
Mouse Wireless iMICE Wireless Gaming Mouse 2000 DPI - 1800 harga Rp 46.500 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Beragam manfaat bisa kamu dapatkan dari bermain games, tetapi dengan catatan tidak terlalu lama memainkannya dan tentunya tidak mengganggu aktivitas harian. Jika kamu merasa sudah kecanduan game, yuk coba kurangi aktivitas tersebut secara perlahan demi kesahatan fisik dan juga mental.


Sumber

Bowler, Jacinta. 6 Scientific Benefits of Playing Videogames. https://www.sciencealert.com/6-scientific-benefits-of-playing-videogames