5 Fakta Menarik Seputar Musik dan Produktivitas

Ketika kamu mendengarkan musik yang sesuai dengan karakter diri, maka mood dan konsentrasi akan meningkat. Kamu pun bisa lebih produktif dan lebih baik lagi dalam beraktivitas.

5 Fakta Menarik Seputar Musik dan Produktivitas
Image Source: Freepik

Musik sudah ada sejak zaman dahulu dan sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari. Namun siapa sangka, ternyata musik bisa membantu untuk meningkatkan produktivitas. Dengan mengetahui hubungan antara musik dan produktivitas, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dan berbagai aktivitas lain dengan lebih mudah.

Karakter Personal dan Selera Musik

Image Source: Freepik

Sebuah studi mengatakan bahwa seorang ekstrovert memiliki stimulasi otak yang sedikit lebih rendah. Karena itu, distraksi minor seperti musik dapat membantu untuk meningkatkan stimulasi tersebut. Ketika otak terstimulasi dengan baik maka fokus, konsentrasi, dan produktivitas dapat meningkat.

Namun, di dalam studi tersebut juga dikatakan bahwa introvert lebih memilih situasi yang tenang dan memiliki kecenderungan untuk merasa terganggu akan adanya suara. Jadi, ketahui dirimu lebih dulu sebelum mendengarkan musik saat bekerja.

Mendengarkan musik saat bekerja akan sangat membantu, khususnya untuk kamu yang bekerja di dunia kreatif. Musik yang dimaksud adalah musik background, karena musik ini dapat membantu otak untuk berpikir dan mencari ide. Kamu bisa beristirahat sejenak, fokus ke musik, dan kembali lagi bekerja sehingga ide tetap mengalir.

Pilih Musik Sesuai Mood

Image Source: Freepik

Saat galau, musik dengan nada mendayu dan lirik sedih merupakan pilihan yang tepat. Saat senang, musik dengan beat cepat dapat menjaga mood agar tetap tinggi dan merasa senang. Menikmati mood yang sedang dirasakan dan didukung dengan musik dapat membantumu untuk tetap fokus.

Salah satu hal menarik yang mungkin belum kamu tahu adalah selera musik dapat menentukan karakteristik seseorang. Jadi, ketika kamu mendengarkan musik yang sesuai dengan karakter diri, maka mood dan konsentrasi akan meningkat. Dengan begitu, kamu bisa lebih produktif dan lebih baik dalam melakukan berbagai aktivitas.

Musik dan Kapabilitas

Image Source: Freepik

Siapa sangka ternyata musik berkaitan dengan seberapa tinggi skill dan pengalaman yang kamu miliki. Ketika kamu mengerjakan sesuatu dengan mudah berkat kemampuan yang kamu miliki, bisa dibilang otak dan tubuh sudah memasuki mode auto pilot. Musik dapat membantu otak untuk tetap fokus di mode auto pilot ini.

Mendengarkan musik sangat disarankan ketika kamu mengerjakan pekerjaan yang relatif mudah. Namun, ketika kamu mengerjakan pekerjaan yang kompleks, maka disarankan untuk menjauhi musik dan fokus untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Cara musik membantu otak adalah dengan memberikan stimulasi. Pekerjaan yang mudah tidak menguras kerja otak secara berlebihan. Karena itu, dukungan minor dari musik yang kamu dengarkan bisa membantumu untuk tetap fokus dan berkonsentrasi.

Ketika otak kurang stimulasi dan merasa terlalu santai, maka kamu bisa kehilangan fokus. Karena itu, stimulasi tingkat moderat merupakan solusi yang tepat untuk menghindari masalah tersebut.

Meminimalisir Distraksi

Image Source: Freepik

Seiring berkembangnya zaman, saat ini sudah banyak sekali headphone atau TWS (True Wireless Stereo) dengan berbagai macam teknologi. Salah satu teknologi menarik yang dapat membantumu untuk meminimalisir distraksi adalah ANC (Active Noise Cancellation). Fitur ini dapat memblokir suara sehingga distraksi dari luar seperti suara gaduh obrolan, mesin motor yang lewat, dan suara lainnya tidak akan masuk ke telinga.

Mendengarkan musik dengan headphone atau TWS ANC dapat membantumu untuk lebih fokus dan rileks. Dengan begitu, produktivitas juga dapat meningkat dan kesalahan yang kamu buat saat bekerja atau mengerjakan tugas dapat diminimalisir.

Musik Tanpa Lirik Ternyata Lebih Membantu

Image Source: Freepik

Alunan musik tanpa lirik yang cocok dengan seleramu ternyata jauh lebih efektif untuk meningkatkan produktivitas. Hal ini mengingat musik tanpa lirik sama dengan minim distraksi. Ketika kamu mendengarkan musik dengan lirik, akan ada kecenderungan untuk ikut bernyanyi sehingga fokusmu menjadi terpecah.

Lirik pada musik juga memiliki karakteristik yang sama dengan suara orang berbincang. Meminimalisir informasi verbal yang masuk ke otak saat bekerja atau beraktivitas dapat meningkatkan produktivitas.

***
Lima fakta di atas bisa menjadi informasi menarik yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari. Tentu, tips-tips tersebut tidak 100% dapat diterapkan ke semua orang. Jadi, kamu bisa mencoba mencari musik yang pas dan sesuai untuk meningkatkan fokus, konsentrasi, dan produktivitas.