Biar puasanya nggak kerasa lama

Mengajarkan anak tentang ilmu agama dan penerapannya saat bulan puasa, bisa lewat film islami anak anak loh. Apalagi di jaman sekarang kan mereka sulit banget untuk bisa lepas dari gadget. Nah daripada terlalu sering membiarkan si kecil bebas bermain HP, mendingan ajak mereka buat nonton film anak islami Indonesia terbaru. Supaya ayah dan bunda di rumah juga bisa makin dekat dengan si kecil.

Ga perlu bingung mau ngajak mereka nonton film islami anak apaan. Berikut ini ada deretan film islami anak kartun terbaik yang gampang kamu temukan di YouTube. Siapa tahu dengan begitu, anak jadi lebih kuat menjalani puasa di bulan Ramadhan. Yuk simak artikelnya sampai habis!

1. Tingkah laku karakter di film kartun Adit Sopo Jarwo bisa membuat kita tertawa sambil belajar nilai-nilai islami

8 Film Anak Islami Agar Si Kecil Belajar Agama Selama Ramadhan | Image Source: YouTube

Di dalam film kartun islami ini, kita akan mendapati karakter Pak Ustadz (diperankan Deddy Mizwar) yang selalu muncul untuk memberi nasihat kepada Bang Jarwo. Nasihat-nasihat tersebut seringkali disisipkan nilai-nilai islami agar kita banyak berbuat baik kepada orang lain. Film islami anak anak ini juga menampilkan dua karakter utamanya, yaitu Bang Jarwo dan Adit.

Adit merupakan anak yang sopan, berbakti pada orang tua, dan suka membantu siapa saja. Sementara Bang Jarwo sering kesal dengan Adit, namun kemudian dia berbesar hati untuk selalu meminta maaf atas kesalahannya. Lewat dua karakter ini, ayah dan bunda bisa mengajarkan nilai-nilai kebaikan yang ada di film tersebut.

Remot TV lagi rusak? Cek aja di Jakmall, ada harga spesial..

2. Banyak menampilkan doa sehari-hari serta lagu yang mudah dinyanyikan, film kartun anak ini cocok ditonton bersama si kecil

8 Film Anak Islami Agar Si Kecil Belajar Agama Selama Ramadhan | Image Source: APKPure

Penasaran sama filmnya? Film islami anak anak asal Malaysia ini menunjukkan dua karakter utamanya, yaitu Omar dan Hana. Keduanya gemar sekali bernyanyi tentang kegiatan apa saja yang sedang dilakukan. Di dalam lagunya, sering terselip informasi mengenai ajaran agama yang mudah sekali dipahami oleh anak-anak.

Kedua orang tua mereka pun ditampilkan sebagai karakter yang memperhatikan sekali tumbuh kembang anaknya. Mereka juga berperan aktif untuk menanamkan ajaran-ajaran Islam kepada si kecil. Boleh jadi contoh nih buat ayah dan bunda ketika berbicara dengan anak di rumah. Oh iya, banyak juga doa-doa yang sering diajarkan melalui film islami anak anak ini.

Kalo nonton pakai HP, beli Wireless Charger biar nggak banyak kabel!

3. Kalo ayah dan bunda carinya film anak islami yang berbahasa Inggris, ada Ali and Sumaya nih!

8 Film Anak Islami Agar Si Kecil Belajar Agama Selama Ramadhan | Image Source: Ali and Sumaya

Film islami anak kartun ini sejujurnya menggambarkan situasi anak-anak jaman sekarang banget. Karena, kakak beradik Ali dan Sumaya ini punya hobi bikin vlog tentang aktivitas mereka. Diproduksi oleh Imanimation Studios, film kartun islami ini menggunakan bahasa Inggris. Jadi kalo ayah dan bunda sekalian mau mengajarkan tentang ilmu agama dan bahasa Inggris, pas banget kan!

Banyak hal yang bisa orang tua ajarkan lewat salah satu film islami anak terbaik ini. Seperti misalnya cara berwudhu, sholat lima waktu, membaca Al-Quran, dan lain-lain. Cocok sekali kan untuk dijadikan referensi tontonan bagi si anak di saat menjalani ibadah puasa selama bulan suci Ramadhan.

Ada Buku 3D Ayo Sholat di sini, biar si kecil mudah belajarnya!

8 Film Anak Islami Agar Si Kecil Belajar Agama Selama Ramadhan | Image Source: Rencong Post

Apa lagi film islami anak terbaik kalau bukan Nussa! Sejak pertama kali tayang di YouTube, film anak islami Indonesia ini disambut baik sama banyak penonton. Kabarnya, Nussa bakalan diangkat ke layar lebar sebagai film anak islami Indonesia terbaru di tahun ini. Menceritakan tentang keseharian dua kakak beradik ini, film Nussa sering menyelipkan lagu serta doa-doa yang berkaitan dengan ajaran agama.

Karakter Nussa juga digambarkan sebagai anak lelaki yang harus menggunakan kaki palsu sejak kecil. Meski begitu, ia selalu bersyukur atas nikmat Allah yang dimilikinya. Pelajaran-pelajaran seperti ini yang cocok sekali diajarkan kepada si kecil di rumah. Biar tetap mencintai diri sendiri dan mensyukuri nikmat dari-Nya.

5. Pernah meraih penghargaan dari KPI sebagai tontonan anak berkualitas, persahabatan Syamil dan Dodo dijamin terbaik

8 Film Anak Islami Agar Si Kecil Belajar Agama Selama Ramadhan | Image Source: YouTube

Ketika masa anak-anak, biasanya si kecil sedang senangnya bermain dengan sahabat terbaik mereka. Tak jarang mereka bisa salah paham dan berantem satu sama lain. Film islami anak anak yang sudah pertama kali rilis di tahun 2013 ini, menceritakan persahabatan dua anak lelaki bernama Syamil dan Dodo.

Dodo digambarkan sebagai anak yang ceria dan sedikit jahil, sementara Syamil merupakan sosok yang pintar dan sabar menghadapi Dodo. Syamil kerap memberi nasihat baik kepada Dodo ketika ia melakukan kesalahan. Pesan-pesan bersikap baik satu sama lain di dalam film ini mudah sekali untuk diterima oleh si kecil. Semoga ketika mereka menontonnya, si kecil jadi lebih akrab dengan sahabatnya.

6. Alif Alya: film islami anak anak YouTube yang mengajarkan sikap saling tolong menolong dan menghormati orang tua

8 Film Anak Islami Agar Si Kecil Belajar Agama Selama Ramadhan | Image Source: APKPure

Film kartun islami yang juga merupakan garapan anak bangsa ini, berpusat pada kisah keseharian karakter Alif dan Alya. Banyak perilaku-perilaku baik yang ditampilkan di film kartun ini. Seperti sikap saling tolong menolong, menghormati orang tua, sampai memulai berbagai kegiatan dengan doa.

Tidak hanya itu saja, kedua karakter bersama teman-temannya juga sering menyanyikan lagu-lagu anak Indonesia yang sudah jarang terdengar. Film kartun islami ini dapat disaksikan dengan mudah di YouTube. Kalau misalnya kamu takut kuotamu habis, langsung aja download film islami anak ini. Biar videonya bisa disimpen di HP dan ditonton kapan saja.

7. "Hai, saye Upin. Dan ini adik saye Ipin!", kartun terbaik sepanjang masa ini pasti masih menjadi kesukaan banyak orang

8 Film Anak Islami Agar Si Kecil Belajar Agama Selama Ramadhan | Image Source: JustWatch

Upin dan Ipin adalah kartun terbaik yang tidak bisa hilang dari benak siapapun. Berasal dari Negeri Jiran, film animasi anak anak terbaik ini sering menampilkan episode-episode spesial bulan suci Ramadhan. Seri kartun ini berfokus pada cerita dua saudara kembar yang tinggal bersama kakak perempuan dan neneknya.

Karakter "Opa" dan "Atuk" kerap memberikan banyak nasihat kepada Upin, Ipin, dan teman-temannya untuk tetap bersikap baik dan saling menghormati satu sama lain. Doa-doa singkat seperti niat sahur, buka puasa, dan sholat tarawih juga pernah ditampilkan pada salah satu episodenya. Dijamin si kecil langsung suka dengan film kartun islami ini karena ceritanya yang mudah dipahami dan diwarnai oleh tingkah lucu dari kedua karakter.

Setelah nonton, paling enak main game! Cek Koleksi Mainan Edukasi ini

8. Sedikit berbeda, film animasi islami anak berjudul Joseph: The King of Dreams mengangkat kisah perbudakan di tanah Arab

8 Film Anak Islami Agar Si Kecil Belajar Agama Selama Ramadhan | Image Source: IMDb

Kalau ayah dan bunda ingin menunjukkan salah satu cerita para nabi, mungkin film islami anak ini bisa jadi referensinya. Berkisah tentang Joseph, anak kedua dari Jacob, yang sangat disayangi oleh ayahnya hingga membuat kakaknya iri. Suatu ketika, sang kakak menjual Joseph untuk menjadi budak seorang saudagar kaya. Meski menerima perbuatan jahat, namun Joseph tetap memaafkan kakaknya. Pesan moral yang bisa diambil dari film islami anak terbaik ini adalah untuk memaafkan orang lain. Oleh sebab itu, Joseph: The King of Dreams sangat bisa ditonton buat ayah, bunda, dan si kecil di rumah.

Itu dia daftar 8 film anak islami yang bisa disaksikan saat menjalani bulan Ramadhan 2020. Menontonnya bersama si kecil dapat menjadi cara sembari mengajarkan ilmu agama. Lewat film, siapa tahu mereka lebih mudah untuk mendengarkan kita dan menerima dengan mudah pesan yang disampaikan.


Mau belanja perlengkapan puasa? Pakai aja Promo Spesial Ramadhan, biar tetap hemaaattt

Intip juga artikel seputar Ramadhan lainnya di sini!