6 Fungsi Smartwatch, Kecanggihan Tunjang Aktivitas Harian

Manfaat smartwatch bukan hanya sekedar pengingat waktu, tetapi kawan setia yang membantu kita untuk mengoptimalkan waktu dan meningkatkan produktivitas.

6 Fungsi Smartwatch, Kecanggihan Tunjang Aktivitas Harian
Image Source: Freepik/Freepik

Bagi kamu yang sering mengoleksi jam, pasti tidak asing lagi dengan salah satu jenis jam pintar yang biasa kita sebut smartwatch. Lalu, apa bedanya smartwatch dengan jam tangan pada umumnya?

Smartwatch adalah perangkat portabel yang dirancang untuk dikenakan di pergelangan tangan, sama seperti jam tangan. Smartwacth umumnya dibekali berbagai fitur canggih bahkan menyerupai smartphone.

Dengan berbagai fitur canggih inilah, smartwatch menjadi pilihan banyak orang untuk digunakan bekerja, berolahraga, bahkan berpetualang. Yuk, simak berbagai fungsi smartwacth yang pastinya akan memudahkan hidupmu!

Berbagai Fungsi Smartwatch

Kebanyakan smartwatch, baik yang ditujukan untuk penggunaan sehari-hari atau untuk tujuan tertentu memiliki sebagian atau seluruh fitur ini. Berikut fungsi smartwatch yang perlu kamu ketahui:

1. Memberikan Informasi Waktu

Memberikan Informasi Waktu
Image Source: Freepik/Freepik

Tentu saja, ini adalah fitur dasar mengingat smartwatch adalah sebuah jam. Informasi waktu pada smartwatch umumnya lebih lengkap dengan tampilan yang menarik.

Tak ketinggalan fitur alarm untuk mengingatkan kita tentang hal-hal penting. Juga timer yang bisa membantumu saat berolahraga, memasak, belajar, atau bekerja.

Sebagian besar smartwatch yang ada di pasaran memiliki fungsi waktu tambahan, seperti stopwatch dan bahkan mampu menunjukkan waktu di negara bagian lain.

Salah satu fungsi smartwatch yang unik adalah tampilan jamnya. Umumnya, informasi yang ditampilkan bisa dalam bentuk digital, analog, bahkan ada yang bisa dimodifikasi dengan background custom.

2. Tunjang Kegiatan Olahraga

Tunjang Kegiatan Olahraga
Image Source: Freepik/Nutmommam

Fungsi smartwatch selanjutnya adalah menunjang kegiatan olahraga. Smartwatch pada umumnya memiliki paling tidak satu fungsi olahraga. Fitur-fitur ini meliputi pedometer, pengukur jarak, pengukur kalori, hingga mode olahraga yang spesifik.

Dengan begitu, kamu bisa memantau intensitas olahragamu secara real time. Tidak perlu lagi membawa smartphone yang besar saat jogging. Mode olahraga yang lebih spesifik juga membantumu mencoba berbagai jenis olahraga.

3. Pantau Kesehatan

Pantau Kesehatan
Image Source: Freepik/Nuruddean21

Tidak memiliki sphygmomanometer untuk mengukur tekanan darah? Kamu bisa melakukannya hanya dengan mengenakan smartwatch, loh!

Kamu bisa menggunakan fungsi smartwatch, seperti mengukur tekanan darah, gula darah, bahkan detak jantung. Dengan begitu, kamu bisa memantau kondisi kesehatan harian dan mengantisipasi risiko yang tidak diinginkan.

Fitur kesehatan ini sangat cocok untuk kamu yang gemar berolahraga. Mengetahui informasi kesehatan akan sangat membantu, terlebih jika kamu memiliki batasan kondisi kesehatan yang harus selalu dipantau.

4. Jaga Kesehatan Tubuh

Jaga Kesehatan Tubuh
Image Source: Freepik/MrDm

Semakin banyak smartwatch yang menghadirkan fungsi pemantauan tidur. Smartwatch ini biasanya dilengkapi sensor untuk mengukur pernapasan, detak jantung, atau gerakan yang dilakukan pengguna selama tidur.

Selain itu, fungsi smartwatch dalam menjaga kesehatan tubuh juga bisa dilihat dari kemampuannya memberikan informasi terkait berat badan. Smartwatch mampu mengukur kalori dan menawarkan pemberitahuan gaya hidup aktif jika kita tidak bergerak selama beberapa jam.

Kecanggihan ini tentunya sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai gaya hidup aktif, diet, dan menjaga tubuh agar tetap proporsional.

Jual SKMEI Smartwatch Sport Fitness Tracker Heart Rate - HW7 Max
Smartwatch SKMEI Smartwatch Sport Fitness Tracker Heart Rate - HW7 Max harga Rp 295.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

5. Permudah Akses ke Smartphone

Permudah Akses ke Smartphone
Image Source: Freepik/Freepik

Sebagian smartwatch dapat dihubungkan ke smartphone melalui aplikasi. Dengan begitu, segala notifikasi yang ada di smartphone dapat masuk ke display smartwatch.

Uniknya, sebagian smartwatch juga mendukung akses aplikasi komunikasi dan hiburan, seperti Whatsapp, Spotify, dll. Kamu pun dapat membalas pesan dengan segera meski sedang tidak membawa smartphone.

Dengan fitur yang begitu lengkap, smartwatch bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin menghubungkan smartphone ke gadget lain. Kamu juga tidak perlu repot untuk membawa smartphone saat berolahraga.

Jual SKMEI Smartwatch Sport Fitness Tracker Heart Rate - X5
Smartwatch SKMEI Smartwatch Sport Fitness Tracker Heart Rate - X5 harga Rp 258.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

6. Tampil Bergaya

Tampil Bergaya
Image Source: Freepik/Lookstudio

Beberapa smartwatch di pasaran memiliki desain yang tak kalah menarik dengan jam konvensional. Biasanya, tampilan jam-jam smartwatch lebih modern dan minimalis.

Selain itu, kebanyakan smartwatch biasanya sudah dibekali dengan fitur waterproof. Fitur ini sangat berguna sehingga smartwatch bisa digunakan untuk berbagai aktivitas mulai dari olahraga, bekerja, hingga menghadiri acara penting.

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkannya, smartwatch telah membuktikan diri sebagai perangkat yang tak tergantikan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, segera temukan smartwatch terbaikmu di Jakmall untuk menunjang gaya hidup modern di era teknologi ini.