Gunakan Cara Ini agar Bouquet Bunga Tetap Segar, Bisa Pakai Soda!

Tidak hanya memindahkan bunga ke dalam vas. Ternyata, bahan-bahan dapur juga bisa menjaga kesegaran bouquet bungamu, loh.

Gunakan Cara Ini agar Bouquet Bunga Tetap Segar, Bisa Pakai Soda!
Image Source: Unsplash

Saat menerima hadiah bunga, bukan hal aneh kalau kita merasa senang, tersentuh, dan ingin menikmati keindahan bunga tersebut selama mungkin. Fakta yang menyedihkan adalah bahwa karangan atau bouquet bunga asli tidak bertahan selamanya. Seiring berjalannya waktu, bunga akan layu dan mati.

Sisi baiknya, banyak florist yang memberikan tips untuk memperpanjang umur bunga bouquet. Bahkan, tim florist dari ProFlowers sudah mempraktikkan tips-tips ini dan membuat bunga menjadi lebih segar dalam jangka waktu yang cukup lama. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita kulik beberapa tips agar bouquet bungamu tidak mudah layu.

Tips Merawat Bouquet Bunga

  1. Potong Batang
    Memotong batang memungkinkan asupan air yang lebih baik. Potong miring batang paling bawah hingga 1 cm. Sebaiknya gunakan gunting taman atau pisau tajam agar batang tidak rusak. Setelah pemotongan awal, pastikan untuk memangkas ulang batang bungamu setiap beberapa hari sekali.
  2. Pangkas Daun dan Kelopak Bunga
    Pangkas seluruh daun untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Kalau kamu menerima bunga mawar, pangkas dua atau tiga kelopak terluar. Setelah pemangkasan awal, jangan lupa selalu memeriksa daun dan kelopak yang mati, lalu buang untuk menghindari pembusukan.
  3. Rutin Ganti Air
    Bunga tidak akan bertahan lama tanpa air, terutama setelah batangnya dipotong. Setelah menyiapkan vas bersih, isi dengan air bersuhu ruangan. Jika menambahkan food flower, pastikan airnya tidak terlalu encer atau pekat. Penting untuk membersihkan vas secara menyeluruh serta mengganti air dan food flower setiap dua atau tiga hari.
  4. Posisi yang Tepat
    Sebaiknya, hindari memajang vas bunga di bawah sinar matahari langsung, di dekat peralatan penghasil panas, jendela terbuka, ventilasi pemanas atau pendingin, dan kipas. Jauhkan juga bunga dari buah-buahan. Buah matang melepaskan gas etilen yang dapat mengurangi kesegaran bunga.
Baca: Tanaman Hias Ini Berbahaya, Jangan Letakkan di Dalam Rumah

Tips Menarik Lainnya

Punya beberapa bahan ini di rumah? Kamu bisa menggunakannya untuk menjaga kesegaran bunga, loh. Setelah tips 1 dan 2 sudah dilakukan, kamu dapat menyiapkan vas berisi air bersuhu ruang dan lakukan salah satu dari beberapa tips di bawah ini.

  • Cuka Apel dan Gula: Campurkan masing-masing 2 sendok makan cuka apel dan gula. Bermanfaat sebagai antibakteri dan food flower.
  • Aspirin: Campurkan 1 aspirin yang telah dihancurkan. Bermanfaat mempercepat aliran air untuk mencegah bunga menjadi layu.
  • Flower Food: Campurkan flower food sesuai instruksi pada kemasan. Bermanfaat menjaga kesegaran bunga.
  • Pendingin: Tempatkan bunga setiap malam (8 jam) di dalam pendingin. Bermanfaat untuk membuat bunga tampak sehat dan memperpanjang umurnya.
  • Soda: Campurkan ¼ cup soda ke dalam vas bunga berisi air. Gula di dalam soda berfungsi sebagai food flower, bunga tampak sehat dan tetap segar.

Sebenarnya, ada 9 bahan yang diuji oleh tim ProFlowers. Selain 6 bahan di atas, mereka juga menguji vodka, koin, pemutih, dan hairspray selama setidaknya 10 hari. Hasil terbaik adalah dengan meletakkan bunga di dalam pendingin. Hasil terbaik kedua adalah dengan mencampurkan soda ke dalam vas berisi air.

Image Source: ProFlowers

Dari beberapa pengujian, tim ProFlowers menyimpulkan kalau bunga akan tetap segar jika berada di suhu dingin. Kamu juga bisa mencoba menambahkan sedikit soda lemon dan jeruk nipis ke dalam vas bunga berisi air. Kalau dilihat, bahan-bahannya cenderung mudah ditemukan di sekitar kita. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan lagi menjaga bouquet bunga tetap segar dalam waktu yang lama.