Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Membeli Kendaraan Elektrik

Kendaraan elektrik terdengar canggih dan menarik. Bagaimana dengan perlengkapan penunjangnya?

Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Membeli Kendaraan Elektrik
Image Source: Unsplash

Kendaraan elektrik baik mobil dan motor kini mulai banyak diminati oleh berbagai kalangan, terutama kalangan menengah. Ini dikarenakan banyaknya dukungan pemerintah Indonesia terhadap kendaraan elektrik dalam bentuk subsidi.

Subsidi tersebut berupa pemotongan PPN bagi mobil listrik serta subsidi harga untuk motor listrik. Namun terlepas dari itu semua, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli kendaraan elektrik, berikut penjelasannya.

Stasiun Pengisian Daya yang Masih Terbatas

Berbicara mengenai kendaraan tentu tidak lepas dari stasiun pengisian bahan bakarnya. Stasiun pengisian daya kendaraan elektrik jumlahnya masih sangat terbatas dan hanya berada di tempat-tempat tertentu. Meski daya listriknya dapat diisi di rumah, tetapi kita tidak bisa memperkirakan dengan pasti berapa lama daya listriknya akan bertahan.

Masalah kekurangan daya atau baterai bisa saja terjadi di tengah perjalanan. Mau tidak mau Anda harus melobi penduduk sekitar agar mau dan bersedia mengizinkan Anda untuk mengisi baterai di rumahnya. Piliahan lainnya, Anda bisa menepi ke rumah makan terdekat untuk numpang mengisi daya baterai motor listrik.

Namun bagaimana dengan mobil listrik? Ini yang harus jadi perhatian utama karena mengisi baterai mobil listrik membutuhkan voltase yang tinggi. Tidak semua rumah penduduk atau rumah makan sanggup untuk mengisi daya baterai mobil listrik. Mengisi full baterai mobil listrik di rumah jadi pilihan yang tepat agar mobil tidak mogok di tengah perjalanan karena daya baterainya habis.

Waktu Pengisian Daya yang Lama

Salah satu kelemahan utama pada kendaraan elektrik yaitu lamanya pengisian daya. Anda tidak bisa menyamakan waktu pengisian daya kendaraan elektrik dengan kendaraan bbm yang hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk pengisian penuh bahan bakar.

Mengisi baterai motor listrik membutuhkan waktu hingga 4 jam, sedangkan baterai mobil membutuhkan waktu pengisian hingga 5 jam lamanya tergantung arus pengisian yang digunakan. Semakin besar arusnya, semakin cepat pula waktu pengisian dayanya.

Bengkel dan Spare Part yang Masih Sulit Ditemui

Dalam kasus tertentu saat kendaraan elektrik Anda bermasalah dan harus segera mengganti part, Anda tentu akan mengalami kesulitan. Ini dikarenakan belum banyak bengkel yang memiliki spare part untuk kendaraan elektrik. Hal ini karena spare part kendaraan elektrik sangat berbeda dengan spare part kendaraan bbm.

Mau tidak mau, Anda harus membelinya di tempat servis khusus yang bisa jadi berjarak cukup jauh dari rumah Anda. Oleh karena itu, berkendara dengan jarak jauh menggunakan kendaraan elektrik, terutama mobil listrik harus dipertimbangkan baik-baik sebelum melakukan perjalanan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli kendaraan elektrik. Tak lupa untuk selalu rutin membersihkan bagian eksterior dan interior mobil agar mobil nyaman digunakan, Berbagai peralatan kebersihan mobil mulai dari sikat pembersih hingga vacuum cleaner dapat Anda temukan di Jakmall.com.