Sehat selalu dan hadapi pandemi!

Hari Kesehatan Nasional (HKN) dirayakan pada tanggal 12 November setiap tahun. Pada awalnya, hari besar ini diadakan untuk menyadarkan betapa pentingnya pembangunan kesehatan dalam masyarakat. Selain itu, HKN juga bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk melakukan budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan yang kurang sehat.

Perayaan Hari Kesehatan Nasional 2020 cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan situasi pandemi ini, Kemenkes RI mencanangkan tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” dengan sub-tema "Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19". Keduanya bertujuan untuk mewujudkan Indonesia yang sehat serta tidak putus asa memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia.

Latar Belakang dan sejarah singkat Hari Kesehatan Nasional

Hari Kesehatan Nasional 2020 | Source image: madmimi.com

Awal dari Hari Kesehatan Nasional bermula pada tahun 1950-an. Pada waktu itu, terjadi sebuah wabah penyakit malaria yang menyebabkan ratusan ribu orang meninggal dunia. Penyakit ini hampir menyerang seluruh daerah di Indonesia. Karena kondisi yang mengkhawatirkan ini, pada tahun 1959, pemerintah membentuk Dinas Pembasmi Malaria. Dinas ini kemudian berubah menjadi KOPEM pada tahun 1963.

Dalam menjalankan tugasnya, pemerintah juga bekerja sama dengan WHO dan USAID. Bersama-sama, mereka berencana untuk menghilangkan malaria di Indonesia pada tahun 1970. Pemberantasan ini dilakukan dengan obat DDT yang disemprotkan secara masal. Hal ini tercapai pada tahun 1964, di mana 63 juta orang telah terlindungi dari penyakit malaria. Keberhasilan inilah yang kemudian diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional.

Siap sedia lawan segala penyakit dengan produk kesehatan di sini!

Hari Kesehatan Nasional 2020 memiliki tema yang unik dibanding tahun-tahun sebelumnya

Hari Kesehatan Nasional 2020 | Source image: promkes.kemkes.go.id

Pada perayaan ke-53 pada tahun 2017, Kementerian Kesehatan mengangkat tema “Keluarga Sehat Indonesia Kuat” yang bertujuan untuk menekankan peran keluarga sebagai bagian penting masyarakat dalam mendorong budaya hidup sehat. Pada tahun 2018, dicanangkan tema “Aku Cinta Sehat” dan subtema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita” yang ditujukan untuk membuat masyarakat lebih sadar, mau, dan mampu berperilaku sehat.

Untuk perayaan ke-55 HKN tahun lalu, Kemenkes menerbitkan logo, tema, dan rangkaian kegiatan HKN. Dengan tema  "Generasi Sehat, Indonesia Unggul", pemerintah ingin mengajak masyarakat agar selalu mempraktikkan budaya hidup sehat. Untuk peringatan ke-56, Hari Kesehatan Nasional 2020 memiliki tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”. Tema ini cukup unik dibanding tahun-tahun sebelumnya karena didasari oleh situasi pandemi.

Rayakan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2020 bersama secara virtual

Hari Kesehatan Nasional 2020 | Source image: twitter.com

Pada 21 Oktober lalu, Kemenkes RI membagikan tema, logo, dan buku panduan HKN 2020 melalui berbagai media sosial. Dalam buku tersebut, tertulis bahwa Hari Kesehatan Nasional 2020 bertema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”. Ada juga sub-tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19” yang mengajak masyarakat untuk tidak putus asa melawan pandemi.

Perayaan ke-56 ini juga akan dimeriahkan melalui berbagai acara seperti, upacara virtual, webinar, jambore kesehatan virtual, senam bersama virtual, dan kegiatan bertema kesehatan lainnya. Jadwal dari berbagai kegiatan ini juga sudah terlampir pada buku panduan HKN 2020.  

Hari Kesehatan Nasional 2020 akan kita rayakan pada tanggal 12 November mendatang. Walau berada dalam kondisi mencekam, kita tidak boleh menyerah atau putus asa, sesuai dengan tema yang diberikan pemerintah. Lakukanlah protokol kesehatan dan terapkan budaya hidup sehat, bersama kita bisa melawan pandemi Covid-19 ini!


Jalani protokol kesehatan dengan masker anti virus dan polusi Jakmall.com #PastiUntung!

Ingin baca artikel lain, cek saja di Jakmall Blog

Baca juga: 4 Fakta Hari Dokter Nasional Indonesia yang Jatuh Tanggal 24 Oktober