7 Manfaat Hyaluronic Acid & Cara Menggunakannya

Hyaluronic Acid merupakan bahan skincare favorit yang bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Simak manfaat & cara penggunaannya di sini!

7 Manfaat Hyaluronic Acid & Cara Menggunakannya
Image Source: Pexels

Hyaluronic Acid atau asam hialuronat merupakan salah satu kandungan skincare yang banyak diburu tak hanya oleh beauty enthusiast, tapi juga orang-orang dengan masalah kulit kering.

Sempat jadi bahan produk perawatan kulit viral, kamu bisa menemukan banyak brand kecantikan yang meluncurkan produk dengan bahan aktif ini sebagai highlight. Tentunya kepopuleran asam hialuronat tak lepas dari berbagai manfaat yang ditawarkan.

Sebelum membahas manfaatnya, kenalan dulu dengan kandungan skincare viral ini, yuk!

Apa Itu Hyaluronic Acid?

Apa Itu Hyaluronic Acid?
Image Source: Pexels

Hyaluronic acid adalah zat aktif yang diproduksi secara alami oleh tubuh, terutama pada lapisan mata, persendian, dan kulit. Zat ini berfungsi sebagai humektan dengan menjaga kandungan air dalam jaringan ikat dan kulit.

Sering diremehkan karena teksturnya yang bening dan lengket, asam hialuronat dapat menahan partikel air dengan berat ribuan kali dari berat aslinya. Fungsi inilah yang membuat zat ini banyak digunakan sebagai moisturizer atau pelembap.

Sayangnya produksi alami zat ini semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Maka kita perlu menggunakan produk tambahan untuk menjaga kadar air dalam kulit.

Jual ERTOS DARK SPOT TREATMENT CONCENTRATE ORIGINAL SERUM WAJAH
Perawatan Wajah ERTOS DARK SPOT TREATMENT CONCENTRATE ORIGINAL SERUM WAJAH WHITENING harga Rp 96.000 dikirim dari Tangerang, Banten. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Manfaat Hyaluronic Acid

Manfaat Hyaluronic Acid
Image Source: Pexels

Punya fungsi utama untuk mencegah hilangnya kadar air dalam kulit, penggunaan skincare dengan kandungan ini punya beberapa manfaat diantaranya:

1. Melembapkan Kulit Wajah

Apakah kamu memiliki masalah kulit kering? Jika iya, asam hialuronat bisa jadi pilihan zat aktif yang tepat untukmu. Penggunaan skincare dengan kandungan ini secara teratur efektif untuk melembapkan kulit.

Tak hanya itu, teksturnya yang ringan juga membuat zat ini mudah diserap kulit sehingga cocok untuk semua jenis kulit mulai dari kulit kering hingga kulit berminyak dan berjerawat.

2. Membantu Regenerasi Kulit

Bekerjasama dengan kolagen, zat aktif ini membantu tubuh untuk meregenerasi sel pada kulit sehingga sel kulit rusak akan langsung digantikan oleh sel kulit baru. Tak heran jika zat ini banyak digunakan setelah perawatan kulit yang bersifat abrasif seperti peeling dan eksfoliasi.

3. Menyamarkan Kerutan dan Tanda Penuaan Dini

Asam hialuronat juga bisa jadi salah satu pilihan skincare yang bisa digunakan untuk menyamarkan kerutan dan tanda penuaan dini.

Berdasarkan penelitian klinis, pemakaian zat ini secara rutin selama 30 hari dapat mengurangi tanda penuaan. Terjaganya kandungan air dalam tubuh dapat mengisi ruang kosong pada level sel sehingga garis halus tersamarkan dan wajah terlihat lebih segar.

4. Menghilangkan Bekas Jerawat

Penggunaan skincare dengan kandungan asam hialuronat yang dikombinasikan dengan bahan seperti AHA dan BHA efektif untuk menghilangkan bekas jerawat.

Selain itu hasil uji pada American Journal of Dermatology and Venereology juga menyatakan jika perawatan menggunakan zat ini efektif untuk mengatasi noda jerawat dan bintik hitam.

Jual Hanasui Anti Acne Serum Perawatan Kecantikan Wajah Serum
Perawatan Wajah Hanasui Anti Acne Serum Perawatan Kecantikan Wajah Serum Jerawat Serum harga Rp 21.000 dikirim dari Tangerang, Banten. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat hyaluronic acid selanjutnya adalah dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Saat muncul luka pada permukaan kulit, zat ini bekerja dengan mengirimkan sinyal untuk membentuk pembuluh darah baru.

Semakin banyak pembuluh darah baru yang terbentuk membuat proses penyembuhan karena luka jadi lebih cepat kering dan tertutup. Sifat antibakteri yang dimiliki juga bisa mengurangi resiko infeksi pada luka.

6. Menenangkan Sunburn

Tahukah kamu, asam hialuronat juga bisa digunakan untuk menenangkan sunburn atau kulit yang terbakar sinar matahari. Zat ini dapat mengatir tingkat peradangan yang menyebabkan kulit memerah serta terasa panas dan gatal.

7. Menangkal Radikal Bebas

Menggunakan skincare dengan kandungan hyaluronic acid bisa jadi investasi jangka panjang untuk menjaga kesehatan kulit di hari tua. Pasalnya zat ini mampu menangkal dampak buruk dari sinar UV dan polusi yang jadi penyebab utama munculnya flek pada kulit.

Jadi makin pede beraktivitas di luar rumah, deh!

Cara Menggunakan Hyaluronic Acid

Cara Menggunakan Hyaluronic Acid
Image Source: Pexels

Meski termasuk dalam kandungan skincare yang lembut dan aman untuk semua jenis kulit, kamu tetap harus tahu cara penggunaan zat aktif ini agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Kamu bisa menggabungkan penggunaan asam hialuronat dengan kandungan skincare lain seperti retinol, AHA, BHA, dan berbagai vitamin. Namun, hyaluronic acid tidak boleh dicampur dengan senyawa asam dengan pH rendah seperti glycolic acid karena dapat mengurangi efektivitasnya.

Selain itu, kamu mungkin memerlukan beberapa waktu untuk menemukan produk yang cocok karena zat ini hadir dengan berbagai ukuran molekul.

Jual GINZA Hydrating Face Serum 30ML
Perawatan Wajah GINZA Hydrating Face Serum 30ML harga Rp 51.920 dikirim dari Tangerang, Banten. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Manfaat hyaluronic acid untuk menjaga kondisi kulit memang tak bisa lagi diragukan. Meski menawarkan banyak manfaat tentu kamu tak boleh sembarangan saat menggunakannya. Pastikan kamu menghentikan pemakaian produk jika mengalami tanda iritasi dan segera konsultasi pada dokter spesialis kulit, ya!