Ini Dia Jenis-Jenis Kain Lap yang Bantu Bersihkan Rumahmu

Tiap jenis kain lap ternyata memiliki fungsi yang berbeda pula. Jangan sampai salah pakai ya.

Ini Dia Jenis-Jenis Kain Lap yang Bantu Bersihkan Rumahmu
Image Source: Unsplash

Siapa yang tidak tahu kain lap? Kain ini sering sekali digunakan untuk membersihkan berbagai macam barang dan sudut rumah. Tanpa kamu sadari, sebenarnya ada banyak jenis kain lap dengan keunggulan yang berbeda-beda. Apa sajakah jenis kain lap tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Lap Katun

Image Source: Organized Home

Bahan kain katun memiliki tingkat kerapatan serat yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan untuk mengelap bahan-bahan mengkilap seperti kaca dan cermin. Struktur rapat ini juga tidak mudah terlepas. Jadi, saat kamu membersihkan barang dengan kain katun, maka tidak akan ada sisa-sisa bahan yang menempel pada barang yang dibersihkan.

Keunggulan lain dari bahan katun ini adalah dapat dibersihkan dengan mudah layaknya mencuci baju biasa. Kamu juga bisa merendam lap katun putih ke dalam pemutih atau katun berwarna ke dalam deterjen.

Lap Linen

Image Source: Manufactum

Komponen pectin merupakan ciri khas yang biasa ditemukan di semua kain linen. Saat menggunakan lap berbahan linen, air akan memperkuat susunan kain sehingga lebih tahan terhadap noda dan cepat kering. Dibandingkan dengan kain katun, lap jenis ini mampu menyerap air hingga 2-4 kali lipat tergantung kualitas kain linennya.

Kamu bisa menggunakan kain lap berbahan linen untuk membersihkan benda-benda yang sering terkena air seperti peralatan makan, meja makan, dan sebagainya. Material linen juga tidak meninggalkan serat saat digunakan untuk membersihkan berbagai macam benda.

Lap Handuk

Image Source: Ideal Textile Corp

Kamu bisa menggunakan lap berbahan handuk untuk menyerap berbagai jenis cairan yang tumpah di meja. Serat kain pada handuk memiliki daya serap maksimal sehingga dapat membersihkan berbagai macam benda dengan efektif.

Lap kain handuk juga cocok dikombinasikan dengan cairan pembersih. Cairan pembersih akan menyebar secara merata pada handuk sehingga barang-barang dapat dibersihkan dengan lebih mudah. Saat membersihkan barang, usahakan untuk mengelap secara satu arah agar cairan yang tumpah tidak menyebar ke permukaan benda.

Lap Kanebo

Image Source: Freepik

Untuk kamu yang memiliki kendaraan, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah lap kanebo. Fun fact, nama kanebo sendiri sebenarnya adalah nama perusahaan yang membuat lap bernama plas chamois. Lap ini cocok digunakan untuk mengelap lapisan yang keras dan berkilau seperti bodi kendaraan dan lapisan chrome.

Dari segi performa, lap kanebo memiliki daya serap yang paling tinggi. Karena itu, kamu bisa mengelap permukaan bodi kendaraan dengan lebih efektif karena lap tidak mudah kering. Sebagai catatan, lap kanebo tidak boleh dijemur di bawah sinar matahari. Material mirip karet yang digunakan harus tetap lembab agar daya serap dan elastisitas lap dapat terjaga untuk waktu yang lama.

Lap Nilon

Image Source: Freepik

Kain lap berbahan nilon mungkin menjadi material paling tidak populer karena daya serapnya yang paling minimal. Namun jangan salah, lap jenis ini memiliki kemampuan yang sangat baik untuk membersihkan barang-barang kering.

Bahan nilon mampu memerangkap debu-debu dengan baik. Serat nilon memiliki permukaan yang tidak begitu rapat sehingga saat mengelap benda kering, debu-debu dan kotoran tidak menempel kembali ke barang yang kamu bersihkan.

Lap Microfiber

Image Source: Freepik

Lap berbahan microfiber merupakan kain lap yang paling sering digunakan untuk membersihkan benda-benda yang cukup sensitif seperti layar gadget, permukaan stainless steel, dan barang lain yang rentan goresan.

Kain microfiber memiliki tingkat kerapatan material yang baik sehingga kotoran tidak akan menempel di benda, serta memiliki daya serap air yang cukup tinggi. Karena kapasitas inilah kamu bisa menggunakan lap microfiber untuk berbagai macam kebutuhan.