Ini Manfaat Bermain Mobil-mobilan untuk Perkembangan Anak

Tidak hanya seru dan menyenangkan, mobil-mobilan bisa menjadi media komunikasi dan permainan yang edukatif untuk melatih perkembangan otak anak.

Ini Manfaat Bermain Mobil-mobilan untuk Perkembangan Anak
Image Source: Freepik

Bermain bersama anak kecil bisa menjadi kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan di waktu senggang. Seringkali, kita mengajak anak kecil untuk bermain dengan mobil-mobilan. Meskipun terkesan sepele, ternyata bermain mobil-mobilan ini memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa dampak positif bermain mobil-mobilan terhadap perkembangan anak.

Kreativitas dan Imajinasi

Image Source: Freepik

Anak kecil memiliki imajinasi yang kuat dan cukup luas. Dengan media mobil-mobilan, kamu bisa membuat imajinasi anak menjadi semakin terarah dan terfokus.

Saat bermain mobil-mobilan, kamu bisa membantu anak untuk berperan sebagai polisi lalu lintas yang ingin menilang mobil, menciptakan skenario mobil akrobat, dan lain-lain. Membuat cerita dan konsep saat bermain mobil-mobilan dapat membantu anak untuk menyalurkan imajinasinya dan menjadi lebih kreatif.

Contoh jenis mobil-mobilan yang menarik untuk mengasah kreativitas dan imajinasi anak adalah mobil stunt car. Biasanya, mobil ini dapat berputar dan beratraksi berkat sendi-sendi yang ada pada mobil. Dengan kendali remot, kamu bisa bermain dengan lebih nyaman bersama buah hati tercinta.

Aktivitas Motorik dan Fisik

Image Source: Freepik

Sarana yang paling tepat untuk melatih pergerakan dan motorik anak adalah dengan bermain. Mainan mobil-mobilan tertentu biasanya memiliki mekanisme dorong atau tarik dan bisa berjalan sendiri. Dengan begitu, anak dapat mengejar mobil, berlari, berjalan, ataupun merangkak. Saat anak banyak bergerak, maka perkembangan tulang, otot, dan motorik akan ikut berkembang.

Ada juga jenis mobil yang dirakit dahulu sebelum dimainkan. Kamu bisa melatih anak untuk memasang bagian-bagian mobil dan mendorong mereka untuk melakukan problem solving, di mana anak akan mengalami kesulitan saat memasang bagian mobil tertentu.

Mengembangkan Rasa Ingin Tahu

Image Source: Freepik

Selain digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan imajinasi dan motorik, kamu juga bisa mengajarkan konsep dan menjawab pertanyaan seputar mobil yang dimainkan anak.

Sebagai contoh, mobil-mobilan konstruksi biasanya memiliki bagian-bagian dengan fungsi khusus. Hadirnya fungsi khusus ini membuat anak menjadi semakin tertarik dengan mobil-mobilan tersebut. Semakin sering dimainkan, ada kemungkinan juga bahwa anak akan menanyakan hal lain. Jadi, jenis mobil-mobilan tertentu bisa memicu rasa ingin tahu anak.

Media Komunikasi

Image Source: Freepik

Saat sedang bermain mobil-mobilan, anak pasti akan banyak bertanya atau menyodorkan mainannya agar kamu melakukan sesuatu. Hal ini terjadi karena anak ingin mengkomunikasikan sesuatu.

Kamu bisa mencari tahu seperti apa komunikasi yang sedang dilakukan anak dan melatihnya sehingga mainan mobil-mobilan juga dapat meningkatkan social skill jika diarahkan dan dimanfaatkan dengan tepat.

***
Tidak hanya seru dan menyenangkan, mobil-mobilan bisa menjadi media komunikasi dan bermain yang edukatif untuk melatih perkembangan otak anak. Dengan dukungan dan arahan yang tepat, kamu bisa membuat mobil-mobilan sebagai sarana hiburan yang dapat melatih perkembangan kognitif dan motorik anak.