Manfaat Lampu Selain Penerangan di Rumah, Sudah Tahu?

Dengan pencahayaan yang baik dan warna yang tepat, rumahmu akan terasa lebih nyaman, aman, dan juga lebih enak untuk ditinggali.

Manfaat Lampu Selain Penerangan di Rumah, Sudah Tahu?
Image Source: Unsplash

Setiap rumah pasti memiliki lampu, baik itu lampu dinding, lampu plafon, hingga lampu outdoor dan lampu hias. Beragam lampu ini tersedia di pasaran bukan tanpa alasan. Setiap lampu memiliki warna, intensitas cahaya, dan sorot lampu yang berbeda. Karena itu, kamu perlu mengetahui efek lampu yang bisa kamu aplikasikan di lingkungan rumah.

Tampak Lega

Image Source: Freepik

Pencahayaan yang tepat dapat memberikan efek lega. Ruangan dengan penerangan yang cukup mampu meminimalisir shade atau bayangan di sudut ruangan. Jika memiliki terlalu banyak bayangan dalam ruangan, maka ruangan tersebut akan memberikan terkesan sempit dan sumpek.

Kamu bisa menggunakan lampu tembok di sudut-sudut yang gelap untuk menciptakan efek lega. Pilihan cahaya warm white atau cool white bisa disesuaikan dengan warna cat tembok ataupun dekorasi yang ada di ruangan.

Memberikan Efek Dinamis

Image Source: Freepik

Spot cahaya yang tepat memberikan efek shade atau bayangan yang estetik jika diletakkan di tempat yang tepat. Efek cahaya ini biasanya cocok digunakan untuk dekorasi taman atau luar ruangan. Komposisi cahaya, benda, dan luas ruangan menjadi kunci untuk memberikan efek yang diinginkan.

Warna cahaya juga bisa menghasilkan efek tertentu. Warna putih terang cocok digunakan di dapur, sedangkan warna putih kekuningan cocok digunakan untuk ruangan lainnya. Kamu juga bisa menggunakan lampu RGB strip sebagai lampu tambahan dan aksen estetik.

Menciptakan Spot Foto

Jika kamu hobi melakukan foto-foto cantik untuk update di sosial media, kamu bisa menggunakan lampu sorot untuk memberikan efek ala studio foto profesional. Gabungkan dengan beberapa dekorasi dan pencahayaan natural, maka kamu akan memiliki spot foto sendiri di rumah.

Rasa Aman dan Nyaman

Image Source: Freepik

Efek cahaya natural memiliki banyak manfaat, yaitu memberikan rasa nyaman saat berada di ruangan tersebut, menjaga agar mata tidak silau, serta mampu menciptakan rasa aman karena semua yang ada di ruangan dapat terlihat dengan jelas.

Ruangan dengan cahaya yang tidak mumpuni biasanya bisa membuat mata pusing. Kekurangan cahaya juga bisa menciptakan efek remang yang mampu mengundang pihak-pihak tidak diinginkan seperti maling. Dengan pencahayaan yang tepat, rumahmu akan terlihat lebih berkesan untuk orang-orang sekitar.

Menghemat Listrik

Image Source: Freepik

Penempatan lampu dengan pencahayaan yang tepat membuatmu dapat menghemat pengeluaran listrik bulanan. Hal ini memungkinkan karena kamu tidak perlu lagi menggunakan banyak lampu untuk menerangi satu tempat. Dengan satu lampu besar di posisi yang tepat, kamu bisa menerangi 80% space di dua ruangan atau bagian rumah yang berdekatan.

Susunan lampu yang tepat ini selain menghemat listrik juga dapat meningkatkan mood. Ketika lampu yang kamu gunakan memiliki efek yang mirip dengan cahaya matahari, kamu akan terasa lebih berenergi, tidak mudah mengantuk, serta akan selalu memiliki mood yang baik.

***
Tanpa kita sadari, lampu dan cahaya di rumah dapat memberikan efek yang cukup signifikan. Dengan pencahayaan yang baik dan warna yang tepat, rumahmu akan terasa lebih nyaman, aman, dan juga lebih enak untuk ditinggali.