Inilah 5 Alasan Meningkatnya Popularitas Game Mobile

Meskipun sederhana, game-game ini mampu menarik perhatian pengguna baru khususnya yang memang tidak gemar bermain game.

Inilah 5 Alasan Meningkatnya Popularitas Game Mobile
Image Source: Freepik

Siapa sih yang tidak punya smartphone? Mungkin sekarang kamu sedang membaca artikel ini lewat smartphone. Berkat penggunaan smartphone yang begitu luas, maka tidak heran jika game-game mobile menjadi semakin marak.

Seiring berjalannya waktu, kita juga bisa melihat game-game mobile populer seperti PUBGM dan Mobile Legends memiliki pasar yang sangat besar. Lantas, apa yang membuat popularitas game mobile meningkat begitu pesat?

Aksesibilitas Mudah

Image Source: Freepik

Game mobile merupakan entry gate atau gerbang awal untuk siapapun yang belum pernah mengenal dunia game. Berbeda dengan PC atau konsol yang biasanya dicari oleh gamer yang sudah bermain game sejak dulu, game-game mobile dirancang sederhana, ringan, dan dapat dimainkan di mana pun kamu inginkan.

Kita bisa melihat betapa banyaknya orang yang bermain candy crush saat sedang menunggu antrian makan, atau melihat sekumpulan anak muda yang bercengkerama di cafe sambil bermain mobile legends. Kemudahan ini hanya bisa diraih oleh game mobile. Kamu tidak perlu setup PC mahal, konsol terbaru, ataupun peripheral komputer lainnya untuk mendapatkan keseruan bermain game.

Tidak Membutuhkan Peralatan Mahal

Image Source: Jakmall

Murah dan mudah adalah dua kata yang sangat menjelaskan game mobile. Berbeda dengan game-game PC dan konsol, game mobile relatif lebih murah bahkan lebih banyak yang gratis.

Karena hal inilah banyak orang beralih ke mobile game, di mana kamu tidak memerlukan hardware mumpuni dan uang banyak untuk memainkan sebuah game. Belum lagi aksesoris pendukung smartphone yang dapat membantumu bermain mobile game dengan lebih nyaman.

Jual MiraScreen Mirroring AnyCast Miracast Airplay HDMI Dongle
Media Player MiraScreen Mirroring AnyCast Miracast Airplay HDMI Dongle WiFi 4K - K6 harga Rp 189.100 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Secara umum, cost atau biaya yang dibutuhkan untuk membuat game mobile juga relatif lebih kecil dibandingkan dengan game PC dan konsol. Game mobile tidak membutuhkan visual yang terlalu berat maupun mekanik yang kompleks seperti di game.

Jadi, developer game mobile membuat cara lain agar pemainnya tertarik untuk terus bermain seperti memberlakukan sistem stamina, gameplay kolaboratif dengan teman, hingga sistem upgrade karakter. Cost yang murah inilah yang membuat jumlah game di Play Store maupun App Store semakin banyak.

Game yang Lebih Beragam

Image Source: Freepik

Karena jumlah game yang banyak, maka persaingan game mobile pun semakin ketat. Karena itu, ada banyak sekali genre atau variasi game seperti adventure, arcade, MOBA, FPS, idle dan lain-lain. Itu baru dari genre saja, belum lagi dari tema game seperti fantasi, sihir, binatang, dan lainnya. Variasi game inilah yang membuat game mobile mampu menarik pasar dari berbagai kalangan, mau itu tua, muda, anak-anak, laki-laki, dan perempuan.

Secara garis besar, game-game mobile cenderung mengedepankan sisi kompetitif dan eksplorasi. Kompetitif membuatmu dapat bersaing dengan teman atau orang lain. Elemen ini biasanya didukung dari gameplay dan fitur share untuk membagikan achievement-mu ke orang banyak.

Lebih Mudah Dibuat

Image Source: Freepik

Meskipun beberapa game mobile terkesan kompleks dan memiliki banyak fitur, namun proses pembuatan game mobile jauh lebih simple dibandingkan dengan game konsol maupun PC. Karena proses pembuatan yang lebih sederhana, maka tidak heran ada banyak game yang beredar di Play Store dan App Store.

Meskipun sederhana, game-game ini mampu menarik perhatian pengguna baru khususnya yang memang tidak gemar bermain game. Dengan game-game yang sederhana, gamer baru ini dapat mengenali dunia game secara perlahan sebelum akhirnya beralih ke game yang lebih kompleks. Selain itu, kebanyakan game mobile juga dibuat sederhana agar bisa dimainkan di waktu senggang seperti saat menunggu bis, mengantri tiket, dan lainnya.

Marketing Kuat

Image Source: Freepik

Karena jumlah pengguna yang lebih banyak, maka beberapa game mobile memiliki budget marketing lebih untuk menggunakan jasa influencer. Selain influencer, banyak juga game yang dipromosikan lewat media sosial seperti Facebook dan Instagram. Ketika kamu sering melihat satu iklan game, maka akan timbul dorongan untuk setidaknya mencoba game tersebut.

Marketing game mobile juga lebih mudah terlihat dan diketahui ketimbang game-game konsol ataupun PC. Seberapa banyak kamu melihat iklan game kelas atas seperti God of War atau Call of Duty? Hampir tidak ada bukan? Hal ini juga menjadi alasan kenapa banyak sekali non-gamer yang tertarik untuk main game karena terpapar dengan iklan ataupun strategi marketing lainnya.

***
Dengan 5 alasan di atas, tidak heran jika popularitas game mobile semakin meningkat. Mudah diakses, mudah dimainkan, dan mudah ditemui di App Store atau Play Store membuat game mobile menjadi pilihan untuk orang-orang yang hanya memiliki smartphone.