Jangan Asal! Buat Iklan dan Promosi Produk dengan Lebih Efektif

Setiap elemen harus diperhatikan agar iklan menjadi lebih efisien dan akhirnya memberikan efek positif ke produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Jangan Asal! Buat Iklan dan Promosi Produk dengan Lebih Efektif
Image Source: Freepik

Setiap pembuatan iklan, ada beberapa elemen yang harus diperhatikan, seperti desain, konsep, dan yang paling utama adalah tujuan iklan itu sendiri. Dengan tujuan yang jelas, budget promosi dan iklan yang akan kamu alokasikan akan lebih efektif dan memberikan efek positif ke produk atau jasa yang kamu tawarkan. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membuat campaign promosi dan iklan.

Mengemas Iklan dengan Tujuan yang Jelas

Image Source: Freepik

Saat ingin mengeksekusi sebuah iklan, perlu dipertimbangkan tujuan apa yang ingin kamu capai secara step-by-step. Dengan eksekusi pembuatan iklan yang jelas, masyarakat tidak akan kebingungan karna informasi yang diberikan lebih terstruktur dan bertarget.

Elemen pertama yang bisa kamu tonjolkan saat ingin membuat iklan adalah menginformasikan produk dan jasa ke masyarakat luas. Penyampaian informasi yang jelas dan terarah membuat masyarakat langsung tahu produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Elemen selanjutnya adalah mengajak masyarakat untuk menggunakan produk dan jasa yang kamu tawarkan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menarik perhatian masyarakat seperti menggunakan jasa influencer dan menerapkan promo. Riset menjadi kunci untuk menentukan cara seperti apa yang cocok digunakan untuk memasarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Setelah melakukan ajakan, kamu bisa mulai fokus untuk mengingatkan masyarakat tentang produkmu. Ada banyak cara yang bisa kamu terapkan untuk membuat masyarakat lebih ingat dengan produkmu, seperti dari kata-kata yang digunakan, format teks, efek video atau gambar yang digunakan, musik, hingga artis & influencer yang kamu ajak kerja sama.

Seluruh hal di atas harus dikemas dalam suatu konsep yang memiliki nilai tertentu. Nilai inilah yang nantinya bisa menjual produk atau jasa yang kamu berikan ke masyarakat. Contohnya, ketika kamu menawarkan produk botol minum, kamu bisa menonjolkan nilai ramah lingkungan dan hemat uang karena tidak perlu lagi membeli air minum kemasan.

Membuat Iklan yang Memberikan Dampak Positif

Image Source: Freepik

Tujuan iklan dibuat adalah untuk memberikan efek positif kepada calon pengguna dan kamu sebagai pemilik produk atau jasa. Masyarakat jadi tahu tentang produk baru yang kamu tawarkan, sementara produkmu akan mendapatkan image dan kesan yang baik di khalayak luas.

Informasi yang detail dan terstruktur dapat meningkatkan rasa percaya masyarakat terhadap produk atau jasa. Memberikan pesan-pesan yang sejalan dengan produk yang kamu tawarkan bisa menjadi nilai tambah agar produkmu lebih dikenal.

Seiring berjalannya waktu, jika kamu menonjolkan suatu nilai dengan konsisten, maka nilai tersebut akan semakin melekat di masyarakat. Contoh nyata yang bisa kamu lihat adalah produk mi dari Indomie dengan jargon “Indomie Seleraku” yang menunjukkan bahwa semua orang menyukai Indomie.

Iklan yang kamu buat bisa mengajak masyarakat untuk melakukan aksi atau kegiatan tertentu yang sesuai dengan produkmu. Gunakan data-data yang faktual untuk lebih meyakinkan calon pengguna. Sebagai contoh, kamu ingin mengiklankan sebuah produk lompat tali atau skipping. Kamu bisa membuat iklan dalam bentuk imbauan dan ajakan untuk hidup lebih sehat, lalu mendukung ide tersebut dengan fakta bahwa lompat tali sebanyak 120 kali per menit mampu membakar kalori sebanyak 667-990 kalori. Pastikan kamu melakukan riset mendalam agar fakta yang kamu sampaikan saat beriklan tidak misleading atau menyesatkan.

Hal terpenting saat mempromosikan barang atau jasa yang kamu miliki adalah kejujuran. Masyarakat luas harus tahu spesifikasi produk yang kamu tawarkan, treatment seperti apa yang di-cover oleh jasa yang kamu tawarkan, dan lain-lain. Keterbukaan dan transparansi dapat meningkatkan rasa percaya masyarakat untuk memakai produk atau jasa yang kamu iklankan.

Bangun Konsep dan Karakter

Image Source: Freepik

Dalam beriklan, menentukan konsep dan posisi produkmu merupakan elemen krusial. Dengan konsep yang menarik, maka iklan yang kamu buat akan jauh lebih menarik. Untuk menentukan konsep dan karakter, kamu perlu mengetahui behavior target pasar yang ingin kamu tuju.

Kamu juga bisa memanfaatkan tren yang terjadi di sekitar target pasar tertentu. Konsep yang mampu mengkolaborasikan gambar, warna, kata-kata, dan seluruh elemen marketing lainnya bisa menjadi suatu senjata ampuh untuk menarik perhatian masyarakat.

Sebagai tambahan, konsep dan karakter saja tidak cukup untuk membuat iklan yang sukses. Kamu perlu menimbang keseimbangan antara sisi promosi dengan kenyamanan masyarakat. Kamu tentu tidak ingin membuat image yang jelek dengan cara menjatuhkan brand kompetitor secara terang-terangan kan? Tinjau ulang kembali iklan yang sudah kamu buat dan ambil sudut pandang masyarakat, apakah iklanmu sudah sesuai dan dapat diterima untuk khalayak ramai?

***
Pada dasarnya, iklan dibuat untuk memasarkan dan mengenalkan produk atau jasa agar kamu mendapatkan keuntungan dan masyarakat mendapatkan mafaat dari produk atau jasa tersebut. Promosi produk dengan efektif bisa menjadi tahap awal yang baik sehingga produkmu dapat bertahan lama di pasaran dan berkembang seiring berjalannya waktu.