Jangan Sampai Bangkrut! Pelajari Dampak Iklan & Promosi yang Kamu Buat

Selain mendatangkan pundi-pundi keuangan, iklan yang sukses juga mampu meningkatkan citra positif perusahaan.

Jangan Sampai Bangkrut! Pelajari Dampak Iklan & Promosi yang Kamu Buat
Image Source: Freepik

Tidak bisa dipungkiri, dampak iklan dan promosi yang sukses dapat mendongkrak penjualan dan keberlanjutan produk ataupun jasa yang kamu tawarkan. Dengan produk atau jasa yang relevan dan fungsional, masyarakat akan terus tertarik dan menunggu promosi seperti apa yang akan ditawarkan. Karena itu, kesuksesan iklan menjadi dasar utama agar suatu produk bertahan lama.

Kesuksesan Iklan Mampu Tingkatkan Image Perusahaan

Image Source: Freepik

Selain mendatangkan pundi-pundi keuangan, iklan yang sukses juga mampu meningkatkan citra positif perusahaan. Logo produk, jargon, yel-yel, slogan, dan elemen marketing pada iklan yang kamu promosikan akan mudah dikenal oleh masyarakat luas.

Contoh produk populer dari brand terkenal adalah Xiaomi Monitor. Xiaomi terkenal dengan ekosistem peralatan elektronik dan harganya yang relatif terjangkau. Didukung dengan kualitas barang yang sesuai dengan harganya, Xiaomi menjadi andalan di banyak rumah, khususnya untuk kalangan menengah.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat iklan dan promosi yang sukses adalah dengan berfokus pada sisi visual. Visual merupakan elemen yang mampu menyita perhatian masyarakat dengan cepat. Misalnya ikon atau trade mark yang ditonjolkan secara kontras dan berulang.

Dengan visual yang menonjol, masyarakat dapat mengingat ikon tersebut dengan mudah. Ketika ikon tersebut sudah tertanam di pikiran masyarakat luas, maka produk selanjutnya yang kamu keluarkan akan lebih mudah diterima.

Berfokus di elemen visual merupakan hal baik, tetapi jangan lupakan elemen pendukung lainnya seperti teks dan audio. Kombinasi tiga elemen tersebut bisa kamu atur dan sesuaikan berdasarkan platform iklan dan promosi yang kamu tuju. Kamu bisa berfokus ke teks dan gambar saat beriklan di media sosial, mengedepankan audio dan visual di TV, atau menitik beratkan audio di radio.

Memuncaki Persaingan dan Menambah Pelanggan

Image Source: Freepik

Indikator promosi iklan yang sukses adalah saat kamu mampu mempertahankan pelanggan lama dan mendatangkan pelanggan baru. Di saat yang bersamaan, keuangan dan keberlangsungan perusahaanmu akan terus berada di posisi aman.

Contoh market leader bisa kamu lihat pada produk air minum yang dikuasai oleh AQUA. Sejak dahulu, AQUA terus berinovasi dengan menghadirkan campaign-campaign menarik untuk memelihara konsumen lama dan menambah konsumen baru.

Meskipun kompetitor juga akan terus melakukan inovasi dan berusaha untuk menarik perhatian konsumen di pasar yang sama, kamu bisa berfokus di nilai utama dari produk yang kamu tawarkan. Tonjolkan nilai positif produk yang kamu iklankan secara terus menerus untuk menciptakan image yang berkesan di mata masyarakat.

Memperhatikan Masalah Konsumen

Image Source: Freepik

Sebaik-baiknya sebuah produk atau jasa adalah yang mampu menyelesaikan masalah konsumen. Dengan fokus ke hal tersebut, kamu akan lebih mudah untuk menentukan konsep dan eksekusi iklan. Jika target pasar kamu adalah anak-anak, kamu bisa menggunakan kata-kata yang halus dan sederhana dengan visual yang lucu dan penuh warna.

Sebagai contoh, kamu menjual berbagai macam stand smartphone. Kamu bisa menggunakan kata “santai” dan “rebahan”, serta mengaitkannya ke masalah yang sering dialami konsumen seperti tangan yang pegal saat menggenggam smartphone. Saat produkmu menjadi solusi yang tepat untuk suatu masalah, maka konsumen akan lebih percaya dan tertarik untuk membeli barang lain yang kamu tawarkan.

Membangun Opini Publik

Image Source: Freepik

Jika kamu memilih jalur yang lebih serius, kamu bisa merancang iklan sedemikian rupa untuk membangun opini publik. Cara ini memiliki resiko yang cukup tinggi, mengingat masyarakat Indonesia secara umum sulit untuk menerima perubahan yang drastis. Namun, bukan berarti cara ini tidak akan berhasil. Dengan eksekusi yang tepat dan konsisten, produk yang kamu tawarkan bisa menguasai pasar dan mendatangkan keuntungan.

Kamu bisa menggiring opini publik dengan nilai yang sejalan dengan produk yang kamu tawarkan. Sebagai contoh, kamu menjual berbagai macam produk botol minum. Kamu bisa membangun narasi yang menonjolkan sisi positif botol minum seperti mengurangi sampah plastik dan menjaga lingkungan dari bahaya penguraian plastik. Selama narasi yang kamu gunakan tidak menjatuhkan brand lain, konsep promosi dan iklanmu akan lebih mudah untuk diterima masyarakat.

Kerja sama dengan pihak-pihak tertentu juga mampu menciptakan sebuah opini dan asumsi publik. Ketika kamu bekerja sama dengan influencer yang ramah anak, maka produkmu akan lebih dikenal oleh anak-anak dan ibu-ibu. Kamu pun bisa membangun konsep dan narasi yang sesuai dengan target pasar tersebut.

***
Dampak iklan dan promosi memang begitu besar. Citra suatu produk dan perusahaan bisa hilang begitu saja ataupun meningkat drastis dalam waktu satu hari. Pertimbangkan strategi, konsep, dan eksekusi iklan dengan cermat agar citra produk yang kamu tawarkan tetap positif di mata masyarakat.